Sunday, 20 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Dua Orang Terjangkit DBD, Warga Rawang Pariaman Minta Fogging

Kamis, 22 Agustus 2019 - 06:05:06 WIB - 345
Dua Orang Terjangkit DBD, Warga Rawang Pariaman Minta Fogging
Petugas sedang melakukan fogging di Desa Rawang, Rabu, (21/8)


PARIAMAN -- Dinas Kesehatan Kota Pariaman kembali melakukan fogging di Desa Rawang Kecamatan Pariaman tengah, Pariaman Rabu (21/8/2019). Penyemprotan dilakukan setelah ditemukannya dua orang warga setempat terjangktit DBD di Rumah Sakit Umum Pariaman.

Kepala Desa Rawang Sukri Hariadi mengatakan, Ada dua orang warga yang telah terkena penyakit demam berdarah, "Untuk itu hari ini kami meminta pada pihak terkait untuk melakukan penyemprotan di Desa Rawang," katanya di lokasi penyemprotan

Ia menyampaikan, dua orang warga yang positif DBD itu langsung mendapatkan perawatan beberapa hari di RSUD. Agar penyakit tersebut tidak dialami oleh warga lain makanya dilakukan foging mulai radius 20 meter darinrumah warga yang terkena DBD.

"Jadi hari ini sudah dilakukan fogingnya, rencana satu minggu lagi akan dilakukan penyemprotan satu kali lagi, agar tidak ada lagi warga kita yang terkena DBD," kata Sukri.

Selain melakukan penyemprotan, pihaknya juga berkoordinasi dengan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Rawang untuk melakukan gotong royong dengan warga setempat untuk membersihkan perkarangan serta saluran air yang ada disana.

"Kami sudah koordinasi dengan ketua LPM untuk melakukan goro membersihkan pekarangan dan saluran air disini," kata Sukri.

Sukri juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan perkarangan rumah masing-masing dengan memperhatikan genangan air dan sebagainya yang merupakan sarang dari gentik-gentik nyamuk yang menyebabkan terjadinya DBD pada masyarakat.

"Kami juga himbau masyarakat unuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, imbauan ini juga kami sampaikan dengan menggunakan spanduk dan selebaran-selebaran yang ditempatkan pada area keramaian," katanya.

Sementara, salah satu warga Rawang, Rianto yang merupak orangtua dari salah satu pasien DBD di daerah ini mengapresiasi langkah cepat tanggap dari pemerintah Desa Rawang yang melakukan penyemprotan dilingkunganya.

"Alhamdulillah aksi cepat dari Kepala Desa dan jajaranya melakukan penyemprotan didaerah sini, semoga dengan dilakukan penyemprotan foging ini tidak ada lagi warga yang terkena DBD," katanya.

Lebih lanjut Rianto menyampaikan, anaknya sempat dirawat selama 8 hari di RSUD Pariaman. Bahkan hampir seluruh badan anak tersebut terlihat bentik-bentik merah.

"Awalnya disangka gejala tipus, ternyata setelah dilakukan pengecekan darah ternyata anak saya terkena DBD, dan baru diizinkan pulang pada hari senin kemarin, namun saat ini masih dalam proses pemulihan," katanya.

Pantauan Berita MinangkabauNews.Com, terlihat petugas Foging melakukan penyemprotan pada beberapa rumah di Desa Rawang, selain rumah, petugas juga melakukan penyemprotan pada bagian saluran air disisi jalan yang ada didaerah tersebut, yang diduga tempat bersarangnya nyamuk yang penyaban DBD. (war)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: kesehatan,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hari Ini Kualitas Udara Sumbar Kembali Buruk

Hari Ini Kualitas Udara Sumbar Kembali Buruk

...

575 Anggota DPR RI 2019-2024 Resmi Dilantik

575 Anggota DPR RI 2019-2024 Resmi Dilantik

JAKARTA -- Sebanyak 575 Anggota DPR RI resmi mengemban tugas sebagai wakil rakyat untuk 5 tahun ke depan. Pelantikan...

Trade Expo Indonesia 2019, Ini Minyak Atsiri yang Banyak Diminati Buyer

Trade Expo Indonesia 2019, Ini Minyak Atsiri yang Banyak Diminati Buyer

PADANG - Untuk pertama kalinya, Rumah Harum Atsiri Sumatera Barat ikut serta dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2019,...

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

PASAMAN - Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis resmi serahkan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi ribuan siswa di Pasaman....

Polisi Kembali Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pasbar

Polisi Kembali Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pasbar

PASAMAN BARAT - Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pasaman Barat ciduk seorang tersangka penyalahgunaan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media