Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Hadapi Pra Olimpiade, Atlit Juara Dunia Panjat Tebing Indonesia Pusatkan Latihan di Lembah Harau

Rabu, 21 Agustus 2019 - 19:58:32 WIB - 317
Hadapi Pra Olimpiade, Atlit Juara Dunia Panjat Tebing Indonesia Pusatkan Latihan di Lembah Harau
Pelatih dan atlit nasional FPTI berdiskusi dengan ketua dan pengurus KONI Limapuluh Kota, Selasa (20/8) malam.


LIMAPULUH KOTA - Atlit nasional juara dunia panjat tebing menitikberatkan pelaksanaan latihan rutin di Lembah Harau dan Nagari Andaleh. Latihan tersebut dipusatkan di Limapuluh Kota guna menghadapi Pra Kualifikasi Olimpiade November 2019 mendatang.

"Latihan kali ini untuk menaikkan great dan speed para atlit kita, menghadapi Pra Kualifikasi Olimpiade yang akan berlangsung di Prancis, November mendatang," kata Pelatih Nasional Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Hendra Basyir di sela menghadiri jamuan makan malam di kediaman Ketua KONI Limapuluh Kota, Selasa (20/8) malam.

Para atlit Timnas tersebut antara lain, Aspar Jaelolo (juara dunia 3 kali), Alfian M Fajri (juara dunia 2 kali) serta peraih medali emas Asian Games, Aries Susanti. Selain atlit timnas, juga ikut beberapa atlit daerah seperti dari Kota Padang dan DKI Jakarta, sebagai sparing partner mereka.

Diakui pelatih Hendra Basyir, pihaknya memilih pemusatan latihan para atlit nasional di Lembah Harau, karena melihat tebing batu Lembah Harau memiliki jalur unik untuk latihan panjat tebing. Sehingga, para atlit panjat tebing kategori speed (kecepatan) tersebut dapat menambah great dan kemampuan yang berbeda ketika bertanding.

Awalnya, diakui Hendra, pemusatan latihan akan dilakukan di Tebing Baso. "Tapi melihat potensi tebing Lembah Harau, kami memutuskan memusatkan latihan disini. Sambil mengeksplore keindahan alam dan jalur tebing yang ada di Lembah Harau," sebutnya.

Sebanyak 67 jalur, dikatakan, sudah ada di tebing Lembah Harau. Dari latihan yang dilakukan sejak 15 Agustus lalu, para atlit timnas sudah berhasil menambah pembuatan 8 jalur. Rencananya, mereka akan menggelar latihan di Harau, sampai 7 September 2019.

Padahal, diakui Hendra, mereka awalnya dijadwalkan memusatkan latihan di Thailand. "Tapi, kami berpendapat lain. Jika ada daerah di negara kita berpotensi seperti di Lembah Harau ini, lebih baik kita eksplore negeri kita saja. Sehingga devisa kita tidak pergi ke luar negeri," sebutnya.

Selain sebagai objek wisata, Lembah Harau, dinilai sangat berpotensi dikembangkan menjadi arena pertandingan dan latihan panjat tebing. Ia mengisyaratkan, hal itu jika pemerintah daerah dapat memberikan sentuhan fasilitas berstandar internasional. "Jika sarana lengkap, saya yakin orang-orang akan berbondong kesini, karena sangat potensi dan ini tidak ada di daerah lain," tutur Hendra.

Mendengar ungkapan pelatih nasional FPTI, Ketua KONI Limapuluh Kota, Davis Emha mengaku sangat apresiasi, terutama atas pilihan pemusatan latihan atlit nasional di Lembah Harau. Ia berharap Pelantnas panjat tebing mau berbagi pengalaman dan ilmu kepada para atlit FPTI di Limapuluh Kota.

"Karena target kita, bagaimana para atlit kami di panjat tebing ini nantinya juga bisa seperti adik-adik atlit timnas. Target kami pembinaan atlit daerah, tidak hanya untuk porprov dan nasional, tapi kalau bisa juga berprestasi di tingkat internasional. Menjadi juara dunia tidak mustahil," sebut Davis Emha.

Pihaknya juga berpesan agar para atlit nasional tetap menjaga sikap nasionalisme dan kecintaan ke tanah air. "Suatu kebanggaan kami, yang biasanya melihat adik-adik di TV, sekarang dapat bertemu langsung. Nanti pesan-pesan adik-adik atlit akan kami sampaikan ke pemerintah daerah kami," tutur Davis Emha. (aking)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: daerah,indonesia,kosmo,limapuluh-kota,metro,nasional,sport,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Forkopimca Gunung Tuleh Bantu Masyarakat Kurang Mampu Lewat Kegiatan Jumat Keliling

Forkopimca Gunung Tuleh Bantu Masyarakat Kurang Mampu Lewat Kegiatan Jumat Keliling

PASAMAN BARAT - Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Gunung Tuleh bekerja sama dengan Pemerintah Nagari dan...

Pemkab Pessel Permudah Segala Urusan Administrasi Kependudukan Perantau Pessel Dari Wamena

Pemkab Pessel Permudah Segala Urusan Administrasi Kependudukan Perantau Pessel Dari Wamena

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempermudah pengurusan dokumen kependudukan dan...

Temu Ramah Dengan Sejumlah Wali Murid SMPN 4 Kota Solok, Wawako Solok Ajak Jauhi Narkoba

Temu Ramah Dengan Sejumlah Wali Murid SMPN 4 Kota Solok, Wawako Solok Ajak Jauhi Narkoba

SOLOK -- Reiner, ST, MM, Dt. Intan Batuah Wawako Solok, dihadapan Anggry Nursa, Ketua Komite SMPN 4 Kota Solok dan Ega...

Kacabjari Suliki Disomasi PH Tersangka Kasus Dugaan Pencurian Getah Pinus

Kacabjari Suliki Disomasi PH Tersangka Kasus Dugaan Pencurian Getah Pinus

LIMAPULUH KOTA - Tim penasehat hukum, M Irfan Qadim, tersangka kasus dugaan pencurian getah pinus di Nagari...

Bangunan Rumah Sakit Pratama Mentawai Diduga Tidak Terurus, Ini Penjelasan Kepala Dinkes

Bangunan Rumah Sakit Pratama Mentawai Diduga Tidak Terurus, Ini Penjelasan Kepala Dinkes

MENTAWAI - Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan butuh perhatian, yang mana...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media