Sunday, 29 Mar 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Disini Lokasi Air Terjun yang Memiliki Spot Terbaik di Pasaman

Minggu, 20 Oktober 2019 - 12:14:52 WIB - 1157
Disini Lokasi Air Terjun yang Memiliki Spot Terbaik di Pasaman
Air Terjun Sari Bulan Guguang di Daerah Kampung Guguang, Jorong Siparayo Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari Pasaman, Pasaman, Sumatera Barat.


PASAMAN - Jika anda menyukai pemandangan indah sekaligus dapat menikmatinya secara langsung, pesona Air Terjun Sari Bulan Guguang adalah spot terbaik. Air terjun ini berada di Daerah Kampung Guguang, Jorong Siparayo Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari Pasaman, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Letaknya yang tersembunyi membuat air terjun ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Namun, jangan salah keindahan Air Terjun Sari Bulan patut disandingkan dengan air terjun lain yang ada di Nusantara Tercinta.

Udara yang segar dan suasana asri akan menyambut Anda di gelora caracai yang memiliki wahana tujuh tingkat ini.

Air Terjun Sari Bulan Guguang mempunyai dimensia keindahan berbeda, terlihat seperti pada tingkat empat, memiliki air terjun besar dengan dua sisi air terjun yang lebih kecil berada di kanan dan kiri. Tepat dibawah Air Terjun Sari bulan terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara alami dan sebenarnya inilah yang membuat air terjun ini menjadi sangat eksotis. Dengan airnya yang sangat jernih dan tenang membuat anda bisa merasa aman untuk berselfie ria serta bermain air.

Hamparan keindahan akan memanjakan mata Anda sesampainya disana. Air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air, mulai dari berendam atau hanya sekedar berbasah-basahan. Walaupun diameternya tidak terlalu luas yaitu sekitar 200 meter, tetapi Anda tidak akan bosan dengan pemandangan eksotis yang ada disana.

Keindahan formasi air terjun yang sangat indah menjadi daya tarik utama. Tempat ini juga cocok bagi Anda berjiwa petulang karena jalan menuju air terjun memang terkadang cukup sulit. Dari lokasi parkir kendaraan terakhir, lanjutkan perjalanan menuju pos jaga sekitar beberapa kilo dengan berjalan kaki. Tiba di sana Anda akan mendengar senandung nyanyian hamparan percik air nan menggairahkan jiwa.

Perjalanan melewati jalan menurun dan tanjakan yang menjadi khas bukit barisan berasa otot-otot pada raga anda mulai bekerja. Tak perlu khawatir, perjalanan yang dilalui ini cukup aman karena trek tersebut sudah biasa dilewati masyarakat yang berkebun. Menyusuri jalanan rimba asri membelah semak serta barisan pepohonan hijau dengan kicauan burung tentu membuat perjalanan melelahkan sekaligus menyenangkan.

Hamparan hutan yang rimbun dan hijau ternyata menyimpan keindahan tersendiri. Tak jauh dari sana Anda akan menemukan surga tersembunyi berupa air terjun yang masih asri dan sangat alami. Sepanjang mata memandang tumbuhan menjalar di antara bebatuan.

Hal ini seolah memisahkan air terjun menjadi dua bagian. Arusnya memang tak begitu deras seperti air terjun lainnya, namun keistimewaan air yang jatuh melewati bebatuan diantara tanaman yang menjalar memiliki daya tarik tersendiri.

Bila berangkat dari Pasar Malampah, Anda akan menempuh perjalanan selama 2,5 jam. Cari saja teman atau masyarakat disana yang sudah pernah menapaki surga dunia tersebut. Ikuti gerak jalan tapak kaki sang sahabat untuk sampai menemukan arah tujuan menuju air terjun Sari Bulan Guguang. Yang penting sabar dan jangan banyak tingkah agar badan terasa enjoy dan fresh.

