Saturday, 23 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pendidikan

21 Ahli Madya Keperawatan Akper Aisyiyah Padang Wisuda, Ini Pesan Direktur dan Ketua PWA Sumbar

Selasa, 15 Oktober 2019 - 12:08:38 WIB - 2
21 Ahli Madya Keperawatan Akper Aisyiyah Padang Wisuda, Ini Pesan Direktur dan Ketua PWA Sumbar
Wisuda akper Aisyiyah Padang 2019, Selasa (15/10)


PADANG -- Akademi Keperawatan Aisyiyah Padang menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda dan Pengambilan Sumpah 21 Ahli Madya Keperawatan angkatan ke XVII tahun 2018/2019, di Ballroom Pangeran Beach, Selasa, (15/10/2019).

Hadir dalam kegiatan, Kabid SDK Dinkes Sumbar Dr Lila Yanmar, Perwakilan PPNI Sumbar, Evi Sasmita, Kasubag Sarana dan Prasarana Rahmi, Ketua BPH Syarlinawati Akbar, Direktur Akper Aisyiyah Padang Prof. Hanifa Maani serta Civitas Akademika Akper dan orangtua wisudawan/wisudawati.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Dra Hj. Meiliarni Rusli berharap para wisudawan dan wisudawati dapat melanjutkan pengabdian ke masyarakat.

"Mereka ini telah menyelesaian pendidikan di Akper ini sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan," ujarnya.

Saat ini lanjut Meiliarni Akper Aisyiyah Padang sudah terakreditasi B. "Tahun ini Akper Aisyiyah Padang bertekad menjadi politekhnik dengan penambahan prodi," jelasnya

Menurut Bunda Meiliarni target menjadi polteKes tersebut seiring tuntutan pendidikan yang lebih baik lagi ke depannya.

"Kami harapkan dukungan dan support kepada Aisyiyah Sumbar dalam mewujudkan masyatakat Islam sebenar-benarnya melalui pengembangan Akper Aisyiyah Padang menjadi Politekhnik," tuturnya.

Akper Aisyiyah sebagai salahsatu dari 8 Perguruan Tinggi Aisyiyah (PTA) yakni AKBID Aisyiyah Pontianak, Poltekes Aisyiyah Banten, STIKES Aisyiyah Bandung, STIKES Aisyiyah Palembang STIKES Aisyiyah Surakarta, STKIP Aisyiyah Riau dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta, akan terus berkomitmen mengembangam kualitas pendidikan yang lebih baik di Sumbar.

Direktur Akper Aisyiyah Padang, Prof Hanifah Maani memiliki harapan kepada wisudawan/wisudawati untuk dapat mengabdi dan bekerja di masyarakat.

Dijelaskan Hanifah Akper Aisyiyah Padang memiliki visi agar selalu kompeten dan unggul dalam asuhan keperawatan melalui promosi kesehatan yang berdaya saing nasional tahun 2025 serta aktif mengamalkan nilai-nilai Islam Kemuhammadiyahan ditengah masyarakat.

Menurut Hanifah Akper Aisyiyah Padang yang sudah berdiri 19 tahun ini sudah mewisuda angkatan ke XVII telah meluluskan 596 alumni yang sudah tersebar di instansi swasta dan pemerintah.

"Mahasiswa yang saat ini masih aktif menjalani proses belajar dan belajar di Akper Aisyiyah sebanyak 59 orang, terdiri dari tiga kelas," ujarnya.

Dalam kesempatan ini pula, Hanifah menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan di Akper Pangkalpinang.

Begitupula kepada orangtua, Hanifah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah menitipkan anak-anaknya untuk menempuh pendidikan di Akper Aisyiyah Padang.

Sementara itu Kepala Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (Dikti) Wilayah 10 di Sumbar, Riau dan Jambi, Rahmi mengemukakan wisuda bukan merupakan terminal. Namun dengan wisuda ini dapat dijadikan momentum untuk lebih maju lagi, baik kepada wisudawan-wisudawati yang mau bekerja atau mandiri di bidang Entreprenur.

"Mahasiswa Akper Aisyiyah maupun bagi lulusan untuk selalu optimis dan berfikiran positif untuk menatap masa depan," ujarnya.

Bahkan Rahmi memberikan motivasi kepada mahasiswa Akper maupun alumninya untuk meraih kesempatan. Karena persaingan ke depan tidak hanya persaingan nasional, tapi juga dalam persaingan internasional.

"Anak-anak harus siap dan memiliki bekal agar dapat mengambil kesempatan tersebut," kata Rahmi.

Ia juga mengingatkan agar Akper Aisyiyah dapat meningkatkan kompetensi dosen.

Kebutuhan tenaga perawat memang diperlukan, lanjutnya, lulusannya banyak harus ada kompetensi tambahan, tidak masuk instansi pemerintah saja juga swasta membutuhkan tenaga keperawatan.

Pada kesempatan tersebut, Rahmi juga mengimbau agar pelaksanaan proses belajar di Akper terus ditingkatkan di setiap sektornya.

Sekretaris PW Muhammadiyah Sumbar, Drs Nurman Agus mengharapkan dengan wisuda ini bisa memperkuat alumni serta mengabdi melayani masyarakat. "Terus belajar baik di kehidupan di masyarakat atau di dalam akademik, menguasai kompetensi perawat, menjadi insan yang bermental baja, ikhlas bekerja serta ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dan diamalkan di masyarakat dan menjunjung tinggi nama baik almamater dan menjaga nama baik Muhammadiyah Aisyiyah," pesannya.

Nurman Agus mengemukakan agar wisudawan dan wisudawati jangan terlena terhadap apa yang sudah diraih sehingga melupakan hal penting untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Dari 21 lulusan Akademi Keperawatan Aisyiyah Padang Tahun 2018/2019 ada 3 wisudawati lulusan terbaik yaitu Fitri Efriyanti IPK 3,96, Neli Suryani IPK 3, 93, dan Putri Gusmala Sari IPK 3,80

Prosesi wisuda Akper angkatan ke XVII, dilakukan langsung Direktur Akper Aisyiyah Padang, Prof Hanifah Maani mengawali dengan membuka Sidang Senat Terbuka Wisuda dan Pengambilan Sumpah Ahli Madya Keperawatan angkatan ke XVII tahun 2018. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: muhammadiyah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sekjen TPO Asia Pasific: Pariaman Milliki Budaya yang Unik

Sekjen TPO Asia Pasific: Pariaman Milliki Budaya yang Unik

PARIAMAN -- "Saya lihat potensi pariwisata pariaman luar biasa. Apalagi iklim alamnya yang merupakan sumber...

Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Terima Penghargaan Kategori Most Inspiring Women of the Year 2019

Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Terima Penghargaan Kategori Most Inspiring Women of the Year 2019

JAKARTA -- Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Menerima Penghargaan Kategori Most Inspiring Women of the Year 2019 pada...

Raih Dua Penghargaan Prestasi Dari Polda Sumbar dan KPAI, Kapolres: Berat Menjaga nya

Raih Dua Penghargaan Prestasi Dari Polda Sumbar dan KPAI, Kapolres: Berat Menjaga nya

PAYAKUMBUH - Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik. MH, terima penghargaan prestasi di lingkungan Polda Sumatera...

Kepala BNPB Kunjungi Monumen Merpati Perdamaian yang Terancam Abrasi

Kepala BNPB Kunjungi Monumen Merpati Perdamaian yang Terancam Abrasi

PADANG -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (TNI) Doni Monardo mengunjungi Monumen Merpati...

Pecatur Ruby Tamono asal Sumbar Raih Emas Porwil Bengkulu 2019

Pecatur Ruby Tamono asal Sumbar Raih Emas Porwil Bengkulu 2019

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media