Monday, 16 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Tujuh Bacalon Kada Merapat ke Gerindra: Politisi, Mantan Wabup, Sampai Pengusaha

Jumat, 15 November 2019 - 19:29:25 WIB - 847
Tujuh Bacalon Kada Merapat ke Gerindra: Politisi, Mantan Wabup, Sampai Pengusaha
Panitia penerimaan pendaftaran bakal calon Kepala Daerah Partai Gerindra menerima pendaftaran salah satu bakal calon di Kantor DPC Gerindra di kawasan Purwajaya, Tanjung Pati.


LIMA PULUH KOTA - Bakal calon kepala daerah (Bacalon Kada) dipastikan sudah mendaftarkan diri ke panitia seleksi calon kepala daerah Partai Gerindra Limapuluh Kota. Hingga Jumat (15/11) pukul 18.00 WIB, hari terakhir penerimaan pendaftaran, 7 bakal calon tercatat sudah mengembalikan berkas pendaftaran.

Ketua panitia penerimaan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Partai Gerindra Limapuluh Kota, Irdapel mengatakan, para bakal calon merupakan tokoh-tokoh daerah Luak Nan Bungsu. "Mereka dari berbagai kalangan yang akan diusung Gerindra pada Pilkada 2020," kata Irdapel, kepada MinangkabauNews.com, Jumat siang.

Mantan anggota DPRD itu menyebut, para tokoh yang merapat ke Gerindra, diketahui berprofesi politisi, mantan Wakil Bupati hingga pengusaha sukses. Dari tujuh nama bakal calon itu, antara lain; pertama, Letkol Purn Yuni Hermon (mantan perwira TNI), kedua, Muhammad Rahmad (pengusaha).

Ketiga, Darman Sahladi (politisi), keempat, Asyirwan Yunus (mantan Wabup), kelima, Rizki Kurniawan Nakasri (pengusaha), keenam, Wardi Munir (politisi) hingga ketujuh, Andri Jonpito (pengusaha). Pihaknya memastikan akan menutup pendaftaran pada Jumat pukul 00.00 WIB.

"Tapi sampai sore ini, masih ada sekitar dua tokoh bakal calon yang mengonfirmasi akan mengembalikan berkas pendaftaran, sebelum pukul 00.00 WIB malam ini," tambahnya.

Irdapel memastikan, Partai Gerindra melalui panitia penerimaan pendaftaran calon kepala daerah akan bekerja profesional.
Seluruh berkas pendaftaran yang diterima, nanti akan diserahkan langsung oleh DPC kepada DPP melalui DPD.

Adapun proses penjaringan dilakukan secara profesional terhadap siapa saja bakal calon yang diusung, baik untuk bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati. "Yang pasti, prosesnya (penjaringan calon) profesional," sebut Irdapel.

Ketua Organisasi Sayap Gerindra Limapuluh Kota, Irwan Hidayat menambahkan, DPP Partai Gerindra selanjutnya akan turun langsung ke Limapuluh Kota melakukan survei internal terhadap nama-nama yang akan ditetapkan untuk diusung berdasarkan SK Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Terkait kriteria persyaratan yang diminta ke bakal calon bupati maupun wakil bupati, merujuk ketentuan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Prioritas calon yang akan diusung partainya, Irwan Hidayat menyebut, sesuai arahan dari DPP Gerindra tetap menargetkan mengusung kadernya menjadi calon kepala daerah.

"Secara Gerindra adalah partai pemenang pemilu peraih suara dan jumlah kursi terbanyak di parlemen, namun itu tidak menutup kesempatan bagi calon di luar kader. Makanya, proses seleksi profesional. Tentu saja, kapasitas, kapabilitas maupun integritas calon pertimbangan utama untuk diusung jadi calon kepala daerah kita ke depan," tuturnya.

Hasil pemilu 2019 lalu di Limapuluh Kota, katanya, membuktikan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Partai Gerindra sehingga partainya mampu meraup suara dan jumlah kursi terbanyak di DPRD. Seperti diketahui, Gerindra kini memperoleh 6 kursi di DPRD.

Untuk pencalonan Bupati di Pilkada serentak 2020, Gerindra, menurut Irwan, juga tidak menutup kemungkinan akan berkoalisi dengan partai politik lain. Mengingat, masih adanya kekurangan syarat untuk mengusung satu pasangan calon, yakni sebanyak 7 kursi di parlemen.

"Sesuai arahan Ketua DPC Gerindra Limapuluh Kota, Bapak Deni Asra, kita terus membangun komunikasi politik baik dengan para tokoh potensial, maupun dengan pimpinan partai yang punya kursi di DPRD. Target kita menang (Pilkada). Karