Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Kejari Pariaman Musnahkan 1.626,73 gram Narkoba

Sabtu, 09 November 2019 - 09:11:48 WIB - 438
Kejari Pariaman Musnahkan 1.626,73 gram Narkoba
Kepala Kejaksaan Pariaman Efrianto bersama Kapolres AKBP Andry Kurniawan melakukan pembakaran BB Narkotika secara simbolis


PARIAMAN -- Kejaksaan Negeri Pariaman melakukan pemusnahan BB Narkotika seberat 1.626,73 gram di halaman Kantor Krjaksaan Pariaman, pada Jumat (8/11/2019).

Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman, Efrianto mengatakan, pemusnahan tersebut merupakan BB dari hasil 37 perkara yang telah inkrah dan berkekuatan hukum tetap dari pengadilan negeri pariaman.

Diantaranya, perkara narkotika jenis ganja 10 perkara berat BB 1.538,09 gram. Perkara narkotika jenis shabu 20 perkara berat BB 88,64 gram kemudian perkara perjudian 5 perkara dan perkara tindak pidana. Perlindungan anak 2 perkara

Kemudian lanjutnya, pemusnahan barang bukti yang telah dilakukan Kejaksaan di tahun ini yakninya bulan Februari, Juni dan November yang berasal dari dua Polres Kota Pariaman dan Padang Pariaman.

"Tujuan pemusnahan adalah, setiap perkara yang sudah diputus oleh pengadilan dan berkekutan hukum tetat atau sudah inkrah itu wajib di eksekusi oleh jaksanya," ujarnya.

Ia mengatakan, perkara yang paling banyak diantara barang bukti yang dimusnahkan adalah perkara Narkotika.

"BB Narkotika yang paling banyak dimusnahkan ketika bulan Juni yakninya jenis ganja seberat 40 Kg. Namun bila dilihat dari trennya jumlah perkara Narkotika dari tahun sebelumnya, Alhamdulillah agak menurun," ungkapnya.

Ketika tahun sebelumnya mencapai 91 perkara Narkotika yang masuk, sementara tahun 2019 hingga awal November ada 56 perkara yang diterima.

Dengan tersangka masih didominasi oleh usia produktif rentang usia 15-45 dan 2 perkara anak-anak.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengakui bahwa peredaran Narkoba di Wilayah Pariaman dan Padang Pariaman masih cukup besar.

"Sehingga Polres Pariaman Sudah dari awal berkomitmen memberantas Narkotika. Dan paling banyak penanganan Narkotika oleh Satpolres Pariaman," ungkapnya.

Kedepannya, langkah-langkah yang diambil selain penindakan juga sosialisasi kepada masyarakat. "Dan sudah kita lakukan bekerjasama dengan aparat Desa/Lurah/Nagari dengan melakukan sosialisasi setiap minggunnya," ujar Kapolres.

Karena Narkoba tidak bisa hanya diberantas oleh aparat kepolisian saja, tapi harus melibatkan seluruh elemen masyarakat baik ulama, tokoh adat dan khususnya orang tua.

Ia juga mengungkapkan, kebanyakan pengungkapan kasus Narkotika Pariaman juga berasal dari Lapas. "Karena di Lapas mayoritas penghuninya adalah dari kasus Narkoba. Sehingga tidak tertutup kemungkinan peredaran keluar ataupun masuknya dari sana," pungkasnya. (war)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: kriminal,pariaman,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ade Herdiwansyah, Tokoh Muda yang Siap Mewarnai Pasaman Barat

Ade Herdiwansyah, Tokoh Muda yang Siap Mewarnai Pasaman Barat

PASAMAN BARAT - Akhir-akhir ini suhu politik dipasaman barat mulai terasa hangat, dengan bermunculannya...

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

FEATURE -- Hidup merupakan sebuah pilihan. Begitu juga halnya cita-cita, semua orang bebas untuk bercita-cita apapun....

Pemko Payakumbuh Canangkan Zona Integritas, Teguhkan Komitmen Anti Korupsi dan Bersih Melayani

Pemko Payakumbuh Canangkan Zona Integritas, Teguhkan Komitmen Anti Korupsi dan Bersih Melayani

LIPUTAN KHUSUS PEMKO PAYAKUMBUH -- Pemerintah Kota Payakumbuh mulai meneguhkan niat melakukan penolakan terhadap...

Kesal, Warga Blokir Jalan Limau Sundai-Pelangai Gadang Pessel

Kesal, Warga Blokir Jalan Limau Sundai-Pelangai Gadang Pessel

PESISIR SELATAN --Warga Limau Sundai, Kenagarian Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan...

Mastilizal Aye Diamanahkan Jadi Ketua BK DPRD Padang, Ini Katanya

Mastilizal Aye Diamanahkan Jadi Ketua BK DPRD Padang, Ini Katanya

PADANG -- Mastilizal Aye dari Fraksi Gerindra terpilih terpilih sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Padang untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media