Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

5 Tersangka Penganiayaan Seorang Pemuda Berujung Maut di Bukittinggi Ditangkap

Sabtu, 14 September 2019 - 13:34:23 WIB - 2
5 Tersangka Penganiayaan Seorang Pemuda Berujung Maut di Bukittinggi Ditangkap
Konferensi Pers di Aula Mapolres Bukittinggi Jumat malam Sabtu, (13/9/2019)


BUKITTINGGI -- Polres Kota Bukittinggi menciduk lima orang sebagai tersangka dugaan penganiayaan berujung kematian terhadap Gean Navanda warga Lubuk Begalung Padang.

Kelima tersangka diketahui berinisial RR, RS, JPH, FI dan AS. Ketiganya saat ini juga ditahan oleh pihak kepolisian.

"Untuk proses hukum saat ini lima orang tersangka sedang dilakukan penyidikan lanjut," kata Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, SIK.MH melalui Wakapolres Kompol Sumintak, SH didampingi Kabagops Kompol Partahian Pane, S.Sos, KBO Sat Reskrim IPTU Anidar, SH, dan Kasubbag Humas Polres Bukittinggi IPTU R.H. Sitinjak, SH, melakukan Konferensi Pers di Aula Mapolres Bukittinggi Jumat malam Sabtu, (13/9/2019).

Wakapolres Bukittinggi, menjelaskan adapun kronologis dari penangkapan kelima tersangka berawal adanya informasi dari masyarakat bahwa pada hari Senin (9/9/2019) sekira pukul 10.30 Wib, adanya mayat laki-laki didalam selokan di Jalan H. Agus Salim Kelurahan Kayu Kubu Kecamatan Guguk Panjang, kemudian piket reskrim bersama dengan unit identifikasi mendatangi TKP serta melakukan olah TKP, dan didapat informasi bahwa mayat tersebut bernama Gean Navanda yang merupakan warga Lubuk Begalung Padang.

Selanjutnya korban dibawa ke RSAM Bukittinggi untuk dilakukan Visum, namun ditemukan adanya luka lecet diwajah korban, dan luka trauma (lebam) dibagian dada dan perut korban sehingga pihak Polres Bukittinggi atas ijin keluarga korban melakukan otopsi ke Rumah Sakit Bhayangkara Padang dengan hasil sementara ditemukan trauma hampir di seluruh bagian tubuh korban, sehingga Polres Bukittinggi melakukan penyelidikan di lapangan tentang penyebab korban mengakibatkan meninggal dunia.

Dari hasil tersebut didapat informasi bahwa pada hari Minggu, (8/9/2019) sekitar pukul 20.00 Wib, korban diamankan oleh kelima tersangka yang merupakan karyawan dan security Plaza Ramayana Bukittinggi, karena korban sempat mengambil berupa barang di Depstore Ramayana Bukittinggi tersebut, dan ada saksi yang melihat korban dianiaya oleh lima tersangka tersebut, kemudian penyidik melakukan penyelidikan dengan melakukan pemeriksaan CCTV yang ada di Depstore Ramayana, dan didapat hasil rekaman adanya penganiayaan yang dilakukan oleh kelima tersangka terhadap korban, ucap Wakapolres.

Hasil pemeriksaan oleh penyidik terhadap kelima tersangka, bahwa masing-masing tersangka melakukan penganiayaan terhadap korban secara bersama, dan peran masing-masing kelima tersangka dalam melakukan penganiayaan kepada korban berbeda-beda.

Menurut Waka Polres Bukittinggi pihaknya masih melakukan pendalaman terkait penyebab korban meninggal dunia dan masuk kedalam selokan air itu. Diakhir keterangannya pihak kepolisian apresiasi atas kerjasama dan dukungan segenap stake holder hingga diperolehnya data sejauh ini untuk dikembangkan dan didalami. Pelajaran berharga dan mengutuk keras masih ada aksi main hakim sendiri terhadap seseorang yang dilandasi kasus tertentu, semestinya publik harus bijak menyikapi persoalan di lapangan jika menemukan indikasi pencurian dan tindak kriminal segera amankan pelaku ke pihak berwajib atau hubungi kepolisian atau anggota bhabinkamtibmas terdekat. Jangan sampai oknum menjadi bulan-bulanan warga. Seterusnya, keterangan saksi akan memudahkan untuk mengungkap kasus atau perkara itu tentu kerjasama diperlukan.

Wakapolres menambahkan "Kelima tersangka akan dikenakan pasal 170 ayat 2 huruf 3e melakukan kekerasan terhadap orang yang dilakukan secara bersama-sama yang menyebabkan matinya orang dengan ancaman pidana 12 tahun penjara," demikian Kompol Sumintak, SH mengakhirinya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: bukittinggi,kriminal,peristiwa,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Murid Taman Kanak - Kanak se Kota Padang Panjang Peragaan Manasik Haji

Murid Taman Kanak - Kanak se Kota Padang Panjang Peragaan Manasik Haji

PADANG PANJANG - Prosesi manasik haji tidak hanya dilakukan umat Islam berusia dewasa, murid Taman Kanak - Kanak (TK)...

Pengembangan Pelabuhan Panasahan 2019, Kadishub Pessel: Belum, Masih Rencana Baru

Pengembangan Pelabuhan Panasahan 2019, Kadishub Pessel: Belum, Masih Rencana Baru

PESISIR SELATAN -- Penyelesaian pengembangan Pelabuhan Panasahan Painan yang bakal direncanakan dibangun pada Tahun...

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

LIMAPULUH KOTA - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tidak hanya fokus pada pelaksanaan kegiatan fisik atau infrastruktur...

Tangani Bencana, BPBD 50 Kota Bangun Terobosan Berbasis Masyarakat

Tangani Bencana, BPBD 50 Kota Bangun Terobosan Berbasis Masyarakat

LIMAPULUH KOTA - Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota membuat terobosan baru untuk...

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

PASAMAN - Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis resmi serahkan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi ribuan siswa di Pasaman....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media