Sunday, 29 Mar 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pendidikan

Milad 64 tahun UMSB, Fakultas Agama Islam Gelar Pengabdian Masyarakat Pengurusan Jenazah

Sabtu, 09 November 2019 - 21:20:52 WIB - 650
Milad 64 tahun UMSB, Fakultas Agama Islam Gelar Pengabdian Masyarakat Pengurusan Jenazah
Pengabdian masyarakat lomba mengurus jenaza


PADANG -- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) menggelar Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Pengurusan Jenazah
di Masjid Nurul Fallah, kuala Nyiur Koto Tangah, kota Padang, Sabtu, (9/11/2019).

Pengabdian masyarakat itu dihadiri Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, Dekan Fakultas FAI UMSB Bapak H. Firdaus, M.HI, Dosen-dosen FAI UMSB, dan mahasiswa Fakultas Agama Islam.

Wawako Hendri Septa mengharapkan Dosen-dosen dan mahasiswa/i UMSB bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian dan menyalurkan Ilmu yang dimiliki dan sudah kita dapati dibangku kuliah, Sambung lagi Hendri Septa, kita tidak bisa lepas dari masyarakat karena kita ini terlahir ditengah-tengah masyrakat, dan kita juga hidup bermasyarakat.

Kegiatan PKM tersebut meliputi, Keterampilan penyelenggaraan jenazah bagi guru-guru, masyarakat Kuala Nyiur II Koto Tangah Kota Padang dan Mahasiswa UMSB.

Firdaus, selaku pemateri mengungkapkan, dalam Syariat Islam mengajarkan bahwa setiap manusia pasti akan mengalami kematian yang tidak pernah diketahui kapan waktunya. Sebagai makhluk sebaik-baik ciptaan Allah SWT dan ditempatkan pada derajat yang tinggi, maka Islam sangat menghormati orang muslim yang telah meninggal dunia. Oleh sebab itu, menjelang menghadapi kehariban Allah SWT orang yang telah meninggal dunia mendapatkan perhatian khusus dari muslim lainnya yang masih hidup.

"Dalam ketentuan hukum Islam jika seorang muslim meninggal dunia maka hukumnya fardhu kifayah atas orang-orang muslim yang masih hidup untuk menyelenggarakan 4 perkara, yaitu memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan orang yang telah meninggal tersebut. Untuk lebih jelasnya 4 persoalan tersebut, pemakalah akan mencoba menguraikan dalam penjelasan berikut ini," jelasnya

Menurutnya, manusia sebagai makhluk yang mulia di sisi Allah SWT dan untuk menghormati kemuliannya itu perlu mendapat perhatian khusus dalam hal penyelenggaraan jenazahnya. Dimana, penyelengaraan jenazah seorang muslim itu hukumnya adalah fardhu kifayah. Artinya, kewajiban ini dibebankan kepada seluruh mukallaf di tempat itu, tetapi jika telah dilakukan oleh sebagian orang maka gugurlah kewajiban seluruh mukallaf”.

Adapun 4 perkara yang menjadi kewajiban itu ialah: memandikan, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkan. Adapun hikmah yang dapat diambil dari tata cara pengurusan jenazah, antara lain:

Memperoleh pahala yang besar, Menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi diantara sesame manusia, Membantu meringankan beban keluarga jenazah dan sebagai ungkapan belasungkawa atas musibah yang dideritanya, Mengingatkan dan menyadarkan manusia bahwa setiap manusia akan mati dan masing-masing supaya mempersiapkan bekal untuk hidup setelah mati.

"Sebagai bukti bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia, sehingga apabila salah seorang manusia meninggal dihormati dan diurus dengan sebaik-baiknya menurut aturan AllahSWT dan RasulNya," tutupnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Jokowi Sebut Telah Siapkan Skenario Terburuk Dampak Virus Corona, Ini Penjelasannya

Jokowi Sebut Telah Siapkan Skenario Terburuk Dampak Virus Corona, Ini Penjelasannya

NASIONAL - Presiden Jokowi menyebut telah menyiapkan berbagai skenario dalam hal penanganan virus corona COVID-19. Hal...

Benarkah Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Corona? Begini Kata Ahli

Benarkah Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Corona? Begini Kata Ahli

KESEHATAN - Studi di China sebut golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus corona COVID-19. Dalam penelitian...

Pencegahan Covid-19, PT Agrowiratama Salurkan Bantuan Alat Semprot

Pencegahan Covid-19, PT Agrowiratama Salurkan Bantuan Alat Semprot

PASAMAN BARAT - Sebagai bentuk upaya dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Diseanse (Covid-19), PT Agrowiratama...

Mulai Senin Depan, UMSB Terapkan Kuliah Daring untuk Cegah Corona

Mulai Senin Depan, UMSB Terapkan Kuliah Daring untuk Cegah Corona

PADANG -- Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) memutuskan untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh melalui...

Pemkab Solok Himbau Untuk Taat Bayar Pajak

Pemkab Solok Himbau Untuk Taat Bayar Pajak

KABUPATEN SOLOK -- Pemerintah Kabupaten Solok mengimbau para wajib pajak untuk taat membayar pajak. Pajak merupakan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu