Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Cegah Peredaran Narkoba di Lapaz, BNK Pariaman Lakukan Ini

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 09:50:52 WIB - 437
Cegah Peredaran Narkoba di Lapaz, BNK Pariaman Lakukan Ini
Walikota Pariaman (Ketua BNK) didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Pariaman saat meninjau pemeriksaan urine pegawai Lapas


PARIAMAN -- Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Pariaman bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pariaman kembali melakukan pemeriksaan tes urine kepada seluruh jajaran pegawainya, di Lapas IIB Karan Aur Pariaman, Jumat (11/10/2019).

"Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menepis isu masyarakat yang mengatakan bahwa Lapas Klas IIB Pariaman ini banyak terjadi transaksi barang-barang haram ini," ujar Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Wawako yang juga Ketua BNK Kota Pariaman ini juga menambahkan bahwa jika ingin membersihkan narapidana lapas dari narkoba maka kita harus dulu membersihkan staf pegawai lapas nya.

"Apabila ada staf yang terindikasi dalam narkoba ini tentu sangsinya kita serahkan kepada kepala lapas agar segera ditindak lanjuti," tegasnya.

"Pemeriksaan urine ini dilakukan secara mendadak karena kita ingin bagaimana narkoba di Kota Pariaman secara pelan-pelan tapi pasti harus dikikis habis, karena dapat mengganggu generasi dan merusak masa depannya," tambah dia.

Ia juga mengatakan petugas lapas harus sigap walau dengan personil terbatas bertanggung jawab untuk melihat secara kontiniu, apalagi sekarang sudah ada pemantauan melalui CCTV ini, antisipasi yang harus dilakukan.

Pemkot Pariaman juga memberikan dukungan terhadap wujudnya untuk memberantas narkoba ini, "Saya selaku Ketua BNK berkomitmen secara pelan-pelan melakukan pemeriksaan kembali supaya Kota Pariaman terhindar dari penyakit masyarakat semacam narkoba ini," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas IIB Pariaman, Pudjiono Gunawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika yaitu hari ulang tahun Kementerian Hukum dan HAM.

Selain itu, juga bertujuan untuk bisa melakukan pengecekan kepada seluruh pegawai Lapas IIB Pariaman agar bersih dari narkoba.

"Jika kita melihat pada tahun sebelumnya, alhamdulillah seluruh pegawai kita setelah diperiksa hasilnya negatif, kalau pun ada yang terindikasi positif itu ternyata yang bersangkutan sedang mengkonsumsi obat yang kandungan sesuai yang terdeteksi disana," ujarnya.

Ia mengatakan, sudah cukup tegas kepada seluruh pegawai lapas untuk dilakukan pemeriksaan, "Jika tidak hadir pada saat pemeriksaan kita akan antarkan ke BNK untuk dilakukan tes, semuanya harus melakukan tes tanpa terkecuali," pungkasnya.

Ia juga menambahkan, untuk pemeriksaan tes urine terhadap nara pidana masih keterbatasan alat, "Kita hanya melakukan sampling kepada nara pidana yang dicurigai mengkonsumsi narkoba, bagi yang terindikasi positif akan kita beri sangsi dan ditunda hak-haknya," tutupnya. (Erwin)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,pariaman,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Murid Taman Kanak - Kanak se Kota Padang Panjang Peragaan Manasik Haji

Murid Taman Kanak - Kanak se Kota Padang Panjang Peragaan Manasik Haji

PADANG PANJANG - Prosesi manasik haji tidak hanya dilakukan umat Islam berusia dewasa, murid Taman Kanak - Kanak (TK)...

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

PARIAMAN -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M mendukung penuh Peringatan Hari...

Mahyeldi Rombak 30 Pejabat di Pemko Padang, Ini Alasannya

Mahyeldi Rombak 30 Pejabat di Pemko Padang, Ini Alasannya

PADANG -- Sedikitnya 30 pejabat eselon III dan IV serta kepala sekolah di Pemerintahan Kota Padang, dilantik dan...

Tradisi Makan Bajamba adalah Identitasnya Orang Minangkabau

Tradisi Makan Bajamba adalah Identitasnya Orang Minangkabau

...

Asril Inspirator Program Pro Kota Hijau, Serahkan Bibit Buah-Buahan Produktif

Asril Inspirator Program Pro Kota Hijau, Serahkan Bibit Buah-Buahan Produktif

BUKITTINGGI -- Dinamika yang terjadi kini, Kota Bukittinggi belakangan ini sudah banyak pencemaran udara dari...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media