Monday, 20 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Pelatihan Sadar Wisata

Selasa, 10 September 2019 - 20:45:19 WIB - 647
Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Pelatihan Sadar Wisata
Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian berfoto bersama para peserta usai membuka kegiatan Bimtek Pariwisata, Selasa (10/9) di Grand Zuri Hotel


PADANG -- Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar pelatihan sadar wisata bagi 100 warga dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Grand Zuri Hotel, Selasa, (10/9/2019).

Kadis Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengungkapkan pariwisata merupakan bisnis yang menjanjikan untuk perkembangan perekonomian Sumbar di masa depan. Apalagi Sumbar memiliki alam yang sangat indah, beragam budaya daerahnya yang khas, serta kuliner yang kelezatannya sudah sangat mendunia.

"Para peserta pelatihan diberikan materi tentang wawasan dan pelayanan kepariwisataan yang lebih profesional," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian, di Grand Zuri Hotel, Selasa, (10/9/2019).

Menurutnya, pariwisata bisa menjadi andalan bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Sangat banyak peluang usaha yang terbuka bagi masyarakat di sebuah objek wisata. Misalnya rumah makan yang menyediakan makanan khas, enak dan harga yang standar, homestay yang nyaman dan bersih, souvenir unik dan murah, juru parkir yang bekerja dengan baik dan sebagainya.

"Jika wisatawan yang datang memiliki kenangan yang indah tentang sebuah objek wisata, pastinya ia akan datang lagi dengan kawan-kawan atau keluarganya," tuturnya.

Karena itu, ia berharap di tiap objek wisata ada kelompok sadar wisata (pokdarwis). Melalui pokdarwis, masyarakat bisa membahas berbagai hal untuk pengembangan wisata setempat secara bersama-sama.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Anastasia menyebutkan, kegiatan ini diikuti 70 peserta yang berasal dari pokdarwis di semua kabupaten/kota, serta wali nagari di berbagai kabupaten/kota di Sumbar. Kegiatan ini berlangsung hingga Rabu (11/9/2019). Di hari kedua, para peserta akan dibawa ke salah satu nagari di Sumbar yang berhasil mengelola objek wisatanya, melalui BUMNAg/BUMdes.

Ditambahkan Anastasia, materi yang diberikan dalam pelatihan, yaitu pelatihan perilaku cara melayani tamu.

Adapun narasumber yang tampil pada kegiatan tersebut berasal dari berbagai unsur antaralain H. Ikhwan Arif, dari Pokdarwis Bunder di Banyuwangi yang menampilkan materi Manajemen pengelolaan dan keterkaitan pokdarwis pada MUMNag/BUMdes.

Kemudian Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumbar dengan materi Peran BUMnag/BUMdes dalam strategi pengembangan wisata, Ritno Kurniawan dari Pokdarwis di Sungai Nyalo dengan materi Fasilitasi Penyusunan Program dan Kegiatan Pokdarwis. Tampil sebagai moderator pada kesempatan itu Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Drs. Doni Hendra MM. (RI)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dijatuhi Vonis Seumur Hidup, Begini Reaksi Keluarga Reynhard Sinaga

Dijatuhi Vonis Seumur Hidup, Begini Reaksi Keluarga Reynhard Sinaga

NASIONAL - Ayah Reynhard Sinaga, pelaku pemerkosaan di Inggris, akhirnya buka suara setelah putranya dijatuhi hukuman...

Ini Keunikan yang Dimiliki, Pondok Baca Saiyo Padang Panjang

Ini Keunikan yang Dimiliki, Pondok Baca Saiyo Padang Panjang

PADANG PANJANG -- Pojok Baca Saiyo yang terletak di Jalan Ransam memiliki keunikan sendiri, selain untuk menggeliatkan...

Garam Beryodium UD Indra Agung Bengkalis Kantongi Sertifikat Halal dan BPOM

Garam Beryodium UD Indra Agung Bengkalis Kantongi Sertifikat Halal dan BPOM

BENGKALIS - Masing-masing individu disarankan agar dapat memenuhi asupan yodium di dalam kehidupan...

Bahas Estimasi Porsi Jemaah Haji, Pemkab Solok dan Kemenag Adakan Pertemuan

Bahas Estimasi Porsi Jemaah Haji, Pemkab Solok dan Kemenag Adakan Pertemuan

SOLOK -- Pemkab Solok bersama Kementerian agama Kabupaten Solok, menggelar pertemuan pembahasan tata ulang porsi Jemaah...

Diusulkan Ustaz Abdul Somad Padang Bakal Bentuk Satpol PP Syariah

Diusulkan Ustaz Abdul Somad Padang Bakal Bentuk Satpol PP Syariah

PADANG - Kasat Pol PP Kota Padang Alfiadi akan segera merealisasikan Satpol PP Syariah hadir di tengah-tengah...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media