Friday, 07 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Penuhi Undangan Wali Kota Padang, Rombongan Pulau Pinang Hadiri Limau Puruik Art Festival 2019

Jumat, 23 Agustus 2019 - 00:09:56 WIB - 1890
Penuhi Undangan Wali Kota Padang, Rombongan Pulau Pinang Hadiri Limau Puruik Art Festival 2019
Foto bersama dengan Wali Kota Padang, Wakil Bupati Padang Pariaman, dan cucu Alm Buya Hamka.


BUKITTINGGI - Rombongan anggota Dewan dari Pulau Pinang yang diketuai oleh Mohd Ramzi Ibrahim duta wisata Kota Bukittinggi memenuhi undangan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah guna menyaksikan acara "Limau Puruik Art Festival 2019" di Kabupaten Padang Pariaman, Ahad (18/8/2019) malam.

Kepada wartawan MinangkabauNews, Kamis (22/8/2019) Mohd Ramzi Ibrahim mengatakan, sebelum rombongan berangkat konvoi ke Kabupaten Padang Pariaman, terlebih dahulu dijamu Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di kediaman rumah dinas.

Setiba di Kabupaten Padang Pariaman, disambut Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, juga hadir Ustadz Reza Bisma Kusuma (cucu almarhum Buya Hamka) dari Pesantren Kanzul Ulum Kota Padang, diiringi music gendang tasa dan tarian pasambahan.

Selanjutnya Mohd Ramzi Ibrahim menjelaskan dalam acara "Limau Puruik Art Festival 2019" dalam majlis tersebut rombongan agak teruja dan bangga dengan budaya ranah Minang yang luar biasa dalam bentuk persembahan pada malam tersebut, dan acara berakhir jam 1 pagi.

"Kehadiran Wali Kota Padang Mahyeldi di Limau Puruik Art Festival beri energi tersendiri," ucapnya.

Dia pun meneruskan sampaian kalimat Wali Kota Padang yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Arfian, bahwa event ini menunjukkan banyak potensi seni budaya Sumatera Barat yang menarik dan unik.

"Banyak seni budaya yang kita miliki yang mestinya dapat kita pelihara dan terus hidupkan melalui ajang seperti ini," kata Wali Kota Padang.

Ditambahkan penyampaian kalimat Mahyeldi, event yang kini bisa ditampilkan pada Padang Indian Ocean Music Festival (PIOMFes) yang akan diikuti negara-negara anggota Indian Ocean Rim Assosiation (IORA) tersebut akan berlangsung Oktober 2019 di Kota Padang.

"Pada acara nanti, kami akan membuka haluan membawa rombongan lainnya untuk berkunjung kembali ke Kota Padang untuk menyaksikannya," katanya.

Program selanjutnya selama di Provinsi Sumatera Barat pada bulan Oktober 2019 mengadakan pertukaran pelajar antara Majlis Permuafakatan (PIBG) Kolej Vokasional Balik Pulau, Pulau Pinang Malaysia dengan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Bukittinggi, sebelum berlangsung pertukaran pelajar tersebut, rombongan mengikuti program-program education, religi and tourism di Sumatera Barat.

Seiring itu Mohd Ramzi Ibrahim duta wisata Kota Bukittinggi seorang warga Negara Malaysia ingin mengembangkan konsep-konsep pariwisata Sumatera Barat di negaranya, yaitu peningkatan perekoniman dengan pertukaran ekonomi apa yang ada di ranah Minang yaitu sulaman, bordir dengan di negara Malaysia. Dan juga beramal jariah membantu tafzih quran di Padang, edukasi serta mengobati pasien yang sedang perawatan dengan jalan pengobatan dunia akhirat.

"Ada yang menarik ditampilkannya, yaitu juga mengadakan akad pernikahan orang negeri Jiran dengan mengenakan baju adat Minangkabau dan disandingkan layaknya pengantin orang Minangkabau. Ini akan berlangsung di Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau Kota Padang Panjang. Acara secara tradisional ini dengan tatanan adat budaya Minangkabau," akhir sampaian kalimat Mohd Ramzi Ibrahim. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hari Ini GMM Sumbar Sembelih 13 Ekor Sapi

Hari Ini GMM Sumbar Sembelih 13 Ekor Sapi

PADANG -- Gerakan Muslim GMM Sumbar menggelar salat Idul Adha di Halaman Masjid As-Syuhada yang bertindak sebagai...

BREAKING NEWS: 2 Orang Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Pesisir Selatan

BREAKING NEWS: 2 Orang Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Pesisir Selatan

PESISIR SELATAN - Penambahan 2 Orang kasus Positif Covid-19 (7/8/2020) di Kabupaten Pesisir Selatan. Penambahan...

Gempa Bumi M 3,4 Guncang Mentawai, Minggu (2/8/2020) Senja Hari, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi M 3,4 Guncang Mentawai, Minggu (2/8/2020) Senja Hari, Tak Berpotensi Tsunami

KEP. MENTAWAI -- Gempa bumi terjadi di wilayah Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumbar pada Minggu, (2/8/2020) malam...

Inilah Brand-brand Peraih Penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award 2020

Inilah Brand-brand Peraih Penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award 2020

Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand...

Padang Dua Hari Ini Berturut-Turut Pecah Rekor Positif Corona, Seluruh Pedagang Pasar Diswab Tes

Padang Dua Hari Ini Berturut-Turut Pecah Rekor Positif Corona, Seluruh Pedagang Pasar Diswab Tes

PADANG -- Pemerintah Kota Padang menggelar tes swab massal selama dua hari untuk melacak penyebaran virus corona...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu