Saturday, 18 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Milad ke-64, UMSB Adakan Beragam Kegiatan

Rabu, 06 November 2019 - 16:43:03 WIB - 675
Milad ke-64, UMSB Adakan Beragam Kegiatan
Dekan fakultas foto bersama Rektor UMSB Dr.Riki Saputra,MA saat pembukaan milad ke 64 UMSB


BUKITTINGGI -- Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di tahun 2019 ini genap berusia ke-64 bertema "To The Future" digelar beragam kegiatan di kampus I Kota Padang dan kampus III Kota Bukittinggi dimulai dari tanggal 6 dan puncak milad ke 64 tahun tanggal 18 November 2019 di Kota Padang, dengan agenda milad yaitu lomba olahraga, pekan kreatif mahasiswa, lomba menulis essay, MTQ, muktamar alumni, seminar nasional, bakti sosial, donor darah, bazaar dan expo, refleksi UMSB dan malam puncak milad ke 64 berupa UMSB awarding night di kampus I Kota Padang.

Rektor UMSB termuda di Indonesia periode 2019-2023 berusia 36 tahun, Dr. Riki Saputra,MA kepada wartawan MinangkabauNews, Rabu (6/11/2019) di ruang masuk kampus III Kota Bukittinggi seusai memberikan penyajian kekeluargaan, menjelaskan "Yang pertama dilihat secara presfektif keagamaan, milad itu harus kita terus mengevaluasi selama ini apa yang kita lakukan, kalau dalam hal ini adalah UMSB sebagai lembaga pendidikan harus ada kaitan dengan habluminnallah dan habluminannas. Kalau habluminnallah tentu ini yang kita sebut sebagai ibadah, karena ini salah satu mencerdaskan anak bangsa kita," ujarnya.

"Mengenai habluminannas bagaimana kita lembaga pendidikan ini terus meningkatkan SDM-SDM, sehingga lembaga ini selalu mendapatkan kepercayaan di tengah masyarakat. Kalau kita lihat tentu semangat keagamaan ini diwajibkan setiap tahun kita peringati milad ini harus ada langkah refreksi, karena dalam refreksi itu tidak hanya terpusat kepada satu sisi saja, artinya satu sisi ini kita sebut dalam presfektif duniawi, tapi juga kita melihat presfektif religifitas," ucapnya.

Selanjutnya dikatakan Riki Saputra, perspektif religifitas ini adalah yang kita sebut semangat keagamaan tersebut bagaimana kita itu bekerja, ini tidak hanya semata-mata itu urusan duniawi, karena bekerja itu adalah suatu ibadah. apa yang disampaikan Abu Bakar Sidiq khalifah pertama, sebenarnya rekreasi terbaik itu adalah bekerja. Bekerja yang dimaksud adalah bekerja yang disandarkan dengan nilai-nilai spiritual, contoh konkritnya ada keikhlasan, kejujuran, dan ketulusan.

Jika ini tidak ada semuanya dan jika cara berpikir kita sekuler mencampakan bahkan memusuhi agama tentu tidak akan terjadi yang kita sebut ibadah Mahdhah dan Ghairu Mahdhah, sehingga pendidikan yang kita bawa itu hanya parsial tidak kolektif atau tidak komprehensif.

"Ini salah satu perguruan tinggi Islam yaitu UMSB yaitu mengintregrasikan nilai-nilai spiritual dengan sains, keilmuan yang kita miliki itu harus berkelindar kesemua aktifitas UMSB. Dan ini membutuhkan proses, karena semuanya itu tidak bisa langsung statis pasti akan mengalami dinamika yang setiap saat harus memang bersama-sama kita evaluasi, inilah gunanya milad," ungkap Riki Saputra.

Sedangkan ketua panitia milad ke 64 tahun UMSB, Muhammad Abdi menjelaskan sebelum dibuka rangkaian milad ke 64 oleh rektor UMSB Dr.Riki Saputra,MA di kampus III UMSB Kota Bukittinggi, terlebih dahulu diadakan penyajian kekeluargaan oleh rektor yang diikuti aktivitas UMSB.

Rangkaian milad ke64 UMSB diadakan berbagai lomba-lomba, pekan kreatif mahasiswa, muktamar alumni, seminar nasional, bakti sosial, donor darah, bazaar dan expo, refleksi UMSB dan malam puncak milad ke 64 berupa UMSB awarding night di kampus I Kota Padang. Adapun peserta lomba datang dari kampus II dan IV, dihari pertama diadakan lomba tarik tambang, lomba olahraga tenis meja, sepak takraw, pungkas Muhammad Abdi. (Iwin SB)

Loading...
Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: bukittinggi,muhammadiyah,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

RRI Bukittinggi 74 Tahun Mengudara Mengadakan Dialog Langsung di Gunung Omeh Koto Tinggi

RRI Bukittinggi 74 Tahun Mengudara Mengadakan Dialog Langsung di Gunung Omeh Koto Tinggi

Bukittinggi - Keberadaan RRI Bukittinggi mengudara, Selasa, (14/1), tepat 74 tahun, untuk tidak bias di masyarakat...

Tingkatkan Hukum Adat, AMAN Kabupaten Kepulauan Mentawai Gelar Focus Gruop Discusion

Tingkatkan Hukum Adat, AMAN Kabupaten Kepulauan Mentawai Gelar Focus Gruop Discusion

MENTAWAI -- Untuk meningkatkan Ekonomi di wilayah kesatuan Masyarakat hukum adat, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara...

Pimpin Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana dan Operasi Aman Nusa II 2020, Wabup Pasaman Katakan Ini

Pimpin Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana dan Operasi Aman Nusa II 2020, Wabup Pasaman Katakan Ini

PASAMAN - Wakil Bupati H.Atos Pratama menjadi Inspektur Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana dan Operasi Aman Nusa II Tahun...

Pasca Kebakaran, Gang Kecap Pasar Baru Padang Panjang Mulai Dibersihkan

Pasca Kebakaran, Gang Kecap Pasar Baru Padang Panjang Mulai Dibersihkan

PADANG PANJANG - Berkaitan dengan adanya bencana kebakaran beberapa bulan lalu, Pemerintah Kota Padang Panjang...

Inilah Pesan Wali Kota Mahyeldi kepada Kasatpol PP Baru

Inilah Pesan Wali Kota Mahyeldi kepada Kasatpol PP Baru

PADANG -- Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP) Kota Padang melakukan prosesi upacara serah terima jabatan(Sertijab)...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media