Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Tips Liburan Nyaman Namun Tetap Irit untuk Mahasiswa

Selasa, 27 Agustus 2019 - 17:45:23 WIB - 406
Tips Liburan Nyaman Namun Tetap Irit untuk Mahasiswa
Jam Gadang Bukittinggi (Foto: Brilio)


PARIWISATA - Selain magang, libur panjang terkadang dimanfaatkan mahasiswa untuk traveling sebagai reward setelah bekerja keras di semester sebelumnya.

Ada rencana liburan di luar kota atau luar negeri? Jangan takut tabungan terkuras habis karena kamu bisa berlibur dengan cara irit dan hemat khas ala mahasiswa.

Cara pertama untuk merasakan kenyamanan saat liburan tetapi tetap irit dalam pengeluaran adalah membeli tiket Garuda Indonesia online di situs yang menawarkan banyak diskon.

Dengan begitu, kamu bisa tetap merasakan kemewahan terbang dengan maskapai terpercaya namun dengan harga miring. Lalu, apa lagi yang harus kamu lakukan agar liburan kali ini tetap berkesan meski dengan biaya pas-pasan?.

1. Jangan tergesa pilih destinasi

Lokasi adalah segalanya, apalagi jika kamu ingin lakukan traveling secara irit. Sebelum berburu tiket, pastikan lokasi yang benar-benar ingin kamu datangi. Jika kamu ingin berlibur ke luar negeri, pilih negara yang biaya hidupnya tidak terlalu tinggi.

Kamu juga bisa memilih negara yang nilai mata uangnya sedikit lebih rendah dari Rupiah. Jika kamu memilih liburan ke luar kota, pastikan segala akomodasi bisa terjangkau dengan mudah dan tidak mempersulit perjalananmu.

2. Manfaatkan diskon pelajar

Jika diperhatikan dengan baik, KTM alias kartu mahasiswa yang kamu punya saat ini memiliki banyak manfaat, loh. Sebagai mahasiswa, kamu bisa mendapatkan beberapa fasilitas dengan harga jauh lebih murah dibanding wisatawan umum.

Potongan harga ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal, mulai dari pembelian tiket pesawat, menginap di hostel atau menyewa kamar, hingga makan di restoran.

3. Jadi relawan

Mau liburan sekaligus beramal menebar kebaikan? Jadi relawan di tempat tujuan terkadang bisa menjadi solusi liburan yang tidak terlupakan. Kamu bisa mulai riset mendalam di beberapa perusahaan nonprofit yang menawarkan kegiatan sukarelawan di beberapa daerah. Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bahkan bisa apply sebagai relawan di luar negeri.

Perhatikan syarat yang dipaparkan secara detail. Jika perlu, kamu bisa meminta rekomendasi dari dosen atau senior soal ini. Kegiatan semacam ini terkadang juga bisa menjadi nilai plus di dalam CV saat nantinya kamu melamar pekerjaan.

4. Incar penginapan terjangkau

Sudah beres urusan tiket, saatnya memikirkan soal penginapan selama di tempat tujuan. Jika kamu akan mengunjungi lebih dari satu kota, sebaiknya pilih penginapan yang menawarkan harga khusus bagi mahasiswa. Kamu bisa mendapatkan harga sewa yang cukup miring di hostel lokal hingga homestay.

Ingin punya pengalaman tak terlupakan? Saat di tempat tujuan, kamu bisa mendatangi pimpinan daerah setempat dan menawarkan diri untuk menginap di rumah warga. Di sana, kamu bisa menginap sambil membantu beberapa pekerjaan rumah atau ikut membantu kegiatan komunitas yang ada.

5. Pertimbangkan transportasi alternatif

Selain menentukan penginapan, kamu juga harus memikirkan jenis transportasi apa yang bakal digunakan selama di tempat tujuan. Tidak ada salahnya kamu memiliki beberapa opsi transportasi. Untuk beberapa kota besar baik di dalam atau luar negeri, transportasi online sudah banyak tersedia dengan harga yang tidak menguras isi dompet.

Jika kamu lebih suka dengan gaya ala petualang, kamu bisa mencari jasa penyewaan kendaraan seperti sepeda motor (atau sepeda!) dengan sistem pembayaran yang sesuai budget. Memiliki kenalan lama atau saudara di tempat tujuan? Tidak ada salahnya kamu ajak untuk berpetualang dan liburan bersama sehingga biasa transportasi bisa dibagi sama rata.

Liburan merupakan kebutuhan bagi setiap orang, termasuk mahasiswa yang hari-harinya dipenuhi tugas menumpuk. Setelah liburan, dijamin pikiran jadi lebih segar dan kuliah pun jadi terasa lebih menyenangkan. (rel)

Editor/Sumber: Reza S
Tag: bukittinggi,indonesia,internasional,nasional,padang,pariwisata,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pariwisata Penyumbang PAD Utama, Ini Kata Kepala Bappeda Padang

Pariwisata Penyumbang PAD Utama, Ini Kata Kepala Bappeda Padang

PADANG -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Medi Iswandi mengungkapkan, dalam RPJMD...

Pasaman Tidak Akan Gelar TdS 2020, Ini Alasan Kadisporapar

Pasaman Tidak Akan Gelar TdS 2020, Ini Alasan Kadisporapar

PASAMAN - Tour de Singkarak (TdS) 2019 tampaknya menjadi polemik bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, karena manfaatnya...

Lagi, Polisi Ciduk Pengedar Sabu di Tanah Datar

Lagi, Polisi Ciduk Pengedar Sabu di Tanah Datar

TANAH DATAR -- Lagi-lagi Sat Res Narkoba Polres Tanah Datar menciduk pelaku penyalahgunaan Narkotika Golongan I jenis...

Polsek Mandau Salurkan Sembako bagi Dhuafa

Polsek Mandau Salurkan Sembako bagi Dhuafa

BENGKALIS -- Polsek Mandau bersama jajaran menggelar Polisi Beramal Dan Berbagi dengan menyerahkan bantuan sembako...

Punggawa Timnas U-16 Alfin Lestaluhu Hembuskan Nafas Terakhir, Diduga ini Penyebabnya

Punggawa Timnas U-16 Alfin Lestaluhu Hembuskan Nafas Terakhir, Diduga ini Penyebabnya

JAKARTA -- Kabar duka datang dari punggawa timnas Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media