Friday, 10 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PMI Kota Bukittinggi Adakan Pelatihan Spesialisasi Management Ambulance

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:26:38 WIB - 553
PMI Kota Bukittinggi Adakan Pelatihan Spesialisasi Management Ambulance
Peserta pelatihan spesialisasi management ambulance foto bersama instruktur dan kepala markas PMI SUmbar dan ketua serta pengurus PMI Bukittinggi.


BUKITTINGGI - Guna menyesuaikan Standard Operasional Procedure (SOP) tenaga medis dan pengendara kendaraan ambulance dalam membantu dan menolong korban bencana begitupun mengantarkan pasien dari rumah ke rumah sakit dan mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir, diperlukan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan Palang Merah Indonesia (PMI).

Untuk itu PMI Kota Bukittinggi, Senin (19/8/2019) mengadakan pelatihan spesialisasi management ambulance yang dibuka langsung Wali Kota Bukittinggi diwakilkan kepala dnas kesehatan Kota Bukittinggi dan dihadiri kepala dinas perhubungan, sekertaris Damkar, perwakilan BPBD, Dewan Penasehat, Ketua beserta pengurus, staf dan relawan PMI Kota Bukittinggi.

Peserta pelatihan ini sebanyak 18 orang terdiri dari staf dan relawan PMI setempat, dilangsungkan mulai tanggal 19 hingga 25 agustus 2019 di hotel Campago Resort Kota Bukittinggi. Instruktur pelatihan ini 2 orang dari PMI Pusat, yaitu Eko dari PMI Provinsi Bali dan Bastian dari PMI DKI Jakarta serta 2 orang dari PMI Provinsi Sumatera Barat.

Ketua pelaksana Doni dalam sambutannya mengatakan, dengan pelatihan ini diharapkan PMI Kota Bukittinggi dapat memberikan pelayanan baik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat Kota Bukittinggi dan masyarakat yang mengunjungi merasa nyaman berada di Kota Bukittinggi, ini sesuai dengan program Pemerintah Kota Bukittinggi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepada wartawan MinangkabauNews.com, ketua PMI Kota Bukittinggi H.Chairunnas melalui kepala markas Ahmad Jais menjelaskan tujuannya karena kebutuhan di lapangan, setiap hari kendaraan ambulance dimanfaatkan masyarakat Kota Bukittinggi dan juga luar Kota Bukittinggi. Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, agar rekan-rekan dalam bertugas sesuai dengan SOP yang ada di PMI.

"PMI Kota Bukittinggi kini memiliki 3 kendaraan ambulance dengan jumlah personil 18 orang personil, artinya 1 kendaraan ambulance terdiri dari 6 orang. Personil-personil ini siap bantu di dalam Kota Bukittinggi maupun Kabupaten Kota lain yang meminta bantuan," katanya.

Sementara itu instruktur Eko Wardani dari PMI Provinsi Bali berlensi nasional dan internasional, mengatakan pelatihan ini bagaimana mengoperasionalkan kendaraan ambulance, diterapkan mulai dari tahap penyiapan, menerima dan merespon panggilan (call emergency), cara penanganan kasus itu sendiri, menuju dan setibanya di rumah sakit, dan kembali ke markasnya.

Dan instruktur lainnya Agus Bastian dari PMI DKI Jakarta akan menerapkan bagaimana memanegement sebuah pelayanan operasional kendaraan ambulance untuk membantu Pemerintah melayani kebutuhan masyarakat, layanan kendaraan ambulance sangat diperlukan baik masyarakat tidak mampu hingga masyarakat mampu.

Untuk memenuhi tersebut, harus mempersiapkan tim yang sesuai standard layanan ambulance. Instrukstur akan memberikan edukasi kepada tim ambulance PMI mengenai 6 langkah pelayanan ambulance untuk memberikan layanan yang professional dari PMI kepada masyarakat.

Sedangkan kepala markas PMI Provinsi Sumatera Barat, Hidayatul Irwan mengatakan apa yang dilakukan PMI Kota Bukittinggi adalah dalam usaha untuk menuju kearah standarisasi sekaligus untuk melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 1 tahun 2018, bagaimana pelayanan kepalangmerahan itu adalah pelayanan yang terstruktur terstandarisasi dan diakui.

"PMI Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi kegiatan ini, dengan mendatangkan pelatih berlesensi nasional dan internasional. Kegiatan seperti ini untuk tingkat Provinsi telah diadakan tahun 2018, dan untuk tingkat Kabupaten Kota di Sumatera Barat, baru kali ini PMI Kota Bukittinggi mengadakannya," pungkas Hidayatul Irwan. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Takut Digertak Iran, Israel Luncurkan Satelit Mata-mata Canggih Baru ke Orbit

Takut Digertak Iran, Israel Luncurkan Satelit Mata-mata Canggih Baru ke Orbit

INTERNASIONAL - Rupanya Israel juga mempersiapkan diri untuk mengantisipasi pecahnya perdang di Timur Tengah. Hal itu...

Pemko Solok Belum Terapkan Sekolah Tatap Muka, Ini Alasannya

Pemko Solok Belum Terapkan Sekolah Tatap Muka, Ini Alasannya

KOTA SOLOK -- Peningkatan positif virus covid-19 di Kota Solok makin mengaburkan kemungkinan dilakukanya proses belajar...

Dua Kali Gempa Terjadi di Pesisir Selatan, Sumbar Pagi Hari Ini

Dua Kali Gempa Terjadi di Pesisir Selatan, Sumbar Pagi Hari Ini

PESISIR SELATAN -- Gempa bumi bermagnitudo 4,0 terjadi di Pesisir Selatan, Sumbar. Gempa ini menyusul gempa...

Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Padang Panjang Gelar Gowes

Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Padang Panjang Gelar Gowes

PADANG PANJANG -- Kapolres Padang Panjang, AKBP Apri Wibowo beserta personil melaksanakan olahraga bersepeda bersama...

Bingung Soal PPDB, Orangtua Siswa Datangi Komisi IV DPRD Padang

Bingung Soal PPDB, Orangtua Siswa Datangi Komisi IV DPRD Padang

PADANG -- Para orang tua dibuat bingung dengan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Padang, Sumatera...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu