Saturday, 23 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:29:55 WIB - 389
Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin
Kompol (Purn) Zaini, SH, Ketua Baznas Kota Solok


SOLOK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok bekerjasama dengan PDAM Kota Solok memberikan subsidi pada rumah-rumah keluarga miskin untuk mendapatkan fasilitas air minum dalam bentuk pemasangan sambungan baru.

Subsidi ini hanya diberikan pada keluarga yang betul-betul tidak mampu dan layak mendapatkannya. Untuk mengetahui suatu keluarga tersebut miskin, Baznas Kota Solok bersama dengan PDAM Kota Solok akan melakukan survei ke rumah-rumah penduduk dan menerapkan persyaratan serta kriteria yang ketat agar subsidi yang diambil dari zakat ASN, pengusaha, institusi, dan individu menjadi tepat sasaran.

Kompol (Purn) Zaini, SH, Ketua Baznas Kota Solok, Senin (30/9), mengungkapkan minangkabaunews.com, Selasa (1/10) bahwa subsidi yang akan diberikan bukan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk layanan pengadaan fasilitas air bersih ke rumah-rumah penduduk yang masuk kategori miskin dan lolos syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh Baznas Kota Solok.

"Sedangkan untuk Keluarga miskin yang sambungan air PDAM sudah diputus oleh PDAM tidak masuk dalam pemberian subsidi tersebut," ujarnya.

Kata Zaini, dalam rancangan Baznas Kota Solok, subsidi akan diberikan sebanyak Rp. 300.000.000,- dengan jumlah 600 lebih keluarga miskin.

"Saat ini sedang dilakukan survei KK miskin oleh PDAM Kota Solok. Jika hasil sudah didapatkan, Baznas akan lakukan survei ulang kelapangan dan mengecek kebenaran data yang kami terima," Katanya.

"Tujuannya agar subsidi yang diambilkan dari zakat ini tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh KK miskin tersebut. Dan pahalanya Insha Allah akan terus mengalir pada yang berzakat, seperti aliran air tersebut," ujarnya.

Rabbiluski Dt. Bandaro Sutan, Dirut PDAM Kota Solok ditemui media ini, Senin (30/9), membenarkan adanya subsidi dari Baznas Kota Solok untuk pemasangan sambungan baru bagi KK miskin. Sementara, untuk jumlahnya tergantung pada Baznas Kota Solok.

"Saat kita sedang susun perencanaannya dan survei kelapangan mendata KK miskin bakal penerima bantuan pengadaan sambungan baru," terangnya.

Untuk diketahui, Baznas Kota Solok memiliki beberapa program unggulan, diantaranya Solok Sejahtera, Solok Sehat, Solok Cerdas, Solok Tagwa, dan Solok Peduli. Untuk Solok Sejahtera, Baznas akan membantu biaya hidup sehari-hari keluarga miskin sebesar Rp. 800.000,-. Khusus lansia dibayar tiap bulan dengan umur minimal 50 tahun, dan tidak memiliki anak maupun istri atau sebaliknya. Untuk keluarga sangat miskin, miskin, rentan miskin, potensi miskin, dibantu Rp. 800.000,-.

Tahun depan, Baznas punya terobosan baru dimana petani dibantu sesuai skala usaha. Sedangkan untuk bantuan modal usaha dibantu Rp. 2.000.000,-.

Baznas juga mempersilahkan KK miskin untuk menghubungi Baznas Kota Solok di depan terminal bareh Solok. Zaini juga maayarakat melengkapi persyaratan berupa KTP, Surat Keterangan miskin dari Kelurahan, Surat Keterangan rutin sholat berjamaah dimasjid setempat atau minimal sholat lima waktu dirumah dari pengurus mesjid atau mushola tempat domisili, permohonan. Sedangkan untuk mahasiswa berupa surat keterangan kuliah dan pedagang berupa surat keterangan usaha.

Bantuan untuk pendidikan ini ada pengecualian walaupun dia bukan tergolong keluarga miskin. Seperti kuliah di Al Azhar, Mekkah, Medinah, Maroko, dll. Atau didalam negeri yang khusus bidang agama islam karena kuliah bidang agama dikategorikan jihad fisabilillah.

"Ini diatur dalam Putusan Kedewan baznas nomor 1 Tahun 2010 Tentang Penyaluran Zakat Untuk Biaya Studi Yang Bukan Miskin," Kata Zaini.

Kesadaran masyarakat dalam berzakat sudah jauh meningkat dimana pada tahun 2017 hanya terkumpul zakat Rp. 600 juta/tahun. Pada tahun 2019 terkumpul Rp. 3.6 milyar. (Kar)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: kota-solok,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pengamanan TdS ke-11 Tahun 2019 di Kota Bukittinggi Aman dan Kondusif

Pengamanan TdS ke-11 Tahun 2019 di Kota Bukittinggi Aman dan Kondusif

BUKITTINGGI -- Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso,SIK melalui Wakapolres Kompol Sumintak,SH mengatakan...

Finish di Tanah Datar, Wabup Zuldafri Singgung TdS

Finish di Tanah Datar, Wabup Zuldafri Singgung TdS

TANAH DATAR -- Tour de Singkarak (TdS) yang ke-11 etape 1, resmi dilepas pada pukul 10.00 wib di Pariaman. Para...

Ribuan Ikan Mati Di Batang Maek, Polres 50 Kota sampaikan Hasil Uji Laboratorium

Ribuan Ikan Mati Di Batang Maek, Polres 50 Kota sampaikan Hasil Uji Laboratorium

LIMA PULUH KOTA - Ribuan ikan mati di aliran sungai Batang Maek di nagari Tanjung Pauh, Tanjung Bolik, kecamatan...

TdS 2019, Langkah Awal Hubungkan Akses di Kawasan Sumatra

TdS 2019, Langkah Awal Hubungkan Akses di Kawasan Sumatra

PADANG PARIAMAN --Tour de Singkarak (TdS) 2019 menjadi langkah awal menghubungkan Pulau Sumatra melalui kayuhan sepeda....

Pemko Payakumbuh Canangkan Zona Integritas, Teguhkan Komitmen Anti Korupsi dan Bersih Melayani

Pemko Payakumbuh Canangkan Zona Integritas, Teguhkan Komitmen Anti Korupsi dan Bersih Melayani

LIPUTAN KHUSUS PEMKO PAYAKUMBUH -- Pemerintah Kota Payakumbuh mulai meneguhkan niat melakukan penolakan terhadap...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media