Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Begini Kemeriahan Emak-emak di Bukittinggi Merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 74

Minggu, 25 Agustus 2019 - 21:41:08 WIB - 1651
Begini Kemeriahan Emak-emak di Bukittinggi Merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 74
Emak-emak sedang mengikuti lomba transfer tepung disaksikan Ibra Yasser.


BUKITTINGGI - Emak-emak Kelurahan Koto Selayan Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, tidak mau kalah dengan anak-anak maupun remaja dalam mengikuti berbagai perlombaan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 yang diadakan pemuda-pemudi dan remaja Masjid Jami Gunjo Kelurahan Koto Selayan Kecamatan MKS, Minggu (25/8/2019) bertempat di jalan PDRI Kelurahan Koto Selayan. Acara bermasyarakat ini dihadiri ninik mamak, RW, RT, Ketua Pemuda, Ketua Remaja Masjid.

Anggota DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024, H.Ibra Yasser seorang tokoh pemuda di lingkungan tempat tinggalnya, menjelaskan kepada wartawan MinangkabauNews.com, kegiatan memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia rutin diadakan setiap tahun.

"Ini adalah suatu kegiatan dari masyarakat untuk masyarakat, artinya kepanitiaan perlombaan dilakukan bersama-sama pemuda-pemudi dan remaja Masjid Jami Gunjo Kelurahan Koto Selayan Kecamatan MKS yang diketuai Nurul Fadjri dan ketua pemudanya Riki Fadli," katanya.

Untuk kelompok ibu-ibu berperan dalam komsumsi, menyediakan makan dan minum diwaktu jedah perlombaan untuk makan bersama-sama (bajamba) seluruh masyarakat sekitar di lokasi acara perlombaan.

"Kebersamaan inilah bermakna sangat dalam sekali, pengertian makan bajamba melambangkan kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan," ucap Ibra Yasser.

Sementara itu Nurul Fadjri ketua pemuda-pemudi dan remaja Masjid Jami Gunjo Kelurahan Koto Selayan Kecamatan MKS menjelaskan pada perlombaan ini bukanlah hadiah-hadiah yang dicari peserta, tapi yang diutamakan dalam merayakan hari bersejarah ini adalah makna dari kemerdekaan tersebut, yaitu bersama-sama merebut kemerdekaan dari penjajah.

"Disisi lainnya seluruh masyarakat baik itu tingkatan anak-anak, remaja maupun ibu-ibu dan bapak-bapak saling bersuka ria dan saling riang tertawa dalam kegiatan berbagai lomba," jelas Nurul Fadjri.

Sedangkan Hendri mengatakan perlombaan-perlombaan yang diadakan ini beragam, untuk tingkatan anak-anak, yaitu berjalan dengan tengkelek panjang (4orang), tarik tambang, membawa kelereng diatas sendok, makan kerupuk, pacu karung dan memasukkan pensil ke dalam botol, untuk perlombaan emak-emak yaitu tarik tambang, joget balon, berjalan dengan tengkelek panjang, makan kerupuk dan yang menarik transfer tepung satu tim. Puncak perlombaan adalah panjat pohon pinang dengan hadiah-hadiah menarik tergantung diatasnya.

Risda Wati, Yulizar, Linda Devi, mengatakan inilah kebersamaan seluruh masyarakat Kelurahan Koto Selayan dalam merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di Kelurahan ini melibatkan seluruh warga masyarakatnya untuk bersama-sama mengikuti perlombaan.

"Dalam masak memasak makanan untuk dihidangkan makan bersama-sama (bajamba) keihklasan memberi materi dan tenaga," pungkas Risda Wati. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Video Viral Mayat Positif Covid-19 Dibuang ke Lubang, Inilah Faktanya

Video Viral Mayat Positif Covid-19 Dibuang ke Lubang, Inilah Faktanya

VIDEO -- Sebuah video viral memperlihatkan petugas membuang mayat pasien Covid -19 ke lubang, peristiwa ini memicu...

Situs PPDB Sumbar Diretas, Kata-kata Caruik Pungkang Sempat Muncul

Situs PPDB Sumbar Diretas, Kata-kata Caruik Pungkang Sempat Muncul

PADANG -- Situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumbar (ppdbsumbar.id) diretas (hack). Di situs itu sempat...

Ditemukan Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kota Solok

Ditemukan Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kota Solok

KOTA SOLOK - Kota Solok sepertinya makin jauh dari zona hijau, Kamis (2/7) ditemukan satu lagi positif covid-19,...

Ketua DPRD Kabupaten Solok Ajak Perantau Majukan Ekonomi Kampung Halaman

Ketua DPRD Kabupaten Solok Ajak Perantau Majukan Ekonomi Kampung Halaman

KABUPATEN SOLOK -- Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, mengajak perantau menjadi warga Kabupaten Solok terbaik...

Agen e-Warong di Nagari Panti Selatan Pasaman Diduga Melanggar Aturan

Agen e-Warong di Nagari Panti Selatan Pasaman Diduga Melanggar Aturan

PASAMAN - Salah satu syarat untuk menjadi agen e-Warong yang biasa disampaikan pendamping Kemensos dan pihak perbankkan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu