Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Kabupaten Pasaman Kembali Raih WTP, Gubernur Sumbar Ingatkan Ini

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:29:24 WIB - 324
Kabupaten Pasaman Kembali Raih WTP, Gubernur Sumbar Ingatkan Ini
Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis saat menerima piagam penghargaan WTP yang diserahkan oleh Sekretaris Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, S.H.


PASAMAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman kembali menerima Penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia atas perolehan capaian standar tertinggi atau Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 dari Menteri Keuangan RI, Senin (21/10/2019).

Penghargaan tersebut diserahkan Sekretaris Dirjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, S.H kepada Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, pada acara penyerahan penghargaan capaian standar tertinggi terhadap LKPD th 2018 di Ballroom Hotel Pangeran Beach kota Padang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atas LKPD TA 2018, dinilai bahwa Pemkab Pasaman telah menyajikan informasi secara wajar dalam laporan keuangan, serta sesuai dengan kriteria yang digunakan BPK untuk memberikan opini terhadap kewajaran laporan keuangan.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof. DR. H. Irwan Prayitno S.Psi, M.Sc, menyampaikan selamat kepada kabupaten/kota yang memperoleh prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini.

"Opini WTP merupakan perwujudan pengelolaan keuangan daerah yang sehat. Opini WTP tidak semata- mata ditentukan cara penyajian laporan keungan yang berkualitas, namun juga harus ditopang efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai serta kepatuhan terhadap aturan perundang - undangannya," ucap Gubernur.

Irwan Prayitno berharap, pengelolaan anggaran di seluruh pemerintah daerah dapat terus dilakukan secara transparan dan akuntabel, sejak dari tahap perencanaan hingga pertanggungjawabannya.

"Diingatkan juga, ada empat hal yang tetap harus diperhatikan dalam pelaporan keuangan pemda, yakni pencatatan aset yang baik. Sumber daya manusia yang menguasai akuntansi, bantuan sosial dan hibah yang sesuai dengan peruntukannya, serta penguasaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) atau Inspektorat, terhadap materi sistem akuntansi pemerintahan yang baik", ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD Pemkab Pasaman atas kerja kerasnya mempertahankan kinerja yang sudah baik.

"Capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktek pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," ujar bupati.

Sementara, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Ade Rohman, M.Si menyebutkan bagi pemerintah daerah yang masih mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), merupakan tanggung jawab bersama.

"Bukan hanya tanggungjawab pemda bersangkutan, tetapi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pusat juga punya kewajiban ikut melakukan pembinaan, demi lebih sempurnanya pengelolaan keuangan daerah dimaksud," katanya.

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Sumbar H.Irwan Prayitno S.Psi, M.Sc, Bupati dan Walikota se Sumbar, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Ade Rohman, M.Si, Sekretaris Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, S.H. (Verdi)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

MAN 3 Padang Panjang Kembali Gelar LKPIP se-Sumatra

MAN 3 Padang Panjang Kembali Gelar LKPIP se-Sumatra

PADANG PANJANG -- Menyambut hari ulang tahun Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang Panjang Ke 24 tahun, Gugus depan...

Setelah Dirawat di RSI Siti Rahmah, AKBP Hendri Yahya Sudah Bisa Pulang Lakukan Pemulihan

Setelah Dirawat di RSI Siti Rahmah, AKBP Hendri Yahya Sudah Bisa Pulang Lakukan Pemulihan

MENTAWAI -- Mantan Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai AKBP Hendri Yahya SE di rawat di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah...

Duel Dua Angkot di Padang Hingga Tabrakan, 3 Penumpang Shok dan Satu Penumpang Luka Ringan

Duel Dua Angkot di Padang Hingga Tabrakan, 3 Penumpang Shok dan Satu Penumpang Luka Ringan

PADANG -- Angkot orange jurusan lubuk buaya-pasar raya plat BA 1193 tabrakan dengan angkot jurusan Siteba-Pasar...

Sikapi Pernyataan Bolehkan Salam Campuran Antar Agama, Inilah Bantahan Ilmiah Buya Gusrizal Gazahar

Sikapi Pernyataan Bolehkan Salam Campuran Antar Agama, Inilah Bantahan Ilmiah Buya Gusrizal Gazahar

PADANG -- Menyikapi Tulisan Viral bantahan terhadap imbauan MUI Jatim dan pernyataan dukungan dari Sekjen MUI Pusat Dr...

Avanza Remuk Dihantam KA Sibinuang di Pariaman

Avanza Remuk Dihantam KA Sibinuang di Pariaman

PARIAMAN - Satu unit Avanza warna hitam BA 1338 BA remuk dihantam kereta api Sibinuang di Simpang Empat Kampung Kaling...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media