Wednesday, 15 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Pemko Pariaman Raih WTP Empat Kali Berturut-turut

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:25:26 WIB - 409
Pemko Pariaman Raih WTP Empat Kali Berturut-turut
Walikota Pariaman saat menerita WTP ke empat kalinya secara berturut-turut dari Kemeterian Keuangan RI (Ist)


PARIAMAN -- Walikota Pariaman Genius Umar, menerima penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia atas capaian standar tertinggi/WTP LKPD tahun 2018 yang di diperoleh Pemerintah Kota Pariaman.

Penyerahan Penghargaan Pemerintah RI ini, diberikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, R.M, Wiwieng Handayaningsih, yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Genius Umar mengatakan dengan diterimanya penghargaan WTP yang kali ke 4 (empat) secara berturut-turut ini, menunjukan laporan keuangan pemerintah Kota Pariaman, telah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh BPK RI dan Kementerian Keuangan RI.

"Alhamdulillah, sejak Tahun 2015, Pemerintah Kota Pariaman selalu mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, dan untuk LKPD 2018, merupakan yang Ke Empat secara berturut-turut," ungkapnya.

"Hal ini menunjukan keseriusan Pemerintah Daerah dalam menyajikan laporan keuangan yang transparan kepada masyarakat dan BPK, sehingga apa saja yang kita gunakan dengan menggunakan uang negara, dapat dipertanggung jawabkan secara terbuka," ujarnya lebih lanjut.

Penghargaan ini juga membuktikan keberhasilan Pemerintah Kota Pariaman dalam hal pengelolaan keuangan daerah. "Dengan capaian ini, kita berharap dapat terus meneruskan penerimaan Opini WTP di tahun-tahun berikutnya," tukasnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, R.M, Wiwieng Handayaningsih, mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan ini, baik penyajian LKPD maupun Opini WTP, hendaknya jangan hanya sebagai pajangan semata, tetapi harus mempunyai daya ungkit, untuk pembangunan di daerah.

"Dengan laporan keuangan yang baik, hendaknya kepala daerah dapat mengambil kebijakan yang cepat, tepat dan tuntas, sehingga penggunaan keuangan negara, benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat dan program pemerintah daerah," tukasnya.

Penerima WTP, nantinya akan diberikan Dana Insentif Daerah (DID), namun terlebih dahulu memenuhi dua kriteria penerima DID. "Kriteria pertama adalah kriteria daerah sebagai penentu kelayakan daerah penerima yang terdiri atas opini BPK atas LKPD, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK atas LKPD dan Penetapan Perda APBD tepat waktu.

"Yang kedua adalah kriteria kinerja yaitu kriteria penilaian terhadap kinerja daerah, terdiri dari Kesehatan Fiskal dan Keuangan Daerah, Pelayanan Dasar Publik Ekonomi dan Kesejahteraan," ungkapnya.

Saat ini perkembangan zaman sangat pesat, dengan dimulainya Revolusi Industri 4.0, kiranya perangkat OPD di lintas keuangan daerah, dapat memulai untuk itu. Dan kedepan semua Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tersebut, dapat disimpan di Big Data Pemda, sehingga dapat dibaca dan dilihat untuk tahun-tahun berikutnya, dan menjadi acuan dalam penyusunan LKPD, ulasnya mengakhiri.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Provinsi Sumbar, Ade Rohman, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sumatera Barat, Darwisman dan dibuka oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, serta dihadiri oleh 18 Bupati dan Walikota yang berasal dari Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Sumbar. (war/mc)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: padang-pariaman,pariaman

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sistem Shift, Pemkab Mentawai Akan Buka Sekolah Dengan Aturan Protokol Kesehatan

Sistem Shift, Pemkab Mentawai Akan Buka Sekolah Dengan Aturan Protokol Kesehatan

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat (Sumbar) Senin pekan depan akan memulai proses...

Nama Pemko Sering Dicatut untuk Kepentingan Pribadi, Ini Kata Prokomp Kota Solok

Nama Pemko Sering Dicatut untuk Kepentingan Pribadi, Ini Kata Prokomp Kota Solok

KOTA SOLOK -- Saat ini begitu mudahnya setiap orang untuk mengakses, membuat status, bahkan mencatut nama orang,...

Gawat! Nilai Iran Makin Songong dengan Senjata Nuklirnya, Amerika Siapkan Medan Perang

Gawat! Nilai Iran Makin Songong dengan Senjata Nuklirnya, Amerika Siapkan Medan Perang

INTERNASIONAL - Setelah sempat membuka pintu negosiasi, Iran justru mendapat ancaman serius dari Amerika Serikat....

Jembatan Penghubung Dharmasraya-Riau di Nagari Sopan Jaya Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Jembatan Penghubung Dharmasraya-Riau di Nagari Sopan Jaya Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

BENGKALIS -- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, meninjau progres pembangunan jembatan di Nagari Sopan...

Koreksi Data Corona Sumbar: Positif Covid-19 792 Menjadi 791 Orang, 661 Sembuh

Koreksi Data Corona Sumbar: Positif Covid-19 792 Menjadi 791 Orang, 661 Sembuh

PADANG -- Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19) Sumbar memperbaharui data jumlah...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu