Saturday, 23 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

IAIN Batusangkar Sikapi Cara Umat Islam Berkontribusi Nyata

Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:51:52 WIB - 504
IAIN Batusangkar Sikapi Cara Umat Islam Berkontribusi Nyata
Wakil Rektor bidang admistrasi umum Dr. Marjoni Imamora, m, Sc. Saat pembukukaan BIC IV 2019.


TANAH DATAR - Program Pascasarjana IAIN Batusangkar Melalui "Batusangkar International Conference" (BIC-4) Sikapi Cara Umat Islam Berkontribusi nyata di Era Digitalisasi Sebagai Bentuk Mewujudkan Peradaban Modern, dalam konsep Revolusi 4.0 dan society 5.0, Senin (14/10/2019) kemarin.

Bic-4 dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang administrasi umum dan keuangan Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, mengatakan dalam usaha pengembangan pemikiran untuk ikut memberikan kontribusi aktif menemukan solusi yang sistematis, akademis terhadap berbagai permasalahan generasi bangsa, di antaranya mencari format yang tepat dan efektif dalam segala problematika khususnya dalam bidang peradaban Islam terutama dalam konsep Revolusi 4.0 dan society 5.0.

lebih lanjut Marjoni menyampaikan, kehadiran para pakar dari berbagai negara, baik sebagai Participant, Presenter apalagi sebagai Keynote Speaker dari kalangan para Pendidik, Peneliti, Akademisi, Mahasiswa Pascasarjana, untuk berpartisipasi dalam konferensi Internasional ke-4, maka diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tema International Conference, yaitu Building Modern Islamic Civilization Through 4.0 Industrial Revolution and 5.0 Society Era.

"Kami menyadari bahwa untuk mencapai mimpi besar untuk menuju kepada Perguruan Tinggi yang Integratif dan Interkonetif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global, yang tertuang dalam Visi IAIN Batusangkar itu semua tidak mudah, maka pimpinan IAIN Batusangkar memandang bahwa Batusangkar International Conference (BIC) sangat strategis mengikat perkembangan zaman saat ini," kata Marjoni.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar Dr. H. Syukri Iska, M.Ag menyebutkan kenapa Batusangkar Internasional Conference yang dinamakan dalam kegiatan tahunan di Pascasarjana IAIN Batusangkar, dan agenda tahunan ini yang telah terlaksana ke 4 kalinya.

"Mengingat Batusangkar kota kecil yang berjarak 100 KM dari ibukota Provinsi karena itu dengan memberi label Batusangkar yang notabene IAIN Batusangkar berada di kota ini, maka saya berharap nama Batusangkar akan ikut terpromosikan, sehingga semoga lebih dikenal secara nasional maupun Internasional," ucap Syukri.

Tentang BIC-4 ini dibandingkan dengan dengan BIC 1,2,3 ada sedikit nuansa berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, karena pelaksanaan BIC-4 ini diselengarakan bekerjasama pertama kali dengan Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) Wilayah Sumatera Barat, lanjut Syukri.

"Transformasi digital telah mengubah berbagai kebiasaan dan tatacara kehidupan masyarakat, dengan itu tidak bisa dihindari instrumen aktifitas masyarakat dengan berbagai kemajuan teknologi informasi, terutama tingkat aksi kehidupan manusia secara tradisional atau manual, dengan kemajuan teknologi terbesut begitu cepat beralih mengunakan media online, akibat itu semua nyaris nilai-nilai moral dan akhlak dalam kehidupan tersudutkan," katanya.

Lebih lanjut syukri mengatakan, Informasi serba instan selalu tersedia dalam satu genggaman, bahkan dengan satu klik saja Via Smartphone, maka seseorang sudah dibawa dan pergi kemana-mana dalam angkasa Informasi dengan satu klik.

"Suasana peralihan tersebut masyarakat Islam harus mengetahui bagaimana kita menyikapi segala perubahan tersebut, inilah salah satu pertimbangan kami untuk menetapkan dan membahas menjadi tema utama dalam BIC-4 ini," tutup Syukri. (pede/hms)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pendidikan,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Raih Dua Penghargaan Prestasi Dari Polda Sumbar dan KPAI, Kapolres: Berat Menjaga nya

Raih Dua Penghargaan Prestasi Dari Polda Sumbar dan KPAI, Kapolres: Berat Menjaga nya

PAYAKUMBUH - Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik. MH, terima penghargaan prestasi di lingkungan Polda Sumatera...

Kenali Lebih Dalam Tentang Riba di Indonesia, Si Lintah Darat yang Menjerat Umat Islam

Kenali Lebih Dalam Tentang Riba di Indonesia, Si Lintah Darat yang Menjerat Umat Islam

Oleh: Astri Simbolon, R. Rama Muamar Rifki, Ferry Irawan, Lesgawati Purwonegoro dan M. Mifta Salhindra Dizaman...

Ribuan Pengunjung Meriahkan Grand Opening TdS 2019 di Pantai Gandoriah

Ribuan Pengunjung Meriahkan Grand Opening TdS 2019 di Pantai Gandoriah

PARIAMAN -- Grand opening Tour de Singkarak tahun 2019, Ribuan pengunjung membludak di kawasan Pantai Gondariah...

Jonel Carcueva Taklukan Kelok 44 di Etape V Tour de Singkarak 2019

Jonel Carcueva Taklukan Kelok 44 di Etape V Tour de Singkarak 2019

PAYAKUMBUH -- Pembalap Filipina Jonel Carcueva, berhasil menaklukkan "rute pambantaian" etape V iven Sport...

Kunjungi Pameran Sumbar Expo di Medan, Ini Kata Wawako Pariaman

Kunjungi Pameran Sumbar Expo di Medan, Ini Kata Wawako Pariaman

PARIAMAN -- Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, beserta istri, mengunjungi pameran Sumbar Expo, serta mencoba...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media