Friday, 15 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

TP PKK Bersama Dinas DP3APPKB Bukittinggi Gelar Parenting Pra Nikah Dan Penyuluhan Perkawinan

Senin, 21 Oktober 2019 - 21:48:26 WIB - 291
TP PKK Bersama Dinas DP3APPKB Bukittinggi Gelar Parenting Pra Nikah Dan Penyuluhan Perkawinan
Peserta parenting pranikah foto bersama dengan ketua TP PKK Kota Bukittinggi (Ist)


BUKITTINGGI -- Dalam berumah tangga tidak semudah yang dibayangkan sebelumya, ibarat kata agar selamat berlayar menuju pulau, kita harus pandai mengemudikan perahu, membuka layar, melihat arah angin dan membaca situasi. Tidak dapat dipungkiri dalam perjalanan itu ada badai atau petir atau gelombang yang tinggi di tengah lautan yang membuat kandas atau tenggelam di tengah lautan.

Ini disampaikan ketua TP PKK Kota Bukittinggi Yesi Endriani Ramlan Nurmatias saat membuka acara parenting pranikah dan penyuluhan perkawinan, yang didampingi Ketua Wakil Ketua Hj.Khadijah, ketua Darma Wanita Kota Bukittinggi, Kepala dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), perwakilan LKAM Kota Bukittinggi dan Camat Mandiangin Koto Selayan.

Lebih lanjut dipaparkan Yesi Endriani untuk mencapai kebahagian yang ada, kita perlu modal keimanan agama yang kuat, kesabaran, modal penerimaan yang gigih, karena memang setelah menikah tentu banyak hal-hal yang akan kita temukan seperti hal-hal yang menggoda keimanan dan lainnya.

Dalam parenting ini narasumber akan memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi peserta yang hadir.
Yesi Endriani pun menyampaikan bagaimana persiapan dari anak-anak peserta ini yang akan melakukan pernikahan, sehingga berharap menjadikan perkawinan sakinah, mawadah dan sakinah.

"Pernikahan itu tidak hanya kebutuhan biologis saja, melainkan harus mengerti tentang sunah rasul yang akan disampaikan narasumber dari Kemenag, begitu juga mengenai tatanan adat yang disampaikan dari LKAAM," ucap Yesi Endriani Ramlan Nurmatias.

Sementara itu Kasi PUG PP Bidang Kualitas Keluarga DP3APPKB Kota Bukittinggi, Nini Rahmi,SKM mengatakan parenting pranikah dan penyuluhan perkawinan yang diadakan di aula kantor Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), berlangsung 2 hari, Senin (21/10/2019) dan Selasa (22/10/2019) diikuti sebanyak 50 orang dari Kelurahan-Kelurahan di MKS dengan peserta pasangan calon atau calon pengantin yang akan menikah dalam 6 bulan kedepan, dan warga yang baru menikah dalam 1 atau 2 tahun.

Selanjutnya dijelaskan Nini Rahmi, diadakan parenting ini dengan latar belakang rendahnya pengetahuan masyarakat tentang tata cara adat dalam melangsungkan pernikahan, tingginya angka perceraian, angka kematian ibu dan bayi masih ada, tingginya angka stunting, dan angka kesakitan masih tinggi.

Adapun tujuannya adalah menjadikan perkawinan sebagai penguat tali kekeluargaan, mempersiapkan calon pengantin menuju pernikahan yang sakinah, mawadah wa rahmah, menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga, mempersiapkan pengasuhan yang kuat dan mempersiapkan generasi yang sehat dan berkualitas.

Sebagai narasumber parenting adalah dari LKAAM Kota Bukittinggi, Kantor Kementrian Agama, Psikolog, Fasilitator parenting dan dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, masing-masing narasumber memberikan arahan-arahan sesuai dengan bidangnya, pungkas Nini Rahmi. (IwinSB)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Maknai Perjuangan Pahlawan Dengan Menjadi Guru Baik Bagi Anak Bangsa

Maknai Perjuangan Pahlawan Dengan Menjadi Guru Baik Bagi Anak Bangsa

PESISIR SELATAN -- Peringatan Hari Pahlawan bukan hanya diperuntukkan bagi pahlawan-pahlawan yang telah berjuang...

Penerimaan CPNS di Mentawai Menuai Protes, Mantan Ketua DPRD Mentawai Angkat Bicara

Penerimaan CPNS di Mentawai Menuai Protes, Mantan Ketua DPRD Mentawai Angkat Bicara

MENTAWAI -- Formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai di...

Anggota Polisi Tewas Dilindas Truk Tangki di Jalan Bukit Pulai Pessel

Anggota Polisi Tewas Dilindas Truk Tangki di Jalan Bukit Pulai Pessel

PESISIR SELATAN -- Seorang anggota Polres Pessel tewas dalam kecelakaan lalu lintas (laka lantas), Jumat, (01/11/2019)...

MAN 3 Padang Panjang Kembali Gelar LKPIP se-Sumatra

MAN 3 Padang Panjang Kembali Gelar LKPIP se-Sumatra

PADANG PANJANG -- Menyambut hari ulang tahun Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang Panjang Ke 24 tahun, Gugus depan...

Bupati Pasaman Serahkan Hadiah Bagi OPD Yang Kumpulkan Sampah Plastik Terbanyak

Bupati Pasaman Serahkan Hadiah Bagi OPD Yang Kumpulkan Sampah Plastik Terbanyak

LUBUK SIKAPING - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman yang ke-74 tahun 2019, Pemerintah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media