Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Kembangkan Sadar Wisata, Ini Dilakukan Dinpar Sumbar

Senin, 11 November 2019 - 10:53:07 WIB - 284
Kembangkan Sadar Wisata, Ini Dilakukan Dinpar Sumbar
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Sumbar, Doni Hendra


PADANG -- Dalam rangka meningkatkan pelaku pariwisata, Dinas Pariwisata Sumbar menggelar Pelatihan peningkatan dan pengembangan sadar wisata bagi 100 pengelolah obyek wisata, di Hotel Whitz Padang, Senin, (11/11/2019). Dengan implementasi sapta pesona masyarakat Sumbar siap menyambut wisatawan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Sumbar, Doni Hendra menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan peningkatan kapasitas usaha masyarakat bidang pariwisata di destinasi pariwisata di Sumbar adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman tentang pengelolaan usaha masyarakat di destinasi pariwisata.

Doni menambahkan, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam pengelolaan obyek-obyek wisata di Sumbar untuk kemajuan pariwisata dan untuk pariwisata yang berkelanjutan.

Lebih lanjut disampaikan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan pariwisata antara lain yaitu masalah bagaimana obyek wisata dan atraksi yang akan dijual, apakah dapat dilihat dan dinikmati, hal-hal apa saja yang dapat dilakukan wisatawan, dan apa yang dapat dibeli di daerah tempat wisata yang dikunjungi.

Doni Hendra mengharapkan, dengan adanya gerakan sadar wisata tersebut, akan ada perubahan perilaku masyarakat. Sehingga akan tercipta sapta pesona wisata (aman, tertib, indah, nyaman dan bersih dan kenangan).

Ia juga menyampaikan Revitalisasi obyek wisata baru wisata Malin kundang Provinsi Rp7.197.460.000, dana Padang Rp10.796.190.000 Jumlah 17.993.650.000. Kemudian pembangunan sarana dan prasarana wisata pulau Belibis Dana APBD Provinsi 3.630.000.000, Dana APBD Padang 5.450.000.000 Jumlah Rp9.080.000.000.

Menurut dia, satu satunya yang Sumbar miliki adalah keindahan alam serta kekayaan khasanah budaya, termasuk makanan dan kulinernya yang terkenal. Dari hasil penelitian oleh salah satu majalah terkenal kita Sumatera Barat adalah provinsi predikat yang paling bagus dalam potensi parwisata.

"Untuk itu kita harus memanfaatkan potennsi itu sebaik baiknya. Wisatawan itu pergi ke suatu tempat yang nyaman, dari itu kita harus meningkatkan kenyamaman untuk wisatawan yang disebut Sapta Pesona," jelas Doni.

Doni mengajak para guide berpakaian khas asat minangkabau supaya minat wisatawan makin tinggi.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana Anastasia menyampaikan, pembangunan kepariwisataan harus memperhatikan posisi potensi dan peran masyarakat. Baik sebagai subjek maupun sebagai penerima manfaat, dukungan masyarakat dapat diperoleh melalui penananaman kesadaran akan arti penting pengembangan kepariwisataan. Untuk itu dibutuhkan proses pengkondisian untuk mewujudkan masyarakat yang sadar wisata dan memahami serta mengaktualisasikan nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona.

Hadir sebagai narasumber praktisi pariwisata pusat Dr Thamrin B. Bachri, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Sumbar, Doni Hendra, dan Kepala Dinas Pariwisata Padang, masyarakat pariwisata Hendro Darmuci dan Anggota DPRD Sumbar Hendro Dt Rajo lelo. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

GP Ansor Nilai Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan dari Jaringan JAD ISIS

GP Ansor Nilai Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan dari Jaringan JAD ISIS

NASIONAL - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mengutuk aksi bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan,...

Reskrim Polsek Mandau  Tangkap Seorang Kurir Narkoba Berinisial AR

Reskrim Polsek Mandau Tangkap Seorang Kurir Narkoba Berinisial AR

DURI - Kepolisian sektor Mandau melalui tim opsnal Reskrim menangkap seorang pria yang diduga sebagai kurir Narkoba,...

Kapolda Sumbar Fakhrizal akan Hadiri Pelantikan Pengurus PKDP Solok

Kapolda Sumbar Fakhrizal akan Hadiri Pelantikan Pengurus PKDP Solok

SOLOK -- Semenjak PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Pariaman) berdiri belum pernah terjadi pada saat pelantikan ketuanya...

Penerimaan CPNS di Mentawai Menuai Protes, Mantan Ketua DPRD Mentawai Angkat Bicara

Penerimaan CPNS di Mentawai Menuai Protes, Mantan Ketua DPRD Mentawai Angkat Bicara

MENTAWAI -- Formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai di...

Saksi: Bangunan Wabup Pessel Berupa Pondok Tidak Menimbun Mangrove

Saksi: Bangunan Wabup Pessel Berupa Pondok Tidak Menimbun Mangrove

PADANG -- Saksi sidang pengrusakan hutan Mangrove di Objek Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media