Monday, 16 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Diabetes Ibu Dari Segala Penyakit, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Jumat, 15 November 2019 - 19:08:05 WIB - 6380
Diabetes Ibu Dari Segala Penyakit, Kenali Penyebab dan Pencegahannya
Ilustrasi (istimewa)


Oleh : Meri Magdalena

Diabetes atau yang biasa disebut masyarakat sebagai kencing manis adalah penyakit kronis serius yang terjadi karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah atau glukosa), atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya.

WHO memperkirakan bahwa, secara global, 422 juta orang dewasa berusia di atas 18 tahun hidup dengan diabetes pada tahun 2014. Jumlah terbesar orang dengan diabetes diperkirakan berasal dari Asia Tenggara dan Pasifik Barat, terhitung sekitar setengah kasus diabetes di dunia.

Riskesdas 2018, prevalensi DM berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk umur ≥ 15 tahun mengalami peningkatan menjadi 2% dibandingkan dengan tahun 2013. Prevalensi DM yang terendah terdapat di Provinsi NTT, yaitu sebesar 0,9%, sedangkan prevalensi DM tertinggi di Provinsi DKI Jakarta sebesar 3,4%.

Faktor Penyebab Diabetes
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes :

1. Faktor Genetik
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa risiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes akan lebih besar bila orang tuanya memiliki penyakit diabetes.

2. Faktor Usia
Seiring dengan bertambahnya usia, risiko seseorang untuk memiliki penyakit diabetes akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh fungsi tubuh yang mengalami penurunan termasuk perubahan dalam cara tubuh menggunakan gula darah sehingga tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan optimal.

3. Faktor Gaya Hidup
Seseorang akan lebih berisiko terkena penyakit diabetes apabila ia menjalankan gaya hidup yang tidak sehat. Makan makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak tinggi atau yang mengandung banyak kadar gula dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes.

Selain itu tidak berolahraga, merokok, minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes meningkat.

Berikut beberapa gejala khas penyakit diabetes :
1. Sering merasa haus.
2. Sering buang air kecil, terkadang terjadi setiap jam dan disebut poliuria.
3. Lemah, lesu, dan tidak bertenaga.
4. Sering mengalami infeksi, misalnya infeksi kulit, vagina, sariawan, atau saluran kemih.

Ibu dari Segala Penyakit
Diabetes disebut sebagai ibu dari segala penyakit karena diabetes bisa menjadi penyebab dari banyak komplikasi penyakit. Komplikasi ini bisa timbul karena kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat diabetes yakni:

1. Penyakit Jantung dan Stroke
Gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga penderita diabetes lebih berisiko untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

2. Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal bisa terjadi karena kerusakan pembuluh darah kecil di ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal menjadi kurang efisien, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

3. Masalah Mata (Kebutaan)
Salah satu masalah mata yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah retinopati diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh pembuluh darah di belakang mata (retina) yang mengalami pembengkakan dan pecah. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada penglihatan, bahkan bisa sampai menyebabkan kebutaan.

4. Kerusakan Saraf
Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh atau biasa disebut dengan neuropati diabetes. Efek diabetes pada saraf dapat menjadi masalah serius karena saraf ada pada semua fungsi tubuh kita.

5.Masalah pada Kaki
Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf pada kaki, infeksi pada kaki, dan masalah aliran darah ke kaki. Kerusakan saraf di daerah kaki disebut dengan neuropati perifer.

Hati-hati jika kaki sudah mati rasa karena bisa saja terdapat luka pada kaki tanpa disadari. Luka di kaki dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi serius yang dapat menyebar ke bagian lain pada tubuh, bahkan kaki bisa diamputasi hanya karena masalah ini.

Pencegahan Diabetes
Kementrian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk melakukan aksi CERDIK untuk mencegah penyakit diabetes:

Cek kesehatan secara teratur untuk megendalikan berat badan agar tetap ideal dan tidak berisiko mudah sakit, periksa tensi darah, gula darah, dan kolesterol secara teratur, enyahkan asap rokok dan jangan merokok.

Rajin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, seperti berolah raga, berjalan kaki, membersihkan rumah. Upayakan dilakukan dengan baik, benar, teratur dan terukur.

Diet yang seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang, konsumsi buah sayur minimal 5 porsi per hari, sedapat mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal 4 sendok makan atau 50 gram per hari, hindari makanan minuman yang manis atau yang berkarbonasi. Istirahat yang cukup, kelola stress dengan baik dan benar. (**)

Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNSRI.

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: kesehatan,opini,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

KPU Kota Solok Gelar Rakor Analisis Pengelolaan Data dan Evaluasi Sistem Pemilu dan Pilkada

KPU Kota Solok Gelar Rakor Analisis Pengelolaan Data dan Evaluasi Sistem Pemilu dan Pilkada

SOLOK -- Komisi Pemiliham Umum Kota Solok merilis tahapan-tahapan pilkada, Rabu (04/12/2019), di Relazion Resto, di...

Bawaslu Pasaman Gelar Seleksi Panwascam Untuk Pilkada tahun 2020

Bawaslu Pasaman Gelar Seleksi Panwascam Untuk Pilkada tahun 2020

PASAMAN - Menyongsong dihelatnya pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman pada tahun 2020...

LKAAM Kota Pariaman Adakan Rakor Kepemilikan Tanah Ulayat Untuk Sertifikat

LKAAM Kota Pariaman Adakan Rakor Kepemilikan Tanah Ulayat Untuk Sertifikat

PARIAMAN - Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, yang diketuai oleh mantan Walikota Pariaman...

MPI Sumbar: Kader Harus Sampaikan Dakwah Efektif dengan Semangat Amal Maruf Nahi Mungkar

MPI Sumbar: Kader Harus Sampaikan Dakwah Efektif dengan Semangat Amal Maruf Nahi Mungkar

PADANG -- Menyikapi tulisan oknum IMM yang ditulis di website IMM Sumbar terkesan menyudutkan Ketua Pemuda Muhammadiyah...

Osseana Sera, Gadis Cilik Asal Pasaman Juarai Fashion Show Cilik Indonesia Tahun 2019

Osseana Sera, Gadis Cilik Asal Pasaman Juarai Fashion Show Cilik Indonesia Tahun 2019

PASAMAN - Osseana Sera adalah seorang gadis cilik yang berasal dari Taluak Ambun, Nagari Pauh, Lubuk Sikaping Kabupaten...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media