Thursday, 21 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Jagalah Jempolmu dari Hal Negatif, Selalu Saring sebelum Sharing

Kamis, 17 Oktober 2019 - 05:58:39 WIB - 322
Jagalah Jempolmu dari Hal Negatif, Selalu Saring sebelum Sharing
Wakil Sekretaris Bidang Komunikasi, Informasi dan Telekomunikasi PW Pemuda Muhammadiyah Sumbar


Oleh Nurrahmat, SH, S, KOM -- Hoax atau berita bohong sejak dulunya sudah sangat dikenal, biasanya berita bohong atau disebut kabar burung sangat mudah diterima masyarakat awam bahkan sejak zaman rasulullah dan produksi hoax di Indonesia massive hingga di era digital ini salahsatunya disebabkan politik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoaks atau hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber. Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Menurut Silverman (2015), hoax adalah sebagai rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, namun dijual sebagai kebenaran. Menurut Werme (2016), hoax adalah berita palsu yang mengandung informasi yang sengaja menyesatkan orang dan memiliki agenda politik tertentu. Hoaks bukan sekedar misleading alias menyesatkan, informasi dalam fake news juga tidak memiliki landasan faktual, namun disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta.

Kegiatan berselancar di dunia maya menjadi hal yang sangat sering dilakukan bagi kebanyakan orang. Saat membuka gerbang ke dunia maya, ada satu hal yang harus ada dibenak diri kita. Yakni tidak semua hal yang Anda baca di internet itu benar. Alasannya cukup sederhana, ada begitu banyak informasi atau berita palsu bertebaran atau hoax. Hal itu terjadi karena informasi sangat mudah untuk disebarkan di internet. Kata hoax adalah berasal dari Bahasa Inggris dan kini kerap muncul di berbagai media.

Media penyebaran hoax internet pertama yang diketahui adalah via email Saat ini, hoax adalah kabar palsu yang sering muncul di internet dan memiliki tujuan untuk menyebarkan kepanikan dan ketakutan massal. Kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Masyarakat Anti Fitnah dan Hoax Indonesia (Mafindo) menyatakan isu politik paling banyak dijadikan bahan berita palsu. Berita palsu soal politik yang beredar selama Juli sampai September 2018 sebanyak 58,7 persen. Disusul oleh isu agama dan penipuan sebesar 7,39 persen, dan isu lalu lintas 6,96 pesen.

Masyarakat Indonesia saat ini umumnya senang berbagi informasi. Dibarengi dengan perkembangan teknologi digital yang penetrasinya hingga berbagai kalangan, peredaran informasi menjadi kian sulit terbendung.

Kalau tidak hati-hati, pengguna dunia maya atau netizen dapat dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut. Bahkan malah bisa ikut menyebarkan hoax, yang tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah. Anda perlu mewaspadai kabar hoax yang wajib diketahui. Berikut kabar hoax yang Perlu Diwaspadai

1. Hoax Virus
Hoax jenis ini biasanya dikembangkan oleh hacker dan melakukan penyebarannya lewat email atau aplikasi chatting. Hoax jenis ini biasanya berisi tentang adanya virus berbahaya di komputer atau smartphone Anda yang sebenarnya tidak terinfeksi.

2. Hoax Urban Legend
Banyak orang yang suka membuat hoax soal cerita urban legend seram tentang tempat, benda, atau kegiatan tertentu. Hoax jenis ini biasanya menghimbau netizen untuk tidak mengunjungi, membeli, atau melakukan hal yang telah disebutkan pembuat hoax tadi. Hoax jenis ini dapat berimbas negatif pada si objek kabar hoax, seperti mulai dijauhi sampai nilai ekonomisnya menurun. Sekilas hoax ini mirip dengan black campaign.

3. Hoax dapat Hadiah Gratis
Hoax satu ini modusnya mirip dengan penipuan online. Oknum akan mengirimkan pesan boradcast atau pop-up message berisikan pengumuman pemberian hadiah gratis. Di sini, memang korban jarang ada yang mengalami kerugian uang, namun mereka tertipu dengan mengisi survei-survei internet untuk iklan. Dampak negatif akan semakin besar apabila si korban tidak sengaja menggunakan email kantor atau email utama untuk mendaftarkan diri di survei tersebut. Jika terjadi, maka email-email iklan dipastikan mengalir deras dan susah untuk dihentikan.

4. Hoax tentang Kisah Menyedihkan
Hoax satu ini berupa surat yang berisikan tentang kabar dari seseorang yang tengah sakit dan membutuhkan dana guna operasi atau obat. Hoax jenis ini biasanya menggunakan foto dari Google demi mendapatkan simpati. Oknum dari penyebar hoax ini turut menyertakan nomor rekening agar korban yang tertipu bisa mengirimkan beberapa jumlah uang.

5. Hoax Kirim Pesan Berantai
Pengguna aktif aplikasi chatting WhatsApp atau BBM, pasti sering mendapat pesan untuk melanjutkan pesan ke beberapa teman lain dengan berbagai alasan. Biasanya, pesan tersebut tentang mendapat hadiah tertentu atau mengalami hal buruk jika tidak mengirimkannya.

6. Hoax Pencemaran Nama
Sifat hoax ini sangat berbahaya. Karena dari berita palsu bisa dengan mudah tersebar di dunia maya dan mampu menghancurkan hidup seseorang dalam sekejab.

