Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Turunkan Angka Kebakaran, Satuan Pol PP dan Damkar Pessel Lakukan Ini

Kamis, 05 September 2019 - 00:02:29 WIB - 351
Turunkan Angka Kebakaran, Satuan Pol PP dan Damkar Pessel Lakukan Ini
sosialisasi pencegahan kebakaran Kecamatan Basa Ampek Balai (BAB) Tapan


PARIWARA SATPOL PP DAN DAMKAR PESISIR SELATAN -- Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan, (Sat Pol PP dan Damkar Pessel) melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran yang ada di daerah itu. Kegiatan ini dilakukan supaya menurunkan angka kejadian kebakaran di wilayah tersebut.

Saat ini kebakaran di lima belas Kecamatan yang ada di Kabupaten Pessel masih sering terjadi. Acara sosialisasi bertempat di kantor Kecamatan Basa Ampek Balai (BAB) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Kasat Pol PP dan Damkar Pessel, Dailipal kepada Minangkabaunews.com, Rabu (4/9/2019), mengatakan, sosialisasi pencegahan kebakaran bertujuan memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada seluruh elemen masyarakat dan bagi para pemangku kepentingan, baik di setiap nagari kecamatan, sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Pesisir Selatan.

"Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah secara dini dari awal ketika terjadinya kebakaran. Pada intinya bagaimana mengurangi tingkat kerugian materil maupun korban jiwa dan harta benda," kata Dailipal.

Dailipal menyebutkan, untuk data pada 2019, tercatat sudah puluhan kali terjadi kebakaran. Menurutnya, dari catatan tersebut, kalau ditaksir total kerugiannya mencapai miliaran rupiah.

"Penyebab utama kebakaran akibat dari arus pendek listrik atau korsleting, kompor meledak dan kemudian faktor kelalaian manusia (human error)," tuturnya.

Sesuai standar operasional pelayanan (SOP), petugas pemadam kebakaran telah tiba dilokasi minimal 7 menit waktu tempuh atau 7,5 km jarak tempuh dari titik-titik kejadian.

"Yang menjadi kendala kita sekarang adalah kekurangan pos pemadam. Nah, kekurangan pos pemadam itu kata kuncinya armada terlebih dahulu. Kalau ada armada, kita bisa mempersiapkan personel di pos tersebut," ucapnya.

Dikatakannya, dengan total luas wilayah kabupaten pessel sepanjang 244 km. Idealnya, di tiap-tiap kecamatan harus ada pos pemadam kebakaran.

"Karena kendala kita saat ini dengan bentang wilayah yang sangat luas, kita kekurangan alat dan personel. Pada tahun 2020 kami berencana mengajukan penambahan tiga pos pemadam diantaranya diajukan ditempatkan di wilayah utara, tengah dan selatan," tuturnya.

Dailipal menjelaskan, pihaknya berupaya terus menggulirkan program sosialisasi kepada masyarakat seperti melalui pelatihan-pelatihan bimbingan teknis maupun simulasi penanggulangan bahaya kebakaran di tengah-tengah masyarakat.

"Target kami bakal mengadakan sosialisasi secara maraton di setiap kecamatan," ucapnya.

Untuk itu, Dailipal mengatakan, dalam adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan edukasi deteksi dini ketika menghadapi insiden ketika terjadi kebakaran. Kemudian dapat mengurangi angka kejadian dan mengurangi total kerugian.

"Ketika terjadi kebakaran jangan panik dan lari, praktek kan ilmu-ilmu dasar yang telah diberikan dalam acara sosialisasi yang telah diberikan, semoga ilmu yang diberikan dapat mengurangi kerugian materil maupun korban jiwa," tuturnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh narasumber Damkar kota padang dan Sat Pol PP dan Damkar pessel, masyarakat, wali nagari, bundo kanduang, pengusaha-pengusaha wisma, rumah makan, perbengkelan, pangkalan Elpiji dan penjual BBM enceran. (Adv)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: nasional,pesisir-selatan

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

SOLOK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok bekerjasama dengan PDAM Kota Solok memberikan subsidi pada...

Diduga Ini Penyebab Terjadinya Tabrakan Beruntun di Jalan Padang Panjang - Bukittinggi

Diduga Ini Penyebab Terjadinya Tabrakan Beruntun di Jalan Padang Panjang - Bukittinggi

TANAH DATAR - Diduga rem blong, truck Tronton nomor polisi BK 9375 BL hantam beberapa kendaraan dan timpa rumah warga...

Pengendara Keluhkan Cangkang Kelapa Sawit Yang Berserakan di Tengah Jalan By Pass Kota Padang

Pengendara Keluhkan Cangkang Kelapa Sawit Yang Berserakan di Tengah Jalan By Pass Kota Padang

PADANG -- Truk yang bermuatan cangkang kelapa sawit yang melintasi Jalan By Pass tepatnya di Kelurahan Pampangan dan...

Gelar Diskusi Literasi Media di Padang, Lawan Hoax dan Propaganda Radikalisme

Gelar Diskusi Literasi Media di Padang, Lawan Hoax dan Propaganda Radikalisme

...

HUT ke-6, KPGM Gelar Syukuran dan Santunan kepada Anak Yatim

HUT ke-6, KPGM Gelar Syukuran dan Santunan kepada Anak Yatim

PASAMAN BARAT --Komunitas Perempuan Griya Makmur (KPGM) Pasaman Barat merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-6 pada Ahad,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media