Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Maknai Perjuangan Pahlawan Dengan Menjadi Guru Baik Bagi Anak Bangsa

Minggu, 10 November 2019 - 19:19:30 WIB - 339
Maknai Perjuangan Pahlawan Dengan Menjadi Guru Baik Bagi Anak Bangsa
Guru-guru SMKN 1 Sutera saat memperingati hari pahlawan (Ist)


PESISIR SELATAN -- Peringatan Hari Pahlawan bukan hanya diperuntukkan bagi pahlawan-pahlawan yang telah berjuang memerangi penjajahan terhadap bangsa Indonesia, namun kalimat pahlawan ini begitu mengiang ditelinga hingga menggegerkan jiwa akan makna dari sebuah perjuangan.

Pahlawan begitu terdengar dan terbaca kalimat ini tentunya pikiran akan secara tiba-tiba membayangkan perjuangan-perjuangan orang terdahulu dengan segala upaya, mengorbankan harta bahkan nyawa untuk merebut hak kemerdekaan Negara Republik Indonesia, dimana hak-hak ini melekat kepada seluruh masyarakat dan rakyat Indonesia.

Hak untuk mendapatkan keadilan, hak untuk menentukan pilihan dan hak untuk memeluk agama sesuai kepercayaan masing-masing dan masih banyak lagi hak-hak warga negara seperti yang tertuang dalam UUD 1945.

Banyak tenaga dan pemikiran untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia ini, hingga hari ini kita masih menikmati hasil juang para pahlawan kita dengan hidup bebas bertanggung jawab sesuai konstitusi di Negara ini.

Dengan semangat perjuangan pahlawan yang diperingati setiap 10 November disetiap tahunnya, bagi guru-guru SMK Negeri 1 Sutera pahlawan diranah pendidikan sekarang ini yaitu guru-guru yang bertugas mencerdaskan anak-anak bangsa sebagai bekal penerus perjuangan bangsa ini dimasa yang mendatang.

Melalui Peringatan Hari Pahlawan ini, Guru-guru di SMKN 1 Sutera bertekat menjadi guru yang baik, arif dan bijaksana dalam mengembankan tugas dan tanggung jawab, mencintai dan menyayangi peserta didik sebagai tunas-tunas bangsa yang patut dijaga dan dilindungi. Guru menyadari bahwa cikal bakal baik-buruknya kepemimpinan di negeri ini termasuk campur tangan guru-guru yang bersama-sama membentuk dan mengarahkan peserta didik kearah yang baik untuk masa depan bangsa ini.

"Mari sama-sama menjadi pahlawan bagi anak-anak didik kita, hingga mereka akan mengenang sampai akhir hayat, tanpa guru indonesia akan buta pengetahuan, guru adalah pondasi pendidikan untuk itu jadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, namun juga tidak hal yang sulit. Guru ini banyak tidak hanya yang mengajar disekolah-sekolah itu saja yang disebut guru, setiap manusia yang bisa memberikan perubahan atau pengaruh kepada manusia lainnya itu disebut dengan guru," ucap kepala SMKN 1 Sutera Lili Suryati.

SMKN 1 Sutera dibawah kepemimpinan Lili Suryati mengucapkan selamat peringatan Hari Pahlawan Republik Indonesia, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa Selalu mencurahkan rahmat dan kasih sayang kepada para pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur, ditempatkan disisi yang terbaik di surga kelak. Semoga kita semua para guru mempunyai tekat yang sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini dengan mentransferkan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada peserta didik. "Karena Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. pungkasnya. (Rahma)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: painan,pendidikan,pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Sumbar Gelar Workshop Eksaminasi Undang-undang Pilkada

Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Sumbar Gelar Workshop Eksaminasi Undang-undang Pilkada

PADANG -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Provinsi Sumbar menggelar workshop eksaminasi Undang-undang (UU) Pemilu dan...

Potensi Pariwisata di Era Digital 4.0

Potensi Pariwisata di Era Digital 4.0

Oleh: I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa, Dosen Politeknik Pariwisata Batam --Munculnya era revolusi 4.0 di era...

Ditolak Warga, Pemko Batalkan Izin Operasional Kafe Eks Bioskop Karya

Ditolak Warga, Pemko Batalkan Izin Operasional Kafe Eks Bioskop Karya

PAYAKUMBUH -- Sempat ditolak masyarakat Nunang Daya Bangun, Pemko Payakumbuh akhirnya membatalkan izin operasional kave...

Mendulang Pahala Dengan Sebar Konten Positif Demi Wujudkan Indonesia Maju

Mendulang Pahala Dengan Sebar Konten Positif Demi Wujudkan Indonesia Maju

Oleh : Amalia Hasti Dunia maya kita sedang dilanda penyakit hati. Sampah informasi bertebaran secara masif tanpa...

Membunuh Makna Radikalisme

Membunuh Makna Radikalisme

Oleh: Sukma Beberapa waktu belakangan ini publik dibuat heboh melalui pernyataan dari Menteri agama baru, Jenderal...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media