Sunday, 20 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Muhammadiyah

BJ Habibie Meninggal Dunia, PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Mendalam

Kamis, 12 September 2019 - 05:59:25 WIB - 484
BJ Habibie Meninggal Dunia, PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Mendalam
BJ Habibie (Foto: Dok. Istimewa)


JAKARTA -- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Presiden ketiga RI Baharuddin Jusuf Habibie.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya Prof Dr BJ Habibie, Presiden RI. Semoga almarhum memperoleh tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad, Kamis, (12/9/2019).

Menurutnya, Habibie adalah Presiden pertama di era reformasi yang meletakkan dasar demokratisasi yang menjadi tonnggak bagi Indonesia baru. Meski terkait dengan Orde Baru dan orang terdekat Soeharto, Habibie justru tampil menjadi negarawan dan demokrat yang kata sejalan tindakan, sehingga ibarat buku terbuka yang bersesia menerima kritik publillk secarara elegan.

Lebih jauh ia menyampaikan Habibie juga Presiden sekaligus tokoh bangsa yang dengan pendidikan Jerman-nya yang ahli pesawat terbang membuka lembaran baru Indonesia yang modern dan maju.

Habibir merupakan sosok moralis dan rasional yang memadukan imtak dan iptek yang sangat relevan bagi bangsa Indonesia di era modern. "Tidak banyak tokoh utama di Republik ini yang memiliki karakter dan kualitas lengkap sebagai negarawan sekaligus tokoh kemajuan yang menjadi idola dan role-model generasi muda bangsa lintas. Semoga bangsa Indonesia belajar dari Pak Habibie," tuturnya.

BJ Habibie tutup usia pada umur 83 tahun. Sebelum meninggal, BJ Habibie sempat dirawat selama sekitar satu pekan di RSPAD, Rabu (11/9/2019) malam. Ia meninggal karena usia yang sudah tua dan riwayat penyakit yang diderita.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Sebelum berpulang, Habibie ditangani 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: indonesia,metro,muhammadiyah,nasional,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

PADANG -- Sebanyak 50 orang perantau Minangkabau selamat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 20.50...

Aksi Damai di Patung kuda Jakarta, Ini Pesannya

Aksi Damai di Patung kuda Jakarta, Ini Pesannya

JAKARTA -- Aksi mahasiswa dan pelajar di depan DPR yang berakhir ricuh, tentu tidak dapat dipungkiri juga banyak...

Final Turnamen Voli Bernas Cup 2019, Catat Tanggalnya

Final Turnamen Voli Bernas Cup 2019, Catat Tanggalnya

LUBUK SIKAPING - Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut dan memerihkan HUT Kabupaten Pasaman ke-74, Bupati Pasaman...

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

PARIAMAN -- Tiga orang pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman diambil sumpah pada Rapat...

427 Beasiswa Disalurkan, Inilah Pesan Wabup Padang Pariaman

427 Beasiswa Disalurkan, Inilah Pesan Wabup Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN -- Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, menyalurkan Beasiswa kepada 427 mahasiswa Dalam dan Luar...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media