Dampak Negatif yang Timbul Akibat Hoax

1. Pengalihan Isu
Di dunia maya, khususnya bagi para penjahat siber, hoax dapat digunakan untuk memuluskan aksi ilegal mereka. Penjahat siber diketahui sering menyebar hoax soal adanya kerentanan sistem di sebuah layanan internet, misalnya Google Gmail.

Nah, di dalam pesan hoax tadi, hacker bisa saja menyertakan tautan tertentu yang disarankan untuk diklik agar terhindar dari kerentanan sistem Gmail tadi. Padahal, tautan tadi justru berisi virus yang bisa membajak Gmail Anda.

2. Penipuan Publik
Selain kehebohan, ada jenis hoax yang dibuat untuk mencari simpati dan uang. Di Indonesia sendiri, kabar hoax yang banyak menipu publik beberapa waktu lalu adalah pesan pembukaan pendaftaran CPNS nasional yang dikirim lewat WhatsApp. Setelah ramai tersebar, barulah pemerintah mengklarifikasi bila pihaknya belum akan membuka pendaftaran CPNS.

3. Pemicu Kepanikan Publik
Berita bencana alam atau kejadian pada suatu transportasi kerap dijadikan bahan untuk menyebarkan kabar hoax. Hal ini merupakan salah satu tujuan hoax yang paling banyak diminati oleh oknum pembuat kabar hoax, memicu terjadinya kepanikan publik. Untuk menghentikan kepanikan, biasanya media massa atau media online harus membantu masyarakat dan mengklarifikasi bila kabar-kabar tadi hanya hoax

4. Buang-buang Waktu dan Uang
Menurut perhitungan pada situs cmsconnect.com, membaca kabar hoax dapat menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi individu atau kantor tempat Anda bekerja. Hal ini terjadi berkat produktivitas yang menurun akibat efek mengejutkan dari kabar hoax.

Bagi perusahaan, kerugian yang biasa dikeluarkan minimal mencapai Rp 10 juta per tahun. Sementara individu bisa mencapai Rp 200 ribu per tahun. Semua ini bisa terjadi bila setiap pekerja menghabiskan waktu 10 detik per hari untuk membaca email atau pesan hoax.

5 Langkah Sederhana Identifikasi Kabar Hoax dan Kabar Asli

1. Hati-hati dengan judul yang Provokatif
Kabar hoax kerap menggunakan judul yang sensasional dan provokatif. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, yang diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki dari pembuat kabar hoax.

2. Cermati Alamat Situs
Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs yang dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi, misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan. Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs yang mengklaim sebagai portal berita.

3. Periksa Fakta
Anda perlu memperhatikan dari mana kabar yang didapatkan. Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri. Sebaiknya Anda jangan mudah cepat percaya apabila informasi yang berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.

4. Cek Keaslian Foto
Di era teknologi digital saat ini , bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat kabar palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.

5. Ikut Serta ke Dalam Grup Diskusi Anti Hoax
Di Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.

Cara Melaporkan Kabar Hoax
Jika Anda menemukan kabar hoax, untuk mencegah agar kabar tersebut tidak tersebar bisa melaporkan kabar hoax tersebut melalui sarana yang tersedia pada masing-masing media.

Media sosial Facebook, dapat menggunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening atau kategori lain yang sesuai. Jika banyak aduan dari pengguna, Facebook akan menghapus status tersebut.

Untuk Google, Anda bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung kabar palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.

Kemudian, bagi pengguna internet Anda dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Penulis adalah Wakil Sekretaris Bidang Komunikasi, Informasi dan Telekomunikasi PWPM Sumbar dan juga PEMRED MinangkabauNews

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,opini,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pelatihan Sadar Wisata, Inilah Pesan Kadis Pariwisata dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt Rajo Lelo

Pelatihan Sadar Wisata, Inilah Pesan Kadis Pariwisata dan Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt Rajo Lelo

PADANG -- Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar pelatihan sadar wisata bagi warga dan kelompok sadar wisata...

Tingkatkan Skill, Disnakertrans Kabupaten Bengkalis Buka Pelatihan Juru Las

Tingkatkan Skill, Disnakertrans Kabupaten Bengkalis Buka Pelatihan Juru Las

BENGKALIS -- Sebanyak 16 orang warga Talang Mandi mengikuti pelatihan juru las di Balai Latihan Kerja (BLK) Jalan Pipa...

KPU Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Mentawai Pada Pemilu 2019

KPU Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Mentawai Pada Pemilu 2019

MENTAWAI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan evaluasi pencalonan anggota DPRD Mentawai...

100 Pelaku Wisata Ikuti Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Praktisi Pariwisata

100 Pelaku Wisata Ikuti Pelatihan Pengembangan Sadar Wisata di Padang, Ini Kata Praktisi Pariwisata

PADANG -- Tingkatkan SDM pelaku pariwisata, Dinas Pariwisata Sumbar menggelar Pelatihan peningkatan dan pengembangan...

Insiden Tenggelamnya Kapal Wisata, Polisi Periksa Pihak Dinpar Hub Pariaman

Insiden Tenggelamnya Kapal Wisata, Polisi Periksa Pihak Dinpar Hub Pariaman

PARIAMAN -- Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengatakan, untuk kasus tenggelamnya kapal di perairan Pulau Angsoo...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media