Saturday, 06 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

Jumat, 04 Oktober 2019 - 09:47:38 WIB - 2
50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang
Pemprov sumbar sambut kedatangan pengungsi di bim


PADANG -- Sebanyak 50 orang perantau Minangkabau selamat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 20.50 WIB dengan menggunakan pesawat Batik Air, Kamis, (3/10/2019).

Kedatangan perantau Minang tersebut disambut Haru oleh Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar Syaifullah dan Kepala Dinas Sosial Jumaidi, Dinas Pemberdayaan Perempuan Biro Kerjasama Rantau dan beberapa relawan PMI Sumbar.

Kepulangan para perantau ini tidak lepas dari kerja keras Pemprov Sumbar melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, sehingga ribuan perantau Minang bisa kembali ke kampung halamannya.

"Selamat datang kembali ke kampung halaman, kita semua adalah bersaudara, apa yang terjadi di Wamena adalah musibah kita semua, mudah-mudahan kedatangan saudara bisa menjadi obat rindu di kampung halaman," kata Syaifullah.

Kepulangan perantau Minang tersebut, merupakan masyarakat Sumbar yang selama ini tinggal di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Yang sebelumnya terjadi kerusuhan, mengakibatkan 10 orang perantau Minang meninggal dunia.

Menurut Syaifullah, kejadian itu membuat perantau asal Sumbar di Wamena mengalami trauma, sehingga banyak yang berkeinginan pulang ke tanah asalnya.

"Kepulangan perantau Minang asal Wamena ini semuanya ditanggung oleh bantuan dari Sumbar Peduli Sesama, untuk hari ini ada sekitar 187 orang, tahap pertama yang barusan datang ada 50 orang dan yang ke dua nanti 137 orang menggunakan pesawat Papua Ekspres Air, diperkirakan kedatangannya sekitar pukul 01.50 WIB dini hari," jelas Syaifullah.

"Isya Allah semua berjalan dengan lancar," ucapnya.

Selanjutnya Kepala Biro Bintal dan Kesra Sumbar menyerahkan bantuan uang saku kepada pengungsi Wamena sebesar Rp. 40.000.000 dengan rincian dewasa 30 orang masing-masing Rp1.000.000 dan anak-anak 20 orang masing-masing sebesar Rp. 500.000.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jayawijaya Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar yang telah berupaya membawa mereka ke Sumbar.

"Kami sangat berterima kasih sekali pada pemprov Sumbar yang bisa membawa kami ke kampung halaman, semoga Allah membalas kebaikan ini, Amiin," ujarnya.

"Tali persaudaraan ini lebih berharga dari segalanya, ibarat berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, inilah dirasakan oleh saudara-saudara kita Minangkabau, sehingga kami bisa kembali disini," imbuh Zulkifli.

Kemudian Kepala Dinas Sosial Sumbar Jumaidi juga akan mengirimkan bantuan berupa logistik makanan ke tempat pengungsi asal Wamena.

"Kami sangat prihatin sekali dengan kondisi perantauan Minang asal Wamena ini, dalam waktu dekat ini kami akan salurkan bantuan berupa makanan, semoga bantuan itu bisa mengurangi bebannya," ungkap Jumaidi.

Perantau Minang yang sudah sampai di BIM akan diantarkan langsung ke kampung halamannya menggunakan bus yang telah disediakan.

"Ada dua unit bus yang akan mengantarkan mereka ke kampung halamannya, semoga mereka selamat sampai tujuan," tuturnya. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,pemprov,pemprov-sumbar,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pendaftaran Tingkat SMK/SMA Kota Sawahlunto Mulai Bulan Ini

Pendaftaran Tingkat SMK/SMA Kota Sawahlunto Mulai Bulan Ini

SAWAHLUNTO -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk Kota Sawahlunto akan dimulai...

Bayi Dua Tahun di Padang Terkonfirmasi Positif COVID-19

Bayi Dua Tahun di Padang Terkonfirmasi Positif COVID-19

PADANG -- Kasus positif virus Corona kembali bertambah di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yakni seorang anak...

Menuju Normal Baru, Dharmasraya Kembali Lakukan Rapid Test Massal

Menuju Normal Baru, Dharmasraya Kembali Lakukan Rapid Test Massal

DHARMASRAYA -- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bersama Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 kembali melakukan...

Darul Siska: Pentingnya Semangat Pancasila dalam Upaya Mengatasi Pandemi Covid-19

Darul Siska: Pentingnya Semangat Pancasila dalam Upaya Mengatasi Pandemi Covid-19

JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR RI, Drs H. Darul Siska menekankan pentingnya Pancasila ditengah pandemi untuk...

Sumbar Bersiap Buka Destinasi Wisata di Era New Normal

Sumbar Bersiap Buka Destinasi Wisata di Era New Normal

PADANG -- Gubernur bersama kepala daerah se-Sumbar berencana seluruh obyek wisata, namun sebelum membuka objek wisata...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu