Saturday, 18 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Ketua KPU 50 Kota Disanksi Peringatan Keras, Empat Komisioner Peringatan Biasa

Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:33:55 WIB - 697
Ketua KPU 50 Kota Disanksi Peringatan Keras, Empat Komisioner Peringatan Biasa
Foto: Istimewa


LIMAPULUH KOTA - Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) akhirnya mengeluarkan putusan terhadap kasus dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu yang dilaporkan oleh Ketua DPD Partai Perindo Limapuluh Kota.

Dalam surat putusan yang diumumkan DKPP RI pada, Rabu 9 Oktober 2019 pada website resminya dkpp.go.id, Dewan Kehormatan menjatuhi sanksi berupa peringatan keras kepada Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon.

Adapun empat komisioner lainnya yakni, Amfreizer, Eka Ladyana, Arwantri dan Rina Fitri, hanya dijatuhi sanksi peringatan. Putusan terhadap Komisioner KPU Limapuluh Kota itu dibacakan Majelis DKPP RI yang diketuai Alfitra Salam dalam agenda sidang putusan yang dibacakan Rabu.

Berdasarkan surat putusan DKPP nomor 182-PKE-DKPP/VII/2019 duduk perkara kasus tersebut diproses karena adanya laporan Pengadu, yaitu Ketua DPD Partai Perindo atas nama, Edison Sumar, bernomor 188-P/L-DKPP/VI/2019 kepada Bawaslu Limapuluh Kota.

Menurut kronologis dalam pengaduannya, pada Rabu 17 April 2019 Pengadu menemukan tertukarnya nomor urut, foto, nama caleg dan alamat di Dapil I (Kecamatan Payakumbuh dan Kecamatan Harau) di setiap TPS pada lembaran pedoman/petunjuk/DCT untuk masyarakat pemilih.

Pengumuman tersebut ditempelkan di luar TPS daerah pemilihan I Kabupaten Limapuluh Kota. Pengumuman itu lah yang membuat Pengadu merasa dirugikan karena dinilai berpengaruh kepada konstituen kedua calegnya, pemilih serta hasil perolehan suara.

Setelah mengajukan laporan pengaduan ke Bawaslu, pengaduan itu diteruskan ke DKPP. Pengadu menilai KPU sudah melanggar pasal 1, pasal 2, pasal 4, pasal 5, pasal 6, pasal 15 dan pasal 16 Peraturan DKPP Nomor 2 tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

Berdasarkan penilaian dan fakta persidangan, Majelis DKPP-RI pun mengabulkan atau menerima sebagian pengaduan Pengadu. Dewan Kehormatan akhirnya menjatuhi sanksi terhadap lima komisioner KPU Limapuluh Kota atas pelanggaran kode etik yang dilakukan.

Dalam putusan itu, DKPP-RI juga memerintahkan kepada KPU Provinsi Sumatera Barat melaksanakan putusan ini paling lama tujuh hari sejak dibacakan, serta memerintahkan kepada Bawaslu RI agar melaksanakan putusan tersebut.

Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon, yang dikonfirmasi wartawan mengaku menerima dan menghargai putusan DKPP. Ia mengakui lembaganya melakukan pelanggaran teknis dalam pendistribusian logistik pemilu 2019, sehingga merugikan salah satu peserta pemilu.

Pihaknya menyebut sudah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan setiap tahapan Pemilu 2019 lalu. "Kita sudah maksimal namun karena banyaknya jumlah elemen data, Caleg juga banyak, sehingga petugas kita mungkin ada yang luput," sebut Masnijon melalui telepon genggamnya, Kamis (9/10) siang.

Masnijon juga berjanji bakal menjadikan kasus tersebut sebagai pelajaran. Pihaknya ke depan akan lebih selektif, profesional dan teliti terhadap setiap tahapan, regulasi, tekhnis. "Kedepan kita akan berusaha lebih baik," ujarnya.

Adapun Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra, ketika dihubungi terpisah mengatakan putusan DKPP adalah putusan yang bekekuatan hukum tetap dan mengikat. "Tentunya, apa pun putusannya (DKPP-red), wajib kita hormati," kata Yoriza Asra.

Bawaslu Limapuluh Kota, katanya, berharap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada ke depannya dapat dilaksanakan lebih profesional. "Mudah-mudahan lebih profesional, supaya pada penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang bisa lebih sukses," tutur Yoriza Asra. (aking)

Loading...
Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: limapuluh-kota,politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Masyarakat Sebut Pariwisata di Mandeh Belum Menjanjikan, Ini Penyebabnya

Masyarakat Sebut Pariwisata di Mandeh Belum Menjanjikan, Ini Penyebabnya

PESISIR SELATAN -- Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan...

RRI Bukittinggi 74 Tahun Mengudara Mengadakan Dialog Langsung di Gunung Omeh Koto Tinggi

RRI Bukittinggi 74 Tahun Mengudara Mengadakan Dialog Langsung di Gunung Omeh Koto Tinggi

Bukittinggi - Keberadaan RRI Bukittinggi mengudara, Selasa, (14/1), tepat 74 tahun, untuk tidak bias di masyarakat...

Tabligh Akbar di Padang, Ustaz Abdul Somad Tiba dengan Moge Harley-Davidson

Tabligh Akbar di Padang, Ustaz Abdul Somad Tiba dengan Moge Harley-Davidson

PADANG - Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kedatangan dai sejuta umat Dr. Abdul Somad, LC. MA yang tengah...

Program Gelora Serambi Mekah, Pemko Padang Panjang Gelar Subuh Mubaraqah

Program Gelora Serambi Mekah, Pemko Padang Panjang Gelar Subuh Mubaraqah

PADANG PANJANG - Di Masjid Baitul Hikmah Kebun Sikolos, Kelurahan Kampung Manggis, para jemaah telah ramai memadati saf...

Antisipasi Bahaya Narkoba Kepada Generasi Muda, Polres Bukittinggi Berikan Penyuluhan

Antisipasi Bahaya Narkoba Kepada Generasi Muda, Polres Bukittinggi Berikan Penyuluhan

Bukittinggi - Penyalahgunaan narkoba saat ini semakin memprihatinkan, Polres Bukittinggi gelar penyuluhan bahaya...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media