Saturday, 06 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Diskusi Literasi Media dan Deklarasi Anti Hoax di Padang

Kamis, 17 Oktober 2019 - 19:08:19 WIB - 554
Diskusi Literasi Media dan Deklarasi Anti Hoax di Padang
Diskusi dan deklarasi insan media dan warganet Kota Padang, Kamis (17/10).


PADANG - Puluhan warganet kota Padang menggelar diskusi media bersama warganet di Kafe Kuring, Taman Palem Jl Pancasila No 14, Padang, Sumatera Barat, Kamis, (17/10/2019) siang.

Kegiatan tersebut bertajuk "Peran Media Menangkal Hoax Demi Suksesnya Program Pembangunan 5 Tahun ke depan". Para peserta berkomitmen melawan hoax dan bersama-sama mendukung program pembangunan nasional ke depan. Dalam kegiatan tersebut insan media juga melakukan deklarasi gerakan melawan hoax.

Ketua Pelaksana, Hafyz Marshal mengatakan, acara ini sebagai bentuk komitmen dan penghargaan kepada Media akan peran nya yang positif di masyarakat demi suksesnya program pembangunan Nasional.

"Kami patut menyampaikan rasa terima kasih kepada rekan pers, termasuk media online yang telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan berkomitmen mensukseskan berbagai agenda nasional seperti salah satunya dalam waktu dekat ini yaitu lancarnya pelantikan Presiden Jokowi yang terpilih secara demokratis konstitusional, untuk itu insan media diharapkan mampu meredusir hoax yang marak serta ciptakan keadaan kondusif dijagad media tanpa kehilangan fumgsi utama media itu sendiri sesuai kode etiknya," kata Hafyz, Kamis, (17/10/2019).

Selanjutnya, Kabiro Humas Pemprov Sumatera Barat, Jasman Rizal mengatakan bahwa melawan radikalisme harus dilakukan bersama media dan masyarakat.

"Kami dari Pemprov (Sumbar) mengajak masyarakat agar memfilter berita, hoax dan radikalisme tidak boleh ada di Sumbar, bersama Warga Sumbar siap menangkal berita hoax," kata Jasman kepada peserta diskusi.

Sementara itu dari Insan media, Pimpinan Redaksi MinangkabauNews, Nurrahmat mengatakan Ada lima langka sederhana identifikasi kabar hoax dan kabar asli.

"Mulai dari hati-hati dengan judul yang provokatif, cermati alamat situs, periksa fakta, cek keaslian foto, ikut serta ke dalam grup diskusi anti hoax," ucapnya yang juga turut hadir sebagai narasumber Divisi Pengembangan Romi Marthianus.

Dijelaskannya, kalau menemukan kabar hoax, untuk mencegah agar kabar tersebut tidak tersebar bisa melaporkan kabar hoax tersebut melalui sarana yang tersedia pada masing-masing media. Media sosial Facebook, dapat menggunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening atau kategori lain yang sesuai. Jika banyak aduan dari pengguna, Facebook akan menghapus status tersebut.

Ia juga mengingatkan akan bahaya penyebaran hoax.

"Gara-gara hoax dapat memasukan kamu ke penjara, jaga jempolmu jangan sampai hoax bisa memecah belah persatuan bangsa," ujar Rahmat.

Senada dengan Rahmat, Divisi Pengembangan MinangkabauNews Romi Martianus mengatakan, insan media di Sumatera Barat siap dan solid dengan pemberitaan tanpa hoax.

"Insan Pers di Sumatera Barat solid untuk menjaga pemberitaan yang benar, dan media harus menjadi garda terdepan melawan hoax dan radikalisme," ujar Romi.

Adapun Influencer sosial media dan generasi milineal Rafi Iskandarsyah akan mendukung agenda nasional pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Kita dukung pelantikan presiden terpilih secara konstitusional," kata Rafi.

Dirinya juga mengajak generasi milineal Sumatera Barat agar siap berkorban demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dan pada saat yang bersamaan, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal mengimbau dan mengajak masyarakat lawan hoax dan radikalisme.

"Pada saat ini saya mengimbau kepada masyarakat kita untuk melawan hoax dan radikalisme demi persatuan kesatuan bangsa dan negara kita," tegas Irjen Pol Fakhrizal.

Selain pemaparan diskusi, para peserta juga mendeklarasikan Gerakan melawan hoax demi suksesnya pembangunan dan berbagai agenda nasional kedepan yang berisi sebagai berikut,

PERTAMA, siap menjaga Persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar 1945.

KEDUA, siap mengawal demokrasi dan program pembangunan Nasional 5 Tahun kedepan dengan menyampaikan capaian keberhasilan pembangunan yang dilakukan guna menyebarkan semangat optimisme bangsa demi kemajuan negara serta tidak akan menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian atas dasar SARA maupun informasi provokatif di media publik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

KETIGA, siap bersinergi dan gotong royong dengan masyarakat agar tetap berpegang prinsip ideologi Pancasila, Keutuhan NKRI, kebhinekaan dan konstitusional dengan tidak memberi ruang dan hasutan propaganda negatif yang dapat memprovokasi masyarakat dan memecah belah bangsa. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: hukum,indonesia,metro,nasional,pos-polisi,sosial

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Isu Bantuan Dibagi Merata Itu Tidak Benar

Isu Bantuan Dibagi Merata Itu Tidak Benar

Oleh : Firdaus Firman Baru-baru ini di salah satu media diberitakan pernyataan salah seorang pemangku kepentingan...

Sejukkan Suasana, Beberapa Tokoh Agama Jalin Silahturahmi Terhadap Polres Mentawai

Sejukkan Suasana, Beberapa Tokoh Agama Jalin Silahturahmi Terhadap Polres Mentawai

MENTAWAI - Redamkan suasana, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Inteligensi Kristen Indonesia (PIKI) Kepulauan...

Kerja Keras Berbuah Manis, Relawan Covid-19 Kota Solok Dapat Paket Sembako

Kerja Keras Berbuah Manis, Relawan Covid-19 Kota Solok Dapat Paket Sembako

KOTA SOLOK -- Pepatah Minangkabau mengatakan, "Jariah Manantang Buliah" atau dalam bahasa Indonesia dimaknai...

Incumbent Menawan, Incumbent Rawan

Incumbent Menawan, Incumbent Rawan

Oleh: Nursandy Syam, Manager strategi dan operasional Jaringan Suara Indonesia (JSI) Pemilihan kepala daerah...

Gawat! Kerusuhan di AS Menggila, Jenderal Perang Terganas Ini Mendadak Muncul di Gedung Putih

Gawat! Kerusuhan di AS Menggila, Jenderal Perang Terganas Ini Mendadak Muncul di Gedung Putih

INTERNASIONAL - Sosok paling berpengaruh di militer Amerika dan terkenal paling ganas di dunia mendadak muncul di...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu