Thursday, 21 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Abdul Sohar, Warga Bukittinggi Hidupkan Keluarganya Dengan Hasil Kerajinan Soulvenir

Jumat, 18 Oktober 2019 - 23:35:22 WIB - 10343
Abdul Sohar, Warga Bukittinggi Hidupkan Keluarganya Dengan Hasil Kerajinan Soulvenir
Muhammad Dendi Habibti anak Abdul Sohar pengrajin kerajinan kayu (Ist)


BUKITTINGGI -- Pahit getirnya kehidupan bak mengarungi samudera dengan perahu sampan, inilah kehidupan keluarga Abdul Sohar bersama isterinya Eva dan dua orang anaknya dalam satu rumah sangat sederhana di sudut Kota Bukittinggi, tepatnya di jalan PDRI nomor 131 RT 02 RW 03 Kelurahan Koto Selayan Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Rumah Abdul Sohar dengan dinding kayu dan atap seng yang juga dijadikan sanggar kerajinannya dengan nama "Sanggar Karya Kerajinan Kayu", Ia bersama keluarga telah puluhan tahun menekuni usaha membuat berbagai bentuk kerajinan dari kayu, bambu dan acrelik untuk dijadikan cinderamata (soulvenir). Contohnya, miniatur Jam Gadang, Rumah Gadang, hiasan lampu rumah maupun kamar, dan lainnya.

Ketika wartawan MinangkabauNews singgah di sanggar karya kerajinan ini, Abdul Sohar sedang memberikan pelatihan di Kabupaten Tanah Datar, dan bertemu dengan Eva isteri Abdul Sohar serta anaknya Muhammad Dendi Habibti dan ditemani Ade Risdianto Dt.Kuniang ketua Rukun Warga 03 Kelurahan Koto Selayan Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Lebih lanjut Eva yang juga pandai dalam memijat kesehatan dan membantu ibu melahirkan, menjelaskan sepak terjangnya dalam kehidupan membuat kerajinan kayu. Dalam membuatnya membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar hasilnya maksimal untuk menjaga kualitas hasil kerajinan.

"Alhamdulillah telah ratusan hasil karya yang terjual di dalam negeri maupun dipesan dari negara Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam," ungkap Eva pada MinangkabauNews, Jumat (18/10/2019).

Jika dilihat sepintas, memang menghasilkan banyak pendapatan, tapi dibalik itu kekurangan yang didapat, sebab untuk penjualan di luar negeri itupun mengikuti pameran-pameran, biaya transportasi pulang pergi dan tempat tinggal serta makan dan lainnya dalam tempo yang cukup lama sekitar 1 bulan dengan biaya sendiri dan tanpa adanya bantuan dana dari instansi Pemerintah setempat dan pihak-pihak terkait.

Begitupun bahan baku dan perlengkapan peralatan untuk pembuatan kerajinan, dibelinya dengan biaya sendiri tanpa adanya bantuan dana dari instansi Pemerintah setempat dan pihak-pihak terkait. Tapi dalam menjalankan usaha, keluarga Abdul Sohar tidak patah semangat, meyakinkan kepada Allah yang akan memberikan jalan keluarnya.

Sementara itu Muhammad Dendi Habibti anak Abdul Sohar didampingi ibunya, Eva dan ketua Rukun Warga 03 menceritakan keluh kesah kisahnya dalam kehidupan. Dari sejak sebelum memasuki sekolah, kedua orangtuanya sudah menjalankan usaha kerajinan ini. dan meningkat memasuki sekolah dasar Dendi pun ikut membantu usaha orangtuanya.

Sejak di sekolah menengah pertama hingga kini hampir menamatkan pendidikan di Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, karena usaha orangtuanya kembang kempis dalam meniti usaha, Dendi mencari uang sendiri dari menjadi guru, kerja di kafe, restoran dan juga berdagang.

Selanjutnya diceritakan Dendi, secara jujur dikatakannya kesulitan yang dialami kini masalah bahan baku yang cukup lumayan mahal harganya, dan tidak sesuai dengan harga jual hasil kerajinan yang dibuatnya. Sehingga pendapatan sangat minim sekali. Sekiranya dapat bantuan dana dari instansi terkait untuk pembeli bahan baku, maka pendapatan akan memadai untuk kehidupan. Dan jika ada pelatihan dan sejenisnya mengenai manajemen, Ia tertarik untuk mengikutinya, ungkap Dendi.

Sedangkan ketua Rukun Warga 03, Ade Risdianto Dt.Kuniang, merasa bangga ada warganya yang sebagai pengrajin kayu membuat berbagai bentuk kerajinan untuk soulvenir, bahkan orang luar negeripun memesannya. Ade Risdianto akan menjadikan kawasan ini menjadi kawasan wisata kerajinan soulvenir, sehingga akan mendapatkan pendapatan Kelurahan khususnya dan Kecamatan serta Kota Bukittinggi umumnya, pungkas Ade Risdianto. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Duel Dua Angkot di Padang Hingga Tabrakan, 3 Penumpang Shok dan Satu Penumpang Luka Ringan

Duel Dua Angkot di Padang Hingga Tabrakan, 3 Penumpang Shok dan Satu Penumpang Luka Ringan

PADANG -- Angkot orange jurusan lubuk buaya-pasar raya plat BA 1193 tabrakan dengan angkot jurusan Siteba-Pasar...

Beri Motivasi, Inilah Pesan Mahyeldi kepada ASN Bappeda Padang

Beri Motivasi, Inilah Pesan Mahyeldi kepada ASN Bappeda Padang

PADANG -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Padang meningkatkan motivasi seluruh SDM. Hal itu terkait...

Kejari Bukittinggi Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Kosmetik Ilegal

Kejari Bukittinggi Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Kosmetik Ilegal

BUKITTINGGI -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi musnahkan barang bukti narkotika, kosmetik tanpa izin edar,...

Pengendara Dibawah Umur di Alahan Panjang Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Pengendara Dibawah Umur di Alahan Panjang Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

SOLOK -- Laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal kembali terjadi di wilayah hukum Polres Kabupaten Solok...

Mewaspadai Aksi Kekerasan Jelang HUT OPM

Mewaspadai Aksi Kekerasan Jelang HUT OPM

Oleh : Sabby Kosay Organisasi Papua Merdeka (OPM) bukanla nama baru di bumi Cenderawasih. Jelang 1 Desember yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media