Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Miris, Jembatan Gantung Kayu di Lagan Pessel Sangat Memprihatinkan

Rabu, 04 September 2019 - 19:17:57 WIB - 600
Miris, Jembatan Gantung Kayu di Lagan Pessel Sangat Memprihatinkan
Inilah kondisi jembatan di kenagarian lagan, kecamatan linggo sari baganti, kabupaten pessel yang merupakan akses anak-anak menuju ke sekolah ke kampung tetangga.


PESISIR SELATAN -- Sebuah jembatan yang ada di Kenagarian Lagan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terlihat sangat memprihatinkan.

Pasalnya, jembatan penghubung antara kampung di desa itu sudah puluhan tahun dibangun dan tidak kunjung diperbaiki.

Hingga saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, jembatan gantung biasanya digunakan akses anak Sekolah Dasar (SD) ke kampung tetangga menuju sekolah.

Selain itu, jembatan tersebut juga merupakan akses utama masyarakat untuk menunjang perekonomian.

"Titian jembatan mencapai 12 meter seperti itu pastinya sangat membahakan keselamatan anak-anak menuju sekolah. Jadi, memang butuh perhatian serius pemerintah kabupaten," kata warga setempat, Masril (47), pada Minangkabaunews.com, Rabu (4/9/2019).

Disisi lain kata Masril, akibat ambruknya jembatan penghubung antar kampung tersebut, akibatnya sekitar 500 KK terisolasi.

Sebab, jembatan yang pernah dibangun puluhan tahun silam itu merupakan akses warga menuju ladang. Bahkan, satu-satunya penghubung bagi anak-anak menuju sekolah.

Sebab, jembatan tersebut adalah penghubung antara Kampung Batu Joliang dan Kampung Timbarau. Kedua kampung itu merupakan kampung tertua di Kenagarian Lagan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Sebelum ambruk pada minggu malam, 1 September 2019, kondisi jembatan memang sangat memprihatinkan. Terdapat kerusakkan di sana sini. Bagian badan jembatan banyak lobang. Sebagian besar kayu penyanggahnya sudah lapuk.

Kondisi seperti itu sudah berlangsung sejak lama. Namun, menurutnya, tidak ada atensi dari pemerintahan nagari untuk memperbaiki jembatan satu-satunya itu.

"Kondisi seperti ini sangat miris. Seperti pemerintah nagari lalai atau sengaja melalalikannya. Kala nggak tau, saya rasa nggak mungkin itu," ucapnya.

Sementara Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Linggo Sari Baganti, Jon Jerizal Asmal mengungkapkan, selain dimakan usia, ambruknya jembatan itu akibat diterjang banjir.

Sebab, dalam sepekan terakhir curah hujan di daerah itu cukup tinggi. Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pernah melakukan perbaikkan sebanyak dua kali.

"Tapi ternyata tidak bertahan lama. Memang usia jembatan itu sudah tua. Sudah puluhan tahun bahkan," katanya.

Ia mengatakan, pihak kecamatan dan pemerintahan nagari telah sejak lama mengusulkan pembangunan pada pemerintah kabupaten.

Pengusulan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat nagari maupun kecamatan. Sebab, pembangunannya tanggung jawab kabupaten.

Namun hingga kini masih belum terealisasi. Ia berharap, pemerintah kabupaten segera merealisasikan jembatan permanen. Jika tidak, bakal berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Karena ini menyangkut perekonomian warga sekitar. Kami berharap, tahun anggaran 2020 dapat terealisasi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Herman Budiarto menyebutkan pembangunan jembatan segera dilakukan.

Kegiatan pembangunan menggunakan dana tanggap darurat 2019 senilai Rp300 juta, dengan bentang jembatan sepanjang 12 Meter dan lebar 3 Meter.

"Ya. Sekarang kami lagi nyiapin gambar dan RAB. Mudah-mudahan besok bisa langsung bekerja. Jembatannya semi permanen" ujarnya. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bupati Pessel Perintahkan Dinas PUPR Segera Bersihkan Jalan dan Pemukiman Warga Terdampak Abrasi

Bupati Pessel Perintahkan Dinas PUPR Segera Bersihkan Jalan dan Pemukiman Warga Terdampak Abrasi

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pekerja Umum dan Penata Ruang (PUPR) bakal segera...

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Mentawai Sampaikan Hal Ini

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Mentawai Sampaikan Hal Ini

MENTAWAI - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyampaikan bahwa dia punya harapan yang besar untuk Kabupaten...

Pemkab Pessel Permudah Segala Urusan Administrasi Kependudukan Perantau Pessel Dari Wamena

Pemkab Pessel Permudah Segala Urusan Administrasi Kependudukan Perantau Pessel Dari Wamena

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempermudah pengurusan dokumen kependudukan dan...

Forwana Kabupaten Pasaman Resmi Dikukuhkan, Sekda Harapkan Hal Ini

Forwana Kabupaten Pasaman Resmi Dikukuhkan, Sekda Harapkan Hal Ini

PASAMAN -- Jajaran Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman berhasil menyatukan tekadnya untuk lebih memajukan nagari dalam...

Padang Terus Persiapkan Diri sebagai Tuan Rumah Harganas 2020

Padang Terus Persiapkan Diri sebagai Tuan Rumah Harganas 2020

PADANG -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional telah menetapkan Kota Padang Sumatera Barat sebagai tuan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media