Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Kepala BNPB Kunjungi Monumen Merpati Perdamaian yang Terancam Abrasi

Sabtu, 09 November 2019 - 23:13:33 WIB - 480
Kepala BNPB Kunjungi Monumen Merpati Perdamaian yang Terancam Abrasi
Kepala Bnpb di monumen perdamaian padang


PADANG -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (TNI) Doni Monardo mengunjungi Monumen Merpati Perdamaian di Muaro Lasak Pantai Padang yang terdampak abrasi, Kamis, (7/11/2019).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkapkan abrasi di Padang merupakan ancaman permanen. Menurutnya solusi dan penanganannya juga harus permanen.

"Solusi permanen yang mungkin kita lakukan adalah kombinasi infrastruktur buatan dan infrastruktur alam. Saya sebut infrastruktur alam ialah jenis tanaman tertentu dan menjaganya untuk menahan laju abrasi pantai," kata Doni saat meninjau Monumen Merpati Perdamaian di Muaro Lasak Pantai Padang yang terdampak abrasi, Kamis (7/11/2019).

Menurut Doni, penanaman cemara udang adalah yang paling efektif untuk menahan ancaman abrasi. Seperti sudah dilakukan di Selatan Pulau Jawa yang memiliki potensi abrasi yang sama dengan daerah pantai barat Sumatera.

"Namun penanaman pohon cemara udang ini harus dikombinasikan dengan infrastruktur buatan untuk mengurangi abrasi. Kita sudah coba dengan menanam ribuan pohon, namun sebagian mati karena hantaman ombak dan kurangnya perhatian masyarakat untuk perawatannya," ujar Doni.

Di beberapa daerah, lanjut Doni, penanganan abrasi dengan penanaman cemara udang dilakukan oleh komunitas-komunitas yang ada dalam masyarakat. "Jadi tidak harus pemerintah yang melakukan semua. Pemerintah cukup menyediakan bibit saja," sebutnya.

Lebih lanjut Doni yang juga berdarah Minang ini mengatakan, Pantai Padang harus diselamatkan dari abrasi. Jika tidak pantai yang sudah dikenal sebagai destinasi wisata ini akan hilang dan tinggal kenangan.

"Jangan sampai Pantai Padang hilang dan tinggal kenangan. Di sini dulunya tempat kami bermain. Apalagi sekarang sudah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi," kata Doni.

Dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang turut mendampingi mengatakan abrasi mengancam 7 kabupaten/kota.

"Pesisir Selatan termasuk yang parah karena mengancam pemukiman penduduk. Di Kota Padang sendiri beberapa infrastruktur rusak," kata Wagub.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang Hendri Septa mengatakan, abrasi yang mengikis sebagian pelataran Monumen Merpati Perdamaian sudah dilakukan penanganan. "Namun penanganan itu bersifat sementara dengan memasang karung berisi pasir. Kita berharap melalui Balai Wilayah Sungai Kementerian PUPR bisa segera membangun seawall
untuk menahan abrasi," kata Hendri Septa.

Selain itu, pihaknya juga berharap dari BNPB ada solusi terahadap ancaman permanen ini. "Arahan dan petunjuk BNPB nanti akan kita tindaklanjuti," tutupnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Potensi Pariwisata di Era Digital 4.0

Potensi Pariwisata di Era Digital 4.0

Oleh: I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa, Dosen Politeknik Pariwisata Batam --Munculnya era revolusi 4.0 di era...

Kapolres Padang Panjang Sugeng Hariyadi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kusuma Bakti

Kapolres Padang Panjang Sugeng Hariyadi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kusuma Bakti

PADANG PANJANG -- Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka hari...

#TangkapDewiTanjung Marak di Twitter

#TangkapDewiTanjung Marak di Twitter

TANAH DATAR -- Tagar #TangkapDewiTanjung menggema di twitter. Pasalnya, wanita kelahiran Padang tahun 1980 tersebut...

Sosialisasi Anti Narkoba di Tanah Datar, Eka Putra: Bentuk Kepedulian IKLB Terhadap Anak Nagari

Sosialisasi Anti Narkoba di Tanah Datar, Eka Putra: Bentuk Kepedulian IKLB Terhadap Anak Nagari

TANAH DATAR -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat akan mengadakan kegiatan sosialisasi anti narkoba di Kecamatan...

Peserta Kejuaraan Futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I Membludak

Peserta Kejuaraan Futsal Wali Kota Bukittinggi Cup I Membludak

BUKITTINGGI -- Puluhan tim futsal se-Sumatera Barat, Pekanbaru dan Kota Bukittinggi sendiri berdatangan mendaftar untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media