Tuesday, 15 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

Selasa, 08 Oktober 2019 - 21:19:11 WIB - 440
Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena
Pemkab Pessel saat rapat koordinasi penanganan warga pessel korban kerusuhan wamena (Ist)


PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempercepat pelayanan pendidikan bagi anak-anak perantau yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua.

"Ya, saya instruksikan kepada jajaran dinas pendidikan dan kebudayaan untuk segera mempercepat bagi anak-anak untuk bersekolah dan belajar dulu, mengenai rapor dan dokumen lainnya bisa menyusul," kata Bupati Pessel, Hendrajoni, di Painan, Selasa (8/10/2019).

Ia mengatakan, sebanyak 291 orang perantau asal Pesisir Selatan telah sampai di kampung halaman. khusus bagi anak-anak, pihaknya berupaya agar bisa secepatnya mengakses bangku sekolah.

"Bila perlu mulai Rabu besok anak-anak para perantau sudah bisa datang ke sekolah terdekat, baik di tingkat SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat untuk memulai proses belajar mengajar," ucapnya.

Bagi anak-anak yang tidak memiliki seragam sekolah dan perlengkapan sekolah lainnya, kata Bupati, pihaknya sudah menyediakan pakaian secara gratis.

"Bagi anak-anak yang tidak memiliki seragam dan perlengkapan sekolah untuk sementara juga bisa memulai proses belajarnya dan hal itu kami telorir, setelah itu akan diberi pakaian secara cuma cuma," ujarnya.

Begitupun bagi para perantau yang dokumen kependudukannya hilang pada insiden tersebut, pihaknya juga siap untuk membuatnya kembali.

"Untuk memudahkan prosesnya bisa dengan menyerahkan foto copi KTP atau KK, kalaupun tidak ada cukup beritahu nama lengkap dan alamat selama di Wamena dan kami akan memprosesnya," ucapnya lagi.

Sementara, berdasarkan data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, saat ini sudah ada 31 orang yang terdata membutuhkan KTP dan KK. Ke-31 orang tersebut kini sedang diproses Disduk Capil.

Selain itu pihaknya juga siap membantu jika diantara perantau ada yang membutuhkan layanan kesehatan namun kartu BPJS Kesehatan miliknya rusak.

"Yang penting berobat dulu, pemindahan layanan faskes kesehatan akan kami bantu pengurusannya," tuturnya.

Ia menambahkan, bagi para perantau yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan namun membutuhkan layanan kesehatan tetap harus berobat dan biayanya akan dibantu oleh rumah sakit daerah dan Baznas setempat.

"Langkah-langkah tersebut ditempuh berdasarkan hasil rapat koordinasi antara pihaknya dan instansi terkait pada Selasa siang," tuturnya.

Guna memudahkan pelayanan dan koordinasi, Pemkab Pessel mendirikan pos terpadu penanganan korban kerusuhan Wamena. (Rio)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: metro,painan,pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polres Agam Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologisnya

Polres Agam Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologisnya

AGAM - Satres Narkoba Polres Agam kembali mengamankan terduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika Gol I jenis...

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

PADANG -- Sebanyak 50 orang perantau Minangkabau selamat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 20.50...

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

PARIAMAN -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M mendukung penuh Peringatan Hari...

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

Baznas Kota Solok Bekerjasama dengan PDAM Berikan Subsidi Fasilitas Air Minum Untuk KK Miskin

SOLOK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok bekerjasama dengan PDAM Kota Solok memberikan subsidi pada...

Bupati Pasaman Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Catur HUT Pasaman ke-74

Bupati Pasaman Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Catur HUT Pasaman ke-74

LUBUK SIKAPING - Bupati Pasaman Yusuf Lubis yang didampingi Sekretaris Daerah, Mara Ondak menyerahkan secara resmi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media