Monday, 20 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Muhammadiyah

Meriahkan HKN 2019, Aisyiyah Gelar Edukasi Pangan Sehat Bergizi di Padang

Rabu, 06 November 2019 - 21:05:50 WIB - 512
Meriahkan HKN 2019, Aisyiyah Gelar Edukasi Pangan Sehat Bergizi di Padang
Hkn 2019 di padang, selasa


PADANG -- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019, Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Sumatera Barat berkerjasama dengan Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) menggelar edukasi pangan sehat bergizi bertema Peduli Gizi Anak Menuju Generasi Emas tahun 2045, Selasa, (5/11/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil majelis Kesehatan PP Aisyiyah, Noor Rochmah Pratiknya, Ketua Harian YAICI, Arif Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Merry Yuliesday dan Kepala bidang Pengujian Balai Besar POM Padang, Hilda Murni.

Wakil Majelis Kesehatan PP Aisyiyah, Noor Rochmah Pratiknya mengatakan perlu adanya pengawalan terhadap kesehatan generasi penerus bangsa.

"Tanggung jawab kesehatan masyarakat memang ada di tangan pemerintah. Namun, pekerjaan rumah ini akan lebih efektif dan efisien bila dilakukan oleh seluruh elemen yang ada termasuk keluarga sebagai elemen terkecil dalam sebuah negara," jelas Noor Rochmah.

Kesalahan pola asuh menjadi faktor penyumbang gizi buruk pada anak di beberapa daerah dengan prevalensi stunting yang tinggi.

Hal ini erat kaitannya dengan pola pemberian makanan sehari-hari untuk menunjang pertumbuhan balita.

Anak akan mempunyai pertumbuhan yang baik meskipun dalam kondisi ekonomi lemah, jika ibu memberikan pola asuh yang baik dalam pemberian makanan sehari-hari.

"Namun pekerjaan rumah ini akan lebih efektif dan efisien bila dilakukan oleh seluruh elemen yang ada termasuk keluarga sebagai elemen terkecil dalam sebuah negara, tegas Noor Rochmah.

Ketua Harian YAICI, Arif Hidayat mengatakan, rendahnya pengetahuan masyarakat tentang gizi mengakibatkan kekeliruan pemberian asupan gizi kepada anak. Misalnya, pengetahuan tentang susu. Menurut Arif, sebagian masyarakat beranggapan setiap yang berwarna putih adalah susu dan semua susu adalah sama.

Untuk itu Arif menekankan pentingnya regulasi dan pengawasan pangan oleh pemerintah dalam hal ini adalah BPOM.

"BPOM Sumbar telah mengeluarkan kebijakan tentang label dan iklan susu kental manis dan kami apresiasi sikap tegas BPOM tersebut," ungkapnya.

Arif juga berharap agar produsen ikut bertanggungjawab meluruskan persepsi salah yang sudah terbentuk di masyarakat. Dia melihat, susu kental manis (SKM) sejak dulu diiklankan sebagai minuman bernutrisi untuk bayi dan pertumbuhan anak.

"Padahal SKM itu sebenarnya tidak seperti itu, jadi kami berharap produsen mau meluruskan kesalahpahaman di masyarakat ini," ujar Arif.

Dia membeberkan, susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi yaitu 20 gram persekali saji dengan nilai protein 1 gram, lebih rendah dari susu lainnya. Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, susu kental manis hanya masuk dalam kategori bahan makanan dan minuman atau toping.

Sementara itu kepala Bidang pengujian Balai besar BPOM Padang, Hilda Murni membenarkan hal itu. Hilda menegaskan, susu kental manis tidak memenuhi kecukupan asupan gizi dan hanya untuk penambah atau toping.

"SKM itu hanya memiliki delapan persen protein sehingga tidak bisa memenuhi asupan gizi dan hanya untuk penambah makanan dan minuman atau toping," imbuh Hilda.

Hilda menyatakan, BPOM telah mengeluarkan surat edaran (SE) kembali kepada produsen dan masyarakat terkait persepsi yang salah terkait SKM.

Hilda juga mengatakan, sebenarnya produsen sudah memuat label yang memuat komposisi dan peringatan pada kemasan. Namun kelemahannya, masyarakat belum memahami karena tidak membaca label informasi pada kemasan tersebut. (Rel)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: muhammadiyah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Lomba Maskot Pilkada 2020 yang Digelar KPU Pasaman Usai, Ini Pemenangnya

Lomba Maskot Pilkada 2020 yang Digelar KPU Pasaman Usai, Ini Pemenangnya

LUBUK SIKAPING - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman secara resmi mengumumkan pemenang Lomba Cipta Maskot...

Syahendra Wali Nagari Canduang Koto Laweh Canangkan Program Nagari Madani Nagari Santri

Syahendra Wali Nagari Canduang Koto Laweh Canangkan Program Nagari Madani Nagari Santri

AGAM -- Di akhir tahun 2019 tepatnya tanggal 31 Desember 2019 merupakan suatu kenangan tersendiri bagi Syahendra,...

Sadis, Anak Bunuh dan Mutilasi Ayah di Tanah Datar, Mayat Korban Diseret ke Tepi Jalan Raya

Sadis, Anak Bunuh dan Mutilasi Ayah di Tanah Datar, Mayat Korban Diseret ke Tepi Jalan Raya

TANAH DATAR - Pembunuhan sadis dengan cara mutilasi sontak membuat warga Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar...

Besok, UAS Hadiri Tabligh Akbar di Pantai Padang

Besok, UAS Hadiri Tabligh Akbar di Pantai Padang

PADANG -- Ustadz Dr H Abdul Somad (UAS) Lc MA (UAS) dijadwalkan akan mengisi tabligh akbar kesiapan hadapi bencana di...

Polres Padang Panjang Tanam Ribuan Bibit di Hari Sejuta Pohon

Polres Padang Panjang Tanam Ribuan Bibit di Hari Sejuta Pohon

PADANG PANJANG - Kepala Kepolisian Resort (Polres) Padang Panjang AKBP. Sugeng Hariadi, S.IK. MH. melakukan penanaman...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media