Sunday, 29 Mar 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Ekonomi

Kembangkan Ekonomi Pesantren 4.0, Ini yang Dilakukan IPI

Selasa, 29 Oktober 2019 - 00:36:34 WIB - 851
Kembangkan Ekonomi Pesantren 4.0, Ini yang Dilakukan IPI
Ketum Dewan PP IPI Zaini Ahmad (foto: dok. Ist)


JAKARTA -- Meriahkan Hari Santri Nasional 2019, Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) bekerjasama dengan BBM Grup akan mengadakan acara "Gelaran Kebahagiaan Hari Santri 2019 Peran Nyata Pesantren Dalam Membangun Ekonomi Pesantren 4.0 melalui ipigrosir.com" di Pondok Pesantren Minhajurosyiddin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Senin, (28/10/2019).

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI), KH. Zaini Ahmad, mengungkapkan bahwa IPI tidak main-main dalam mendorong membantu peningkatkan peran pondok pesantren dalam menumbuhkan ekonomi pesantren kedepan," tuturnya kepada awak media di Jakarta, Senin (28/10).

Ia juga menjelaskan bahwa kedepan pondok pesantren harus mampu menguasai ekonomi yang berbasis pesantren makanya kita sudah siapkan perangkatnya yaitu smarty untuk digitalnya dan ipigrosir untuk konvensionalnya," jelasnya.

Gus Zaini sapaan akrabnya yang juga CEO-Founder BBM Grup ini berharap start-up yang digagas IPI dan BBM Grup ini, kedepan dapat menjadi motor peningkatan ekonomi pesantren dan umat sehingga pesantren dapat menopang ekonomi nasional makanya kita akan terus mendorong peningkatan SDM dan Manajemen tata kelola pesantren agar profesional," Imbuhnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Pasuruan, Jawa Timur ini juga menjelaskan bahwa di ipigrosir.com nanti di setiap Pondok Pesantren yang dibawah naungan IPI akan disiapkan perangkatnya oleh BBM Grup untuk memulai usahanya, sehingga ini bisa cepat berjalan dan dirasakan oleh masyarakat sekitaran pesantren,"ungkapnya.

Selain itu, Gus zaini juga meminta Kabinet Jokowi-Amin untuk kedepannya agar lebih memperhatikan rakyat kecil, karena masyarakat bawah banyak yang belum merasakan pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi.

"Kita juga berharap agar Jokowi-Amin untuk kedepannya agar lebih memperhatikan rakyat kecil karena masih banyak masyarakat belum merasakan pembangunan yang dilakukan Jokowi," pintanya.

IPI juga menghargai dan mendukung langkah Pemerintahan Jokowi-Amin dalam menyusun Kabinetnya dan IPI akan menjadi mitra kritis bagi pemerintah jika tidak berpihak kepada rakyat kecil.

"IPI mengapresiasi dan mendukung komposisi kabinet Pemerintahan Jokowi-Amin dan kita akan menjadi mitra kritis bagi pemerintah jika tidak berpihak kepada rakyat kecil," Tutup Gus Zaini.

Dalam kesempatan yang sama, Wibawa Prasetyawan, Executive Vice President Bank BRI mengatakan menyambut baik diluncurkannya ipigrosir.com. BRI memiliki kewajiban untuk mendukung secara finansial agar aktivitas dalam suatu ekosistem lebih maju.

"Kami berharap dan yakin akan menghasilkan sesuatu yang baik. Kami mempunyai kewajiban bagaimana suatu ekosistem menjadi sehat yang selalu dihiasi aliran barang dan jasa yang lancar didukung finansial yang lancar pula. Ini menjadi suatu komitmen dan tanggung jawab kami dengan keuntungan yang diraih oleh BRI untuk mengembalikan kepada ekosistem agar menjadi maju," terangnya .

Hal senada diungkapkan Sunny Prima Juwita, Head of Merchant Acquistion Faspay bahwa pihaknya merasa senang telah dipercaya oleh IPI untuk bekerjasama dalam pembayaran secara onlinenya. Faspay berupaya bagaimana bisa mengembangkan pesantren ditengah era digital ini.

"Terkait kerjasama ini, Faspay akan melakukan sosialisasi ke daerah-daerah untuk mengajak pesantren bergabung dengan ipigrosir.com," pungkasnya

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: ekonomi,indonesia

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tidak Patuhi SE Wako Solok, Pol PP Ciduk 42 Pelajar di Warnet

Tidak Patuhi SE Wako Solok, Pol PP Ciduk 42 Pelajar di Warnet

KOTA SOLOK -- Dinilai tidak patuhi Surat Edaran Walikota Solok terkait larangan beraktifitas diluar rumah, terutama...

Massa Mahasiswa di Padang Demo Tolak Omnibus Law

Massa Mahasiswa di Padang Demo Tolak Omnibus Law

PADANG -- Ratusan Massa mahasiswa gabungan universitas menggelar unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law,...

Inilah 15 Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19 di Sumbar

Inilah 15 Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19 di Sumbar

PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumbar telah menyiapkan 8 rumah sakit rujukan untuk menangani pasien covid-19. Hal...

Dampak Covid-19 Lemahkan Ekonomi Global, Walikota Pariaman Gelar Rapat Dengan Perbankan.

Dampak Covid-19 Lemahkan Ekonomi Global, Walikota Pariaman Gelar Rapat Dengan Perbankan.

PARIAMAN - Akibat penyebaran Virus Corona yang saat ini mewabah, perekonomian secara global akhirnya melemah, khususnya...

Gugus Tugas Penanganan Covid19 Dirikan Posko, Satpol PP Razia Warnet

Gugus Tugas Penanganan Covid19 Dirikan Posko, Satpol PP Razia Warnet

PADANG PARIAMAN - Gugus Tugas Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Padang Pariaman mendirikan posko tanggap...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu