Thursday, 21 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Wujudkan Visi, Pemda Tanah Datar Gelar Kegiatan Waqaf 1.000 Hafiz

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:18:42 WIB - 418
Wujudkan Visi, Pemda Tanah Datar Gelar Kegiatan Waqaf 1.000 Hafiz
Bupati Irdinansyah saat Waqaf 1.000 Hafiz ke-4 di halaman Istano Basa Pagaruyung, Minggu (13/10/2019).


TANAH DATAR - Allah SWT menjamin kemuliaan Al-quran dan mengangkat derajat bagi yang belajar dan mengajarkannya. Umat Islam pun diserukan mengagungkan kalam ilahi untuk mendapatkan keberkahan dari Al-quran baik di dunia maupun di akhirat.

Keberkahan ini yang dicita-citakan pemerintah daerah Tanah Datar melalui visinya, yaitu "Tanah Datar yang madani dalam nilai-nilai Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK)". Tanah Datar pun ingin menjadi negerinya para hafiz Quran.

"Kegiatan Waqaf 1.000 Hafiz sebagai salah satu bentuk pengejawantahan visi tersebut, dengan melahirkan hafiz dan hafizah di Tanah Datar Luhak Nan Tuo sesuai cita-cita menjadikan Tanah Datar kabupaten tahfiz," sampai Bupati Irdinansyah saat Waqaf 1.000 Hafiz ke-4 di halaman Istano Basa Pagaruyung, Minggu (13/10/2019).

Dikatakan bupati, mendorong anak-anak menjadi hafiz umpama menanam benih unggul yang akan disemai hasilnya nanti.

"Program pembinaan Alquran khususnya tahfiz di Tanah Datar selama 3 tahun terakhir sudah membuahkan hasil, Tanah Datar untuk pertama kalinya menjadi Juara Umum pada MTQ Nasional ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat," ungkap bupati.

"Lima dari sembilan cabang yang memperoleh peringkat satu berasal diraih dari cabang Hifzil Quran, ini membuktikan program rumah tahfiz meningkatkan kualitas para hafiz di Tanah Datar," jelas bupati seraya menyebutkan jumlah rumah tahfiz sudah 167 buah dari 6 buah di awal pemerintahan Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma.

Bupati menyampaikan hasil luar biasa ini akan dinikmati bersama sepanjang masa hingga akhirat nanti.

"Terima kasih guru, pembina rumah tahfiz, orang tua dan para donatur, mudah-mudahan program ini bisa berlanjut dan meningkat kualitas dan kuantitasnya dari tahun ke tahun, kepada orang tua jangan khawatir waktu anaknya belajar akan terganggu karena menghafal alquran, yakinlah dengan menghafal alquran meningkatkan kecerdasan anak," tekan bupati lagi.



Di kesempatan itu diluncurkan program e-tahfiz sebagai sarana data dan informasi pengembangan tahfiz di Tanah Datar. Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kabiro Bina Mental dan Kesra Syafruddin memberi apresiasi Tanah Datar sebagai pelopor program tahfiz dan secara konsisten mendorong lahir para hafiz.

"Program ini sejalan dan mendukung program pemerintah provinsi menjadi Sumatera Barat yang madani dalam nilai ABS-SBK," ucap Syafruddin.

KH. Yusuf Mansur dalam tausiahnya, dia merasa bangga dan terharu dengan program waqaf 1.000 hafiz.

"Belum ada di daerah lain selain di Tanah Datar acara tahfiz quran dilaksanakan semeriah ini, menujukkan tinggi kecintaan kepada Alquran, dan juga membanggakan tadi ada ananda Maryam Syakira Suki baru berusia 3 tahun sudah hafal 1 juz," ungkap Ustadz Yusuf Mansur.

"Yakinlah kehormatan yang diterima hafiz hari ini luar biasa dan akan lebih luar biasa ketika para hafiz dimuliakan Allah SWT di akhirat nanti, para hafiz akan membaca alquran di hadapan Allah SWT disaksikan para malaikat dan nabi," terangnya lagi.

Suasana haru dirasakan hadirin saat pengalungan mahkota oleh para hafiz kepada orang tuanya masing-masing seperti janji Allah SWT orang tua akan menerima mahkota dari anaknya yang hafiz Quran.


Di kesempatan acara yang dihadiri Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Forkompinda, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah, Ketua DWP Kabupaten Ny. Rina Irwandi dan tamu undangan lainnya juga diserahkan reward umrah kepada 11 hafiz terbaik dan reward studi banding internasional untuk 3 orang dan penyerahan piagam kepada 1.000 hafiz se Kabupaten Tanah Datar.

Peserta Waqaf 1.000 hafiz adalah anak berusia 12 tahun ke bawah sebanyak 1.000 orang diseleksi dari 2.251 peserta. Selain itu juga diseleksi para hafiz 3 juz ke atas dengan peserta 739 orang dan dinyatakan lulus 163 orang yang kemudian dipilih lagi menjadi 11 orang terbaik sesuai tingkatan untuk diberi reward umrah dan 3 orang terbaik untuk studi banding internasional. (Humas/romeo)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: reliji,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pecatur Ruby Tamono asal Sumbar Raih Emas Porwil Bengkulu 2019

Pecatur Ruby Tamono asal Sumbar Raih Emas Porwil Bengkulu 2019

...

KPU Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Mentawai Pada Pemilu 2019

KPU Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Mentawai Pada Pemilu 2019

MENTAWAI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan evaluasi pencalonan anggota DPRD Mentawai...

Peserta Kejuaraan Futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I Membludak

Peserta Kejuaraan Futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I Membludak

BUKITTINGGI -- Puluhan tim futsal se-Sumatera Barat, Pekanbaru dan Kota Bukittinggi sendiri berdatangan mendaftar untuk...

Wakil Wali Kota Padang Sampaikan Nota Penjelasan 3 Ranperda, Ini Kata Ketua DPRD Padang

Wakil Wali Kota Padang Sampaikan Nota Penjelasan 3 Ranperda, Ini Kata Ketua DPRD Padang

PARIWARA DPRD KOTA PADANG -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengajukan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam...

Putera Terbaik Polres Bukittinggi Meninggalkan Semuanya Untuk Selamanya

Putera Terbaik Polres Bukittinggi Meninggalkan Semuanya Untuk Selamanya

BUKITTINGGI -- Kapolres Bukittinggi, AKBP. Iman Pribadi Santoso, mengatakan secara pribadi dan atas nama instansi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media