Monday, 06 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Festival Balah Hilia Art 2019 Segera Dihelat, Catat Tanggalnya

Selasa, 17 September 2019 - 22:06:01 WIB - 1141
Festival Balah Hilia Art 2019 Segera Dihelat, Catat Tanggalnya
Sekretaris Nagari Balah Hilia Lubuk Alung bersama Forum batajau seni piaman bakal menggelar festival seni Balah Hilia art 2019 oktober mendatang


PADANG PARIAMAN - Seakan berpacu dalam melahirkan Event berbasis inovasi terhadap tradisi. Setelah Nagari Lubuk Alung, kini tetangganya Nagari Balah Hilia Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman bakal menghadirkan festival seni Bertajuk Balah Hilia Art Festival 2019. Kegiatan kesenian ini direncanakan ditabuh pada bulan Oktober 2019 mendatang. Dengan tema "Galanggang Gadang Silek Lidah Minang". Selasa, (17/9/2019).

Sekretaris Nagari Balah Hilia Lubuk Alung Hidayat mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif pihak nagari bersama para walikorong. Untuk itu pihaknya juga mengajak Forum Batajau Seni Piaman untuk turut menggelar kegiatan kesenian ini. Menurutnya, Nagari Balah Hilia saat ini memerlukan sentuhan baru dalam bidang seni dan budaya.

"Diharapkan dengan keikutsertaan Forum Batajau Seni Piaman ini agar para pengurus nagari, walikorong serta pemuda nagari Balah Hilia mendapat pengalaman baru tentang bagaimana menggarap event secara tertata dan terencana," ucapnya.

Ia menjelaskan, selain pertunjukan seni yang berbasis kekayaan sastra lisan Minang, pihaknya juga akan menggelar diskusi tentang peran event sebagai platform pengembangan wisata nagari berbasi seni dan inovasi atas tradisi.

"Pada malam puncak nanti juga akan digelar launching logo nagari, peresmian sanggar bentukan Korong serta peringatan Milad nagari Balah Hilia," tuturnya.

Sementara itu, Ari, salah seorang Walikorong yang ada di Nagari Balah Hilia menyambut baik itikad pihak pemerintah nagari untuk menyelenggarakan acara kesenian yang berbasis tradisi ini. Menurutnya, akan banyak dampak positif bagi nagari dan masyarakat.

"Selama ini kegiatan kesenian sering kali identik dengan seni modern dan tidak memiliki visi terhadap kepariwisataan. Kini dengan adanya event semacam ini diharapkan Nagari Balah hilia akan menjadi destinasi wisata berbasis seni dan inovasi tradisi di Sumatera barat," ujarnya

Ari mengatakan, meski tidak memiliki pesona alam yang rancak seperti nagari lainnya, namun ia optimis seni dan budaya yang akan menjadi alasan wisatawan untuk berkunjung ke Nagari Balah Hilia.

"Apalagi kita memiliki sejumlah titik yang representatif dalam penyelenggaraan event. Dari sekian banyak tempat tentu dalam penyelenggaraan awal ini akan dipilih satu saja dulu. Nanti di penyelenggaraan berikutnya akan di gilir ke titik-titik lain yang berada di korong-korong di sekitar Balah Hilia ini," ungkapnya

Medun, salah seorang penggerak Forum Batajau Seni Piaman mengatakan pihaknya siap untuk menyokong penyelenggaraan Balah Hilia Art Festival 2019.

"Seperti biasanya Forum Batajau Seni Piaman akan turut menyokong dalam kerangka pengembangan kesenian berbasis masyarakat. Jadi disini, peran serta masyarakat sangat kita perlukan sehingga ada ruang kolaborasi kerja. Kami akan berbagi dengan para pemuda dan masyarakat umumnya tentang bagaimana penyelenggaraan festival yang tertata. Dan kami juga siap menampilkan berbagai karya inovasi berbasis tradisi sastra lisan Minang sesuai tema yang sudah disiapkan oleh pihak Nagari," tuturnya. (Fadhli/rilis)

Editor/Sumber: Rio
Tag: padang-pariaman,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Update Covid-19 3/4 di Sumbar: Positif 14, PDP 71 dan ODP 3.276

Update Covid-19 3/4 di Sumbar: Positif 14, PDP 71 dan ODP 3.276

PADANG -- Pasien positif virus Corona (COVID-19) di Sumatera Barat (Sumbar) kini bertambah menjadi 14 orang. Dari 14...

Pemkab Mentawai Jadikan Gedung Diklat sebagai Tempat Karantina Covid-19

Pemkab Mentawai Jadikan Gedung Diklat sebagai Tempat Karantina Covid-19

MENTAWAI - Memastikan penanganan serius terhadap wabah Covid-19, team Gugus Tugas Kabupaten Kepulauan Mentawai...

Masyarakat Nagari Canduang Koto Laweh Berjibaku Atasi Covid-19

Masyarakat Nagari Canduang Koto Laweh Berjibaku Atasi Covid-19

BUKITINGGI - Virus Corona (Covid-19) yang mencekam ini membuat semua insan waspada, termasuk warga masyarakat Nagari...

Komisi II DPRD Padang Panjang Salurkan Bantuan Vitamin untuk Petugas Posko Covid-19

Komisi II DPRD Padang Panjang Salurkan Bantuan Vitamin untuk Petugas Posko Covid-19

PADANG PANJANG -- Komisi II DPRD Kota Padang Panjang menyerahkan bantuan vitamin dan suplemen kepada petugas yang...

Tanpa Hasil Lab dan Indikasi berbeda, Kadiskes Solsel Dianggap Keluarga Pasien Berbohong

Tanpa Hasil Lab dan Indikasi berbeda, Kadiskes Solsel Dianggap Keluarga Pasien Berbohong

SOLOK SELATAN - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal di Muaralabuh kabupaten Solok Selatan senja kemarin, Rabu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu