Tuesday, 22 Sep 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

PMI Provinsi Sumatera Barat Menggelar Musyawarah Ke-10

Kamis, 10 Oktober 2019 - 14:36:07 WIB - 501
PMI Provinsi Sumatera Barat Menggelar Musyawarah Ke-10
Musyawarah PMI Provinsi Sumatera Barat ke 10 Tahun 2019 (Ist)


PADANG -- Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Barat kembali akan mengadakan perhelatan besar, Musyawarah Provinsi ke X (sepuluh) yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019 di Hotel Grand Inna Kota Padang. Demikian disampaikan Ketua Panitia Pelaksana yang juga sebagai Wakil Ketua PMI Sumatera Barat, Aim Zein, Kamis (10/10/2019).

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi hal-hal yang sudah dikerjakan, memilih pengurus dan ketua yang baru serta merancang program-program kerja yang akan dilakukan untuk periode kepengurusan selanjutnya (2019-2024).

Periode kepengurusan PMI Sumatera Barat sebelumnya dari tahun 2014-2018 pucuk pimpinan diketuai oleh (alm.) Prof. Dr. H. Marlis Rahman, MSc sampai masa terakhir beliau pada bulan 28 Juli 2018. Selanjutnya dilanjutkan oleh Drs. Aristo Munandar sebagai Plt.Ketua, sampai saat ini.

Kegiatan Musyawarah Provinsi ke X (sepuluh) ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi, dan akan dibuka oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno yang juga selaku Pelindung PMI Sumatera Barat.

Aim Zein mengatakan bahwa perhelatan ini akan diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari seluruh PMI Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Dia juga menjelaskan bahwa dengan adanya Musyawarah kali ini akan muncul semangat dan ketertarikan masyarakat Sumatera Barat untuk ikut bergabung menjadi relawan PMI dan bahkan kesempatan juga terbuka untuk ikut menjadi Pengurus PMI Sumatera Barat.

PMI adalah sebuah Organisasi Kemanusiaan yang bersifat sukarela dan independen. Tidak terlibat dan terafiliasi dengan kegiatan politik, dan sebagainya. Organisasi PMI diurus secara kolektif kolegial oleh para pengurusnya yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat di Sumatera Barat yang peduli terhadap urusan kemanusiaan.

Eksistensi PMI dengan relawan-relawannya yang selalu aktif dan terdepan dalam setiap urusan kemanusiaan dan kebencanaan menjadi semakin kuat dan eksis, dengan adanya Payung Hukum yang dibuat oleh Pemerintah dan Legislatif untuk melindungi keberadaan PMI, yaitu Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.

PMI juga merupakan salah satu organisasi non Pemerintah yang diberikan kemudahan untuk mendapatkan dana hibah. Dengan adanya dukungan dan kemudahan yang ada, diharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat untuk tidak ragu-ragu lagi dan sudah sepantasnya memiliki PMI cabang didaerahnya. "Apalagi mengingat Sumatera Barat adalah daerah yang sangat rawan bencana," pungkas Aim Zein. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: bukittinggi,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sah! PDIP Dipastikan Tidak Ikut Pilgub Sumbar 2020

Sah! PDIP Dipastikan Tidak Ikut Pilgub Sumbar 2020

PADANG - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipastikan absen dalam Pilkada tingkat provinsi di Sumatra Barat...

Bagikan Uang Transportasi, Ketua TPP Pariaman Beri Perhatian pada Dasawisma

Bagikan Uang Transportasi, Ketua TPP Pariaman Beri Perhatian pada Dasawisma

PARIAMAN -- Ketua Tim Penggerak PKK Pariaman Lucyanel membagikan uang transportasi kepada ketua Dasawisma Kec. Pariaman...

Pemrov Sumbar Bantu Korban Banjir di Ujung Gadiang Pasbar

Pemrov Sumbar Bantu Korban Banjir di Ujung Gadiang Pasbar

PASAMAN BARAT -- Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai bersama rombongan...

Inilah Kata Kepala Labor Unand Andani Eka Putra Soal Covid-19

Inilah Kata Kepala Labor Unand Andani Eka Putra Soal Covid-19

PADANG -- Kepala Labor Rumah Sakit Unand Andani Eka Putra mengatakan penularan Covid-19, jangan membuat rasa ketakutan...

Kabar Gembira, Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Solok Selatan Dinyatakan Sembuh

Kabar Gembira, Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Solok Selatan Dinyatakan Sembuh

SOLOK SELARAN -- Berita gembira, satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Solok Selatan dinyatakan sembuh. Dengan...


KOMENTAR ANDA