Friday, 15 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Peringatan Hari Santri 2019, Ini Pesan Wali Kota Genius Umar

Minggu, 20 Oktober 2019 - 18:15:42 WIB - 379
Peringatan Hari Santri 2019, Ini Pesan Wali Kota Genius Umar
Peringatan hari santri digelar di Mesjid Raya Kampung Baru Pariaman


PARIAMAN -- Peringati Hari Santri ke V Tahun 2019, Kemenag Kota Pariaman menggelar Tabligh Akbar di Mesjid Raya Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Minggu Shubuh (20/10/2019).

Hari Santri merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

"Pengakuan terhadap kiprah ulama dan santri tidak lepas dari Resolusi Jihad yang dikumandangkan Hadlaratus Syeikh KH. Hasyim Asyari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama, pada 22 Oktober 1945 yang lampau," ungkap Genius Umar ketika memberikan sambutanya.

Lanjutnya, umat Islam dan ulama, jauh sebelum itu juga sudah berjuang untuk mengusir penjajah, sehingga negara kita berhasil mendapatkan kemerdekaan sampai saat ini.

Genius Umar juga menyebutkan bahwa Pemko Pariaman telah menggalakan di setiap Desa/Kelurahan untuk melaksanakan kegiatan MDTA, MDTW dan MDTU, selain itu juga ada satu desa satu penyuluh agama, yang dikelola oleh Kemenag Kota Pariaman.

"Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan keislaman di tengah masyarakatnya, karena itu banyak program di bidang keagamaan penunjang untuk itu".

"Kita juga setuju dengan usulan dari Kakan Kemenag Kota Pariaman tadi, dimana selama ini umat membangun mesjid, sekarang kita balik, Mesjid membangun umat, sehingga ekonomi akan meningkat, dan masyarakat lebih sejahtera", tangkasnya.

Sambungnya, melalui Tabligh Akbar peringatan Hari Santri kali ini, kiranya dapat menjadi momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia. "Sesuai dengan tema Hari Santri tahun 2019 Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia Selamat Hari Santri," tutur Walikota Pariaman ini.

Sementara itu Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Pariaman, M. Nur mengatakan bahwa Hari Santri diadakan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober 2015.

"Hari Santri merujuk pada keluarnya Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Resolusi Jihad adalah seruan ulama dan santri yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela kedaulatan Tanah Air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia", jelasnya.

Untuk umat, Kemenag Kota Pariaman akan berupaya terus meningkatkan keimanan masyarakatnya, seperti dengan satu desa satu penyuluh agama.

"Kita juga sedang merancang bagaimana mesjid menjadi penyokong ekonomi umat, di mesjid raya Kampung Baru ini, akan kita jadikan pilot projek untuk itu",ulasnya

Acara dihadiri juga oleh Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arm Heri Pujiyanto dan unsur Forkopimda. (war)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: daerah,pariaman,reliji,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Jelang Pilbup Pasbar, Rusdan Nasution Daftar ke DPD Gerindra Pasbar

Jelang Pilbup Pasbar, Rusdan Nasution Daftar ke DPD Gerindra Pasbar

PASAMAN BARAT - Sejumlah elemen masyarakat mendaftarkan Kolonel CAJ Purn. Rusdan Nasution MA,p ke DPD Partai Gerindra...

Puluhan Remaja di Padang Terjaring Razia Pekat, Kondom dan Tisu Magic Turut Diamankan

Puluhan Remaja di Padang Terjaring Razia Pekat, Kondom dan Tisu Magic Turut Diamankan

PADANG - Puluhan remaja diamankan tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perizinan, Dinas Pariwisata dan...

KPU Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Mentawai Pada Pemilu 2019

KPU Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Mentawai Pada Pemilu 2019

MENTAWAI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai lakukan evaluasi pencalonan anggota DPRD Mentawai...

Edarkan Sabu 57,5 gram, DS Warga Bengkalis Dikerangkeng Jeruji Besi

Edarkan Sabu 57,5 gram, DS Warga Bengkalis Dikerangkeng Jeruji Besi

BENGKALIS -- Diduga edarkan sabu, tim opsnal Reskrim Polsek Mandau menangkap pria berinisial DS pengedar sabu 57.9 gram...

Peringati HAN 2019, Bupati Berharap Pasbar Menjadi Kabupaten Layak Anak Kategori Madya di Tahun 2020

Peringati HAN 2019, Bupati Berharap Pasbar Menjadi Kabupaten Layak Anak Kategori Madya di Tahun 2020

PASAMAN BARAT - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diartikan sebagai titik awal bagi bangsa dalam mempersiapkan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media