Air Terjun Sari Bulan Guguang terletak di daerah kaki Gunung Pasaman dan kisaran 10 kilometer dari pusat pasar malampah. Dengan ketinggian yang mencapai 35 meter, Sari Bulan Guguang menjadi satu-satunya air terjun di Kabupaten Pasaman yang memiliki tingkat keasrian yang luar biasa indah.

Namun hingga kini, air terjun yang berpotensi menjadi wisata tersebut masih belum tersentuh oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Nagari. Meski sudah banyak para waterfall lovers yang menjajaki air terjun ini, Namun akses jalan menuju keindahan duniawi itu memang terasa sedikit berat.

"Insya Allah, untuk tahun 2020, kita rencanakan pengembangan wisata dan akan kita coba perlahan-lahan bersama masyarakat agar bahu membahu memperbaiki jalan menuju Air Terjun Sari Bulan Guguang," ujar Afriyanto selaku Kaur Pemerintah di PemNag. Malampah (20/10/2019).

Komunitas Pecinta Wisata Pasaman (KPWP) dan team sudah menjajaki serta meninjau langsung kondisi pesona Air Terjun Sari Bulan Guguang beberapa hari lalu.

"Perjalanan dari Lubuk Sikaping ke Pasar Malampah sekitar 1 jam, dari Pasar Malampah ke Guguang (Daerah terakhir yg bisa dilalui kendaraan Roda 2 biasa) Sekitar 20-30 menit. Dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan tanah Sekitar 1 Jam sampai ke pinggiran hutan, selanjutnya memasuki hutan perawan sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan dengan kemiringan tanah antara 45 derajat selsius, bahkan di beberapa tempat dengan kemiringan sampai 60 derajat selsius untuk sampai ke Air Terjun Sari Bulan Tingkat dua. Kawan dari Lubuak Sikaping yakni Marfal Julian, Tour Guidenya adalah Hendra Yunus, Edho dan Ridho yang merupakan warga Guguang," ujar Ketua KPWP, Fredi Kurniawan kepada Minangkabaunews.com.

Air terjun ini memiliki air yang segar dan cukup bersih lantaran langsung dari pegunungan. Para pengunjung dapat menikmati sensasi air terjun tersebut saat pagi maupun sore hari.

Selain itu, kelestarian Air Terjun Sari Bulan Guguang juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Air terjun itu pun boleh dibilang masih "perawan". (M. Afrizal)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pariwisata,pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dianiaya Ayah Kandung dan Ibu Tiri, Bocah 10 Tahun di Limapuluh Kota Alami Luka Bakar

Dianiaya Ayah Kandung dan Ibu Tiri, Bocah 10 Tahun di Limapuluh Kota Alami Luka Bakar

LIMAPULUH KOTA - Pasangan suami istri palaku penganiayaan terhadap anak di bawah umur diamankan polisi. Pelaku bernama...

Cegah Covid-19, Seluruh Ruangan di Balaikota Pariaman Didesinfektan

Cegah Covid-19, Seluruh Ruangan di Balaikota Pariaman Didesinfektan

PARIAMAN - Cegah penyebaran virus corona, Pemerintah Kota Pariaman lakukan penyemprotan desinfektan di seluruh ruangan...

Miris, Tenaga Medis Diusir Warga Karena Takut COVID-19, Begini Nasib Mereka Sekarang?

Miris, Tenaga Medis Diusir Warga Karena Takut COVID-19, Begini Nasib Mereka Sekarang?

NASIONAL - Sejumlah perawat dan dokter yang merawat pasien virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP),...

Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 1 Orang

Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 1 Orang

PADANG -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatera Barat bertambah satu orang, Jumat (27/3/2020). Pasien...

Muhammadiyah Tidak Larang Salat Berjemaah di Masjid Tapi Kalau Sakit Lebih Baik Salat di Rumah

Muhammadiyah Tidak Larang Salat Berjemaah di Masjid Tapi Kalau Sakit Lebih Baik Salat di Rumah

JAKARTA -- Menyikapi issue yang berkembang Muhammadiyah melarang Salat Jumat dan slat berjemaah di Masjid, Sekum PP...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu