Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Pengembangan Pelabuhan Panasahan 2019, Kadishub Pessel: Belum, Masih Rencana Baru

Kamis, 10 Oktober 2019 - 14:13:16 WIB - 544
Pengembangan Pelabuhan Panasahan 2019, Kadishub Pessel: Belum, Masih Rencana Baru
Kadis Perhubuhan Pessel, Gunawan saat diwawancarai wartawan (Ist)


PESISIR SELATAN -- Penyelesaian pengembangan Pelabuhan Panasahan Painan yang bakal direncanakan dibangun pada Tahun 2019 progresnya masih sebatas rencana. Padahal sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan tahun ini pengembangan Pelabuhan Panasahan dapat terlaksana.

"Belum, masih rencana baru," kata Kadis Perhubungan, Gunawan diwawancarai wartawan usai acara pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (9/10/2019).

Ketika ditanyai soal alokasi dana Rp 36 miliar pada tahun ini, Gunawan menjawab, ia tidak tau soal itu. Padahal, Bupati Hendrajoni menegaskan pendanaan itu telah ada. "Soal itu saya tidak tau. Tanya saja langsung pada pimpinan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan telah menganggarkan Rp 39 miliar guna mempercepat pembangunan pelabuhan panasahan painan.

Padahal, tujuan pengembangan Panasahan nantinya juga akan dibangun kawasan pergudangan, perkantoran serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Sebelumnya, Pemkab Pessel akan menjalin kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dalam pengelolaan pelabuhan.

"Informasinya mereka siap menginvestasikan anggaran sekitar Rp 300 miliar untuk Pelabuhan Panasahan," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

Bupati menyebut, beroperasinya Pelabuhan Panasahan maka bisa dimanfaatkan untuk sandaran kapal angkut minyak kelapa sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

"Jika sudah dioperasikan pengapalan CPO yang berasal dari Pesisir Selatan dan daerah terdekat tidak perlu lagi ke Pelabuhan Teluk Bayur. Hal ini akan mendatangkan banyak manfaat mulai dari memangkas biaya transportasi, meminimalkan kerusakan jalan akibat truk pembawa CPO dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Mukhridal mengatakan, secara kesepakatan pembebasan lahan Panasahan Painan sudah mendapat persetujuan dari pemilik lahan.

Sebagai persyaratan, pemerintah daerah harus merubah rencana induk pelabuhan, merevisi derail enginering design (DED), sebab DED dan rencana induk yang lama sudah tidak berlaku lagi.

Menurut dia, sesuai prosedur dan mekanisme yang ada, maka untuk pengadaan yang dilakukan nantinya pemerintah akan mengganti luas tanah, tanaman dan bangunan yang terdampak pembangunan tersebut, dengan prinsip tidak merugikan masyarakat.

Selain itu, Pemkab harus menyerahkan setifikat lahan pada Kemenhub. Setelah alas hak tanah keluar, kemudian masuk pada tahapan penyiapan peta bidang tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). (Rio)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: painan,pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

 Getah Karet di Dharmasraya Tidak Lagi Menetes, Ini Penyebabnya

Getah Karet di Dharmasraya Tidak Lagi Menetes, Ini Penyebabnya

DHARMASRAYA -- Para pekerja penyadap karet di daerah Koto Besar, Nagari Koto Besar, Kecamatan Koto Besar Kabupaten...

Lima Penghargaan, MA KMM Padang Panjang Jadi Juara Umum English

Lima Penghargaan, MA KMM Padang Panjang Jadi Juara Umum English

PADANG PANJANG -- KMM Kauman Padang Panjang Juara Umum Pekan Hari Pahlawan FKIP UMSB yang digelar di Universitas...

Lagi, Polisi Ciduk Pengedar Sabu di Tanah Datar

Lagi, Polisi Ciduk Pengedar Sabu di Tanah Datar

TANAH DATAR -- Lagi-lagi Sat Res Narkoba Polres Tanah Datar menciduk pelaku penyalahgunaan Narkotika Golongan I jenis...

TdS 2019, Langkah Awal Hubungkan Akses di Kawasan Sumatra

TdS 2019, Langkah Awal Hubungkan Akses di Kawasan Sumatra

PADANG PARIAMAN --Tour de Singkarak (TdS) 2019 menjadi langkah awal menghubungkan Pulau Sumatra melalui kayuhan sepeda....

Peserta Kejuaraan Futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I Membludak

Peserta Kejuaraan Futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I Membludak

BUKITTINGGI -- Puluhan tim futsal se-Sumatera Barat, Pekanbaru dan Kota Bukittinggi sendiri berdatangan mendaftar untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media