Saturday, 18 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Payakumbuh

Tandem Edarkan Sabu-Sabu, Ayah dan Anak Diringkus Satnarkoba Polres Payakumbuh

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 10:00:57 WIB - 1020
Tandem Edarkan Sabu-Sabu, Ayah dan Anak Diringkus Satnarkoba Polres Payakumbuh
Dua tersangka pengedar dan pemakai narkoba jenis sabu-sabu, AJ dan AL berstatus Ayah dan Anak dibekuk aparat Satresnarkoba Polres Payakumbuh, Sabtu (12/10) dini hari


PAYAKUMBUH -- Tim Buru Sergap Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh berhasil menciduk empat tersangka pengedar dan pemakai narkoba jenis sabu-sabu. Dua diantaranya, malah berstatus Bapak dan Anak yang tandem menjual Sabu-Sabu.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Doni Setyawan mengatakan, penggerebekan sekaligus penangkapan empat tersangka pengedar dan pemakai narkoba jenis sabu-sabu itu berhasil dilakukan anggotanya kurun waktu satu malam. "Ke empat tersangka diciduk anggota pada dua lokasi (TKP) berbeda," kata AKBP Doni Setyawan kepada wartawan, Sabtu, (12/10/2019) pagi.

Menurut Kapolres, penangkapan keempat tersangka dipimpin langsung Kasat Resnarkoba, Iptu Desneri didampingi KBO Satreskoba, Iptu Rika Susanto, Kanit I, Aipda. Supriyadi "Ed" Dahlan serta Dantim Buser Narkoba, Bripka JM Pasaribu.

Keempat tersangka dibekuk setelah Polisi (Tim Opsnal-red) menerima laporan masyarakat terkait maraknya peredaran Narkoba jenis sabu-sabu di kawasan Payakumbuh Timur. Dari informasi tersebut, Polisi melakukan penyelidikan hingga melakukan operasi penggerebekan di sebuah rumah di Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh Sabtu, (12/10) pukul 01.00 WIB dini hari.

Di rumah tersebut Polisi mengamankan dua orang warga berinisial BK (33) dan RE (40) yang sama-sama berprofesi sebagai Sopir. Tidak saja menggeledah BK, pemilik rumah dan RE, Polisi juga memeriksa sejumlah orang yang tengah berada dirumah itu. Hanya saja petugas tidak ditemukan barang bukti narkoba.

Sementara, BK dan RE saat digrebek tengah berada di sebuah kamar tengah mengkonsumsi Narkoba jenis sabu-sabu. Karena tidak bisa melarikan diri, keduanya hanya bisa pasrah. "Dari penangkapan itu juga berhasil diamankan sejumlah barang bukti, alat hisap, plastik serta narkoba jenis sabu-sabu sisa pakai," ujar Iptu Deneri menambahkan.

Kepada Polisi, tersangka BK mengakui mendapatkan barang haram tersebut dari seorang pengedar berinisial AR panggilan Jii. Aparat pun kemudian melakukan "pancingan" guna melakukan transaksi dengan sang bandar. Karena tak menduga yang menghubunginya adalah tersangka BK yang telah dibekuk polisi, AR mengamini permintaan BK untuk mengantarkan narkoba jenis sabu-sabu.

Namun pesanan BK tersebut tidak diantar oleh AR, melainkan diantar oleh seorang remaja berinisial AI (20). Pengkapan AL berlangsung sengit. Polisi yang melakukan pengintaian sempat berupaya meloncat dari kendaaran saat berpapasan dengan AI yang berjalan kaki.

Akibatnya, salah seorang anggota Opsnal Satreskoba harus mengalami luka di bagian kaki. Adapun AR yang merupakan mamak (paman-red) dari AL kini masih berstatus buron. AI yang hanya tamat kelas 2 SMA itu mengaku, perintah untuk mengantarkan sabu-sabu dilakukan oleh AR melalui sambungan telpon.

Sebab malam sebelumnya, satu paket sabu-sabu satu telah diserahkan oleh ayahnya AJ (42) kepadanya untuk dijual. "Saya dihubungi Pak I, untuk mengantarkan pesanan sabu-sabu kepada seseorang. Narkoba itu sebelumnya diberikan oleh ayah saya," ungkap AI saat menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Mapolres Payakumbuh, Sabtu pagi.

Begitu menciduk AI, sekitar pukul 04.00 WIB di Kelurahan Tiakar dengan barang bukti dua paket Narkoba jenis sabu-sabu siap edar itu. Tim Opsnal kemudian bergerak ke Gedung GOR Kubu Gadang yang bersebelahan dengan Kantor Dinas PU Kota Payakumbuh.

Di salah satu ruangan GOR tersebut Polisi membekuk AJ, yang merupakan orang tua AI, sekaligus kakak kandung dari AR. Hingga kini, keempat tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Payakumbuh, sementara AR diketahui berhasil melarikan diri. (aking)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,payakumbuh,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Keluyuran Saat Jam Pelajaran, 7 Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP

Keluyuran Saat Jam Pelajaran, 7 Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP

PADANG - Kasat Pol PP Padang Alfiadi membenarkan adanya tujuh orang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan...

Pimpin Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana dan Operasi Aman Nusa II 2020, Wabup Pasaman Katakan Ini

Pimpin Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana dan Operasi Aman Nusa II 2020, Wabup Pasaman Katakan Ini

PASAMAN - Wakil Bupati H.Atos Pratama menjadi Inspektur Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana dan Operasi Aman Nusa II Tahun...

KPU Pasaman Akan Rekrut 60 PPK, Ini Jadwal Pendaftarannya

KPU Pasaman Akan Rekrut 60 PPK, Ini Jadwal Pendaftarannya

LUBUK SIKAPING - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

Sadis, Anak Bunuh dan Mutilasi Ayah di Tanah Datar, Mayat Korban Diseret ke Tepi Jalan Raya

Sadis, Anak Bunuh dan Mutilasi Ayah di Tanah Datar, Mayat Korban Diseret ke Tepi Jalan Raya

TANAH DATAR - Pembunuhan sadis dengan cara mutilasi sontak membuat warga Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar...

Inilah Motif Pembunuhan Wanita Cantik dalam Rumah Kontrakan di Payakumbuh

Inilah Motif Pembunuhan Wanita Cantik dalam Rumah Kontrakan di Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Kasus pembunuhan seorang wanita cantik di rumah kontrakan di Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media