Tuesday, 15 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Himpunan Mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar Angkatkan Acara Debat Dalam Bahasa Inggris Se-Sumatera

Kamis, 03 Oktober 2019 - 22:09:37 WIB - 430
Himpunan Mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar Angkatkan Acara Debat Dalam Bahasa Inggris Se-Sumatera
IAIN Batusangkar kedatangan tamu mahasiswa sejumlah daerah di Sumatera saat mengikuti Sumatran Debate Competition (kompetisi debat sumatera)


TANAH DATAR -- Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar, Kamis (3/10/2019), kedatangan tamu istimewa mahasiswa dari UIN Araniri banda Aceh, UIN Radin Intan Lampung, IAIN Padang Sidempuan, UIN Suska Riau, dan IAIN Bukittinggi.

Kehadiran mereka saat ini dalam rangka mengikuti Sumatran Debate Competition (Kompetisi Debat Tingkat Sumatera) dengan tema "Encouraging Student Critical Thinking Skill Through English Debating Competetion," yang diangkatkan oleh Himpunan Mahasisawa Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir M.Pd. Dalam sambutannya putra kelahiran Pasaman Sumatera Barat ini menyampaikan bahwa acara Sumatran Debate Competition ini kita jadi ajang silaturahmi antara mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris se Sumatera bahkan se- Indonesia, agar ada sinergisitas kolaboratif aktivitas antar kampus khususnya PTKIN dan PTN/PTS umumnya.

Hal ini akan membangun networking antar mahasiswa Tadris Bahasa Inggris dalam kegiatan positif, bertukar informasi dan saling menambah wawasan keilmuan. Dekan FTIK yang muda dan energik ini mengajak para peserta untuk mendeklarasaikan acara ini menjadi agenda tahunan PTKIN se sumatera khususnya Jurusan Tadris Bahasa Inggris.

Acara ini dilaksanakan di kampus IAIN Batusangkar Tahun depan bisa jadi akan dilaksanakan di UIN Araraniri Aceh atau kampus lainnya, ungkapnya dengan semangat. Adapun acara Debat dalam Bahasa Inggris ini bukanlah hal pertama kali diadakan di kampus IAIN Batusangkar ini.

"Sebelumnya, sebelum IAIN Batusangkar masih menjadi STAIN Batusangkar sudah menjadi agenda tahunan baik ditingkat mahasiswa Se-Sumatera Barat maupun ditingkat SLTA dan tingkat mahasiswa TBI Se Sumatera Barat. Namun terhenti semenjak tahun 2014," kata Sirajul Munir dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini Sirajul Munir menjelaskan juga bahwa Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan akan mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) International bersama beberapa PTKIN lainnya, yang berlokasi di Negeri Songla Thailand. Pada saat ini Jurusan Tadris Bahasa Inggris FTIK IAIN Batusangkar memiliki akreditasi A dari BAN PT RI, dan tidak banyak jurusan di perguruan tinggi di Indonesia.

Sebelumnya, Ketua jurusan Tadris Bahasa Inggris FTIK IAIN Batusangkar Yulnetri, M.Pd menjelaskan dalam sambutannya bahwa acara "Sumatran Debate Competition" diikuti oleh sembilan tim yang terdiri dari UIN Araniri Aceh satu tim, UIN Raden Intan Lampung satu tim, UIN Suska Riau satu Tim, IAIN Padang Sidempuan menurunkan dua tim, IAIN Bukittinggi satu tim, dan IAIN Batusangkar sebagai tuan rumah menurunkan dua tim. Masing masing tim terdiri dari dua orang.

Adapun Materi debat mengacu pada yang sudah ditetapkan yang akan dinilai oleh para juri Zulhermindra, M.Pd Dosen tetap IAIN Batusangkar, yang mana beliau juga salah satu inisiator lahirnya Jurusan Tadris Bahasa Inggris di IAIN Batusangkar, dan Arjus Putra, M.Pd dari Padang, menutup sambutannya. (Nal Humas.IAIN BSK).

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: pendidikan,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

BPJS Kesehatan di Pesisir Selatan Minim Sosialisasi, Masyarakat Mengeluh

BPJS Kesehatan di Pesisir Selatan Minim Sosialisasi, Masyarakat Mengeluh

PESISIR SELATAN -- Masih kurangnya sosialisasi yang harus dilakukan BPJS Kesehatan, membuat masyarakat mengeluh....

Kreatif, Pasutri di Bukittinggi Daur Ulang Rongsokan Tembaga Menjadi Aksesoris

Kreatif, Pasutri di Bukittinggi Daur Ulang Rongsokan Tembaga Menjadi Aksesoris

BUKITTINGGI -- Pasangan suami isteri, Jafril sutan Bandaro usia 60 tahun dan Ernawati usia 54 tahun, pengrajin pembuat...

Inilah Strategi Warganet Melawan Radikalisme

Inilah Strategi Warganet Melawan Radikalisme

Oleh : Alfin Riki -- Perang melawan radikalisme dan terorisme memang tidak pernah ada habisnya. Satu persatu pelaku...

Mahyeldi Rombak 30 Pejabat di Pemko Padang, Ini Alasannya

Mahyeldi Rombak 30 Pejabat di Pemko Padang, Ini Alasannya

PADANG -- Sedikitnya 30 pejabat eselon III dan IV serta kepala sekolah di Pemerintahan Kota Padang, dilantik dan...

Untuk Tanah Datar Lebih Baik, DPC Demokrat Membuka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

Untuk Tanah Datar Lebih Baik, DPC Demokrat Membuka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

TANAH DATAR - DPC Demokrat Tanah datar membuka penjaringan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media