Saturday, 18 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Tingkatkan Sarana dan Prasarana Dengan Baik, SMKN 1 Sutera Pessel Terus Berbenah

Selasa, 05 November 2019 - 11:41:19 WIB - 725
Tingkatkan Sarana dan Prasarana Dengan Baik, SMKN 1 Sutera Pessel Terus Berbenah
Perbaikan gedung serta pembenahan fasilitas SMK Negeri 1 Sutera Pessel seperti Perbaikan mobil, pemasangan CCTV, Instalasi listrik dan pengecetan gedung.


PESISIR SELATAN -- Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berbenah, dari segi pembangunan penunjang fasilitas proses belajar mengajar.

Sekolah yang telah berdiri semenjak 15 tahun silam ini tentunya banyak sejarah yang terukirkan, tidak mudah membangun dan mengembangkan sebuah sekolah tanpa adanya kerja keras dan pengawasan yang utuh serta kesungguhan dalam mengelolah.

Di ketahui SMK Negeri 1 Sutera mempunyai 4 Bidang Jurusan Keahlian di antaranya : Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Vidio (TAV), Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TKR) dan Akuntansi Keuangan.

Terdiri dari 23 robel, dengan jumlah siswa siswi mencapai 850 orang, luas sekolah lebih kurang 2.4 hektar.

Sekolah yang pernah di pimpin Oleh Ir. Yulhendri 5 Tahun silam dan baru melakukan pergantian kepala sekolah, 10 bulan berjalan sangat banyak mengalami perubahan dan kemajuan, diantaranya pembangunan sekolah yang semakin pesat.

SMK yang terletak di perkampungan ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena hasil pendidikan di sekolah ini bisa diuji untuk bersaing di luar dan siswa-siswinya siap kerja cerdas dan kompetitif.

SMK Negeri 1 Sutera Pessel saat ini di kepalai Lili Suryati, S.Pd. M.Pd.T yang sudah menjabat lebih kurang 10 bulan, dan kembali melakukan pembenahan-pembenahan.

Kali ini pengembangan di lakukan dengan melibat siswa-siswi beserta guru produktif dari program keahlian yang ada.

"Kita melibatkan siswa dan guru dalam pengembangan sekolah dengan tujuan agar mereka tahu apa yang mereka mau dari sekolah mereka, sekolah ibarat rumah kedua bagi siswa dan guru jadi mereka akan memikirkan bagaimana sekolah mereka nyaman dan indah sehingga membuat mereka merasa memiliki dan berkeinginan untuk menjaga dengan sepenuh hati, tutur Lili kepada MinangkabauNews.com, Selasa (5/11/2019).

Untuk membuat gedung sekolah serta ruangan yang nyaman, kita lakukan pembenahan dari setiap kegiatan renovasi, siswa-siswi kita libatkan dengan menerapkan keterampilan dan menerapkan ilmu serta keahlian yang mereka miliki, sebut Lili.

Adapun pembenahan yang sudah kita lakukan yakni pemasangan CCTV untuk seluruh gedung sekolah yang dilakukan oleh jurusan TAV, pemasangan dan perbaikan instalasi listrik untuk seluruh ruangan belajar oleh Siswa-siswi dari TITL, serta perbaikan mobil hibah dari Dinas Kesehatan oleh jurusan TKR, tutur Kepsek.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan Unit Produksi di sekolah dalam bentuk jasa, dan juga merupakan salah satu wahana bagi siswa dan guru dalam mengembangkan keterampilan yang di miliki melalui kegiatan praktik secara nyata dalam bentuk bisnis usaha produksi, sehingga dapat meningkatkan sumber daya sekolah, ujar Romi salah satu guru pendamping.

Adapun harapan kedepanya romi dan kawan-kawan sejawat dalam membimbing di sini adalah mendorong siswa dan guru dalam mengembangkan wawasan ekonomi dalam berwirausaha, kerena harapannya setelah lulus dari SMK ini mereka bisa menjadi pribadi yang mandiri dan siap dibutuhkan dilapangan pekerjaan/industri, sebutnya.

Kita berharap SMK Negeri 1 Sutera ini bisa bersaing secara global di dunia Industri, meningkatnya sarana dan prasarana sekolah dengan baik ke depan prestasi siswa siswi makin meningkat, karena untuk menghasilkan mutu pendidikan yang baik sarana dan prasarana semuanya harus mendukung, sebut Lili.(Tirman/Rahma)

Loading...
Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: painan,pendidikan,pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Terbunuhnya Jenderal Iran, PM Malaysia Serukan Negara Muslim Bersatu. Indonesia?

Terbunuhnya Jenderal Iran, PM Malaysia Serukan Negara Muslim Bersatu. Indonesia?

INTERNASIONAL - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menyerukan persatuan bagi negara-negara Muslim untuk...

Hendak Transaksi, Satresnarkoba Polres Mentawai Ringkus Dua Orang Pengedar Narkoba

Hendak Transaksi, Satresnarkoba Polres Mentawai Ringkus Dua Orang Pengedar Narkoba

MENTAWAI -- Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Kepulauan Mentawai berhasil menangkap dua orang pengguna...

Keluyuran Saat Jam Pelajaran, 7 Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP

Keluyuran Saat Jam Pelajaran, 7 Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP

PADANG - Kasat Pol PP Padang Alfiadi membenarkan adanya tujuh orang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan...

Dewa Budjana, Tri Utami dan Purwacaraka Akan Ramaikan Festival Pamalayu

Dewa Budjana, Tri Utami dan Purwacaraka Akan Ramaikan Festival Pamalayu

DHARMASRAYA - Para musisi nasional digaet Bupati Dharmasraya untuk meramaikan acara puncak festival pamalayu....

Anies Dituntut Mundur oleh Abu Janda Cs, Begini Respon Ahok

Anies Dituntut Mundur oleh Abu Janda Cs, Begini Respon Ahok

JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengklaim tak mengetahui rencana aksi...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media