Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok Selatan

Pembangunan Transmisi Listrik Muaro Labuah Solsel-Dharmasraya Memasuki Proses Finishing

Rabu, 04 September 2019 - 20:01:21 WIB - 617
Pembangunan Transmisi Listrik Muaro Labuah Solsel-Dharmasraya Memasuki Proses Finishing
Kepala Divisi PMG 2A PT. Rekadaya Elektrika, Yudi Mulhadi, mempresentasikan pekerjaan pembangunan transmisi listrik yang telah memasuki masa finishing kepada pewarta.


PADANG ARO - Proyek pembangunan transmisi listrik (T/L) dari Muaro Labuah Solok Selatan sampai Sungai Rumbai Dharmasraya, yang dikerjakan PT. Rekadaya Elektrika, saat ini tengah memasuki proses finishing. Pekerjaan berat berupa pembangunan tower, pembentangan kabel dan lainnya sudah selesai. Hanya tinggal dialiri tegangan listrik saja. Rekomendasi Layak Bertegangan (RLB) untuk jaringan tersebut, sudah keluar.

Dalam pers confrence yang digelar PT. Rekadaya Elektrika, Rabu (4/9) di Padang Aro, Solok Selatan, Sumbar dijelaskan bahwa jaringan transmisi 150 kV PLTP Muara Laboh - Gardu Induk (GI) 150 kV Muara Laboh - Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275 kV Sungai Rumbai, membentang sejauh 192,7 kilometer sirkuit (kms), memiliki 306 tower, melintasi dua kabupaten, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya. Proyek ini merupakan bagian dari program tol listrik yang dicanangkan pemerintahan Jokowi.

"Proyek ini, bagian dari pembangunan proyek tol listrik tahap pertama, yang membentang dari Lahat, ujung selatan Sumatera sampai ke wilayah Galang di ujung utara Sumatera sepanjang 2.866 kilometer sirkuit (kms), sesuai dengan mandat yang diberikan kepada PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi," kata Manager Teknik PLN UUPJ Sumbar, Davis Fojem.

Jaringan transmisi itu, akan tersambung dengan jalur tol listrik. "Nantinya, jaringan ini terkoneksi dengan tol listrik, maka akan dapat menyalurkan listrik dari berbagai pembangkit listrik di Sumatera. Kekurangan pasokan daya untuk berbagai daerah sepanjang jalur tol listrik, akan bisa diatasi," papar Davis.

Dalam kesempatan itu, Manager Teknik PLN UUPJ Sumbar, Davis Fojem, mengapresiasi kinerja PT. Rekadaya Elektrika, yang berhasil menuntaskan pengerjaan proyek sesuai jadwal.

Pihak PT. Rekadaya Elektrika, diwakili Kepala Divisi PMG 2A, Yudi Mulhadi, mengungkapkan bahwa pengerjaan proyek tranmisi listrik dari Muaro Labuah ke Sungai Rumbai itu, sejauh ini sudah memakan waktu sekitar 15 bulan. Dimulai dari bulan Maret 2018 silam. Bagi PT Rekadaya sendiri, keterlibatan dalam proyek itu menjadi suatu kebanggaan.

"Sebuah kehormatan bagi PT Rekadaya Elektrika untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan proyek Tol Listrik tahap pertama. Proyek ini dibangun oleh anak bangsa terbaik Indonesia agar bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat Sumatera. Dengan adanya pembangunan proyek Tol Listrik tahap pertama ini, masyarakat Sumatera bisa menikmati listrik dan mengurangi pemadaman bergilir," ungkap Yudi.

Selama pengerjaan proyek, banyak pihak telah membantu. Pihak pemerintah daerah, ninik mamak, tokoh masyarakat, pemuda dan banyak pihak lainnya.

"Atas nama PT. Rekadaya Elektrika, kami mengucapkan terimakasih," kata Yudi.

Disampaikannya, tanpa bantuan dan partisipasi masyarakat di Solok Selatan sampai Sungai Rumbai, tidak mungkin proyek tersebut berjalan lancar dan bisa selesai tepat waktu. (Apr)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: solok-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Entaskan Kemiskinan, Apris Salurkan Bantuan kepada 560 WRSE

Entaskan Kemiskinan, Apris Salurkan Bantuan kepada 560 WRSE

PADANG -- Sebanyak 560 Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) sejumlah kelurahan di Padang mendapatkan bantuan pokok...

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

PADANG -- Sedikitnya sebanyak 102 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S2 dan S3 mulai dari Angkatan 2013-2019 Program...

Ciptakan Keluarga Berkualitas, Aisyiyah Gelar Bimbingan Perkawinan bagi 50 Remaja Usia Nikah

Ciptakan Keluarga Berkualitas, Aisyiyah Gelar Bimbingan Perkawinan bagi 50 Remaja Usia Nikah

...

Hari Nusantara 2019 di Pariaman, Ini Kata KASAL RI

Hari Nusantara 2019 di Pariaman, Ini Kata KASAL RI

PARIAMAN -- Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, menyatakan siap mendukung penuh Peringatan Hari...

Sanksi Berat BPJS Menunggu, Ini Kata Anggota DPR RI Saleh Daulay

Sanksi Berat BPJS Menunggu, Ini Kata Anggota DPR RI Saleh Daulay

JAKARTA -- BPJS akan mengeluarkan intruksi presiden mulai tanggal 1 Januari 2020 penunggak BPJS tidak bisa menikmati...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media