Friday, 10 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Saat Penilaian LPM di Nagari Jambak, Asisten II Kabupaten Pasaman Katakan Ini

Jumat, 13 September 2019 - 21:19:50 WIB - 670
Saat Penilaian LPM di Nagari Jambak, Asisten II Kabupaten Pasaman Katakan Ini
Asisten II Setda Pasaman Ir.Yuspi mewakili Bupati Pasaman saat Penilaian LPM tingkat Provinsi Sumbar di Nagari Jambak, Jumat (13/09/2019).


PASAMAN - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah merupakan lembaga Kemasyarakatan yang telah berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra Pemerintah dan pihak lain.

Untuk itu keberadaan LPM harus tetap dijaga dan ditingkatkan peranya sebagai institusi yang mampu memotifasi dan mendinamisasikan gerak dari segala Aspek kehidupan Masyarakat.

Dikatakan Bupati Pasaman yang diwakili Ir. Yuspi Asisten II Setda Pasaman saat penilaian LPM tingkat Provinsi Sumatera Barat di Nagari Jambak, kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Jumat (13/09/2019).

Pada penilaian tersebut ketua LPMN Nagari Jambak Adrizal memaparkan program unggulan antara lain pembangunan MCK di jorong Chaniago yang dilaksanakan dari program BBGRM, pembuatan parkir kantor Wali Nagari Jambak, peningkatan jalan dari surau lamo ke Padang Cubadak, pelatihan menjahit, pelatihan tata rias wajah.

Pembangunan bronjong di depan Surau lamo, pembangunan DAM Mudiak air Jambak, pembangunan pagar Kantor Wali Nagari Jambak, peningkatan jalan dari Palak Kopi ke Aia Tabek, perbaikan lapangan bola kaki Nagari Jambak dan ditambah dengan Kegiatan ke Agamaan, serta Musrenbang Nagari.

Dalam kesempatan itu Ir. Yuspi juga menjelaskan, bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah merupakan lembaga yang dibentuk pada tahun 2000. Lembaga ini telah dideklarasikan di Bandung mengantikan lembaga yang sama yaitu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Untuk itu tambahnya, Keberadaan Lembaga ini harus berperan dalam perencanaan pembangunan mulai dari tingkat bawah sekaligus harus mampu melaksanakan pembangunan dengan swadaya masyarakat dengan jalan bergotong royong, selain itu Lembaga ini juga harus dapat membangun pemahaman terhadap masyarakat tentang pentingnya pembangunan tersebut.

Ia berharap, kiranya penilaian tersebut dapat berjalan dengan lancar, dan Kepada pihak Nagari, Tokoh Masyarakat dan LPM dapat memberikan jawaban yang tepat agar terdapat penilaian yang objektif

Sementara, ketua Tim Penilai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Tingkat Sumatera Barat Efy Khaidir mengatakan, Kabupaten Pasaman merupakan adalah Kabupaten ke -7 yang dinilai oleh tim ini dan Kabupaten Kota ini telah dipilih oleh Pihak Provinsi melalui Tim Evaluasi.

"Ke tujuh Kabupaten kota tersebut mencakup 4 Kota dan 3 Kabupaten diantaranya Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh dan Kota Sawah Lunto, dan untuk Kategori Kabupaten diantaranya Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pasaman, sedangkan penilaian yang dilaksanakan saat ini adalah untuk melihat secara langsung sejauh mana pelaksanaan program LPM di Daerah yang dinilai," tambahnya.

Turut hadir dalam penalaian LPM di Nagari Jambak ini Ir. Yuspi, Assisten I Mulyatmin, Staf Ahli Bupati Pasaman, Yasri Uripsyah, Azhari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasaman Hasiolan, Kepala Dinas Sosial Efka Emi, Kabag Humas Aprialdi Said, Camat Lubuksikaping Afrizal, Wali Nagari Jambak, Ketua dan Pengurus LPM se Pasaman dan Tokoh Masyarakat setempat. (VERDI)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Langgar Aturan dan Tak Melapor, Jajaran Keamanan Paksa Putar Balik Kapal Pesiar Kembali di Tuapejat

Langgar Aturan dan Tak Melapor, Jajaran Keamanan Paksa Putar Balik Kapal Pesiar Kembali di Tuapejat

MENTAWAI - Satu kapal pesiar yang membawa dan melayani peselancar wisatawan asing di Kepulauan Mentawai diperiksa...

Ketum MUI Sumbar Buya Gusrizal Beri Kajian Virtual di Kalangan Muhammadiyah

Ketum MUI Sumbar Buya Gusrizal Beri Kajian Virtual di Kalangan Muhammadiyah

PADANG -- PW Muhammadiyah Sumbar bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian AlIslam Kemuhammadiyahan (LPIK) UMSB kembali...

Amerika Jengkel Gegara Turki Ingin Hagia Sophia Kembali jadi Masjid

Amerika Jengkel Gegara Turki Ingin Hagia Sophia Kembali jadi Masjid

INTERNASIONAL - Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Hami Aksoy tak ingin Pemerintah Amerika Serikat (AS) ikut campur...

Wali Kota Pariaman Suapi Kapolres Deny dengan Kue Perayaan HUT Bhayangkara ke-74

Wali Kota Pariaman Suapi Kapolres Deny dengan Kue Perayaan HUT Bhayangkara ke-74

PARIAMAN -- Wali Kota Pariaman Genius Umar menghadiri syukuran hari Bhayangkara di Mapolres Pariaman, Rabu,...

Pemkab Solok Lakukan Swab Test Terpadu

Pemkab Solok Lakukan Swab Test Terpadu

KABUPATEN SOLOK - Pemerintah Daerah Kabupaten Solok lakukan tes swab secara terpadu pada masyarakat Kabupaten Solok....


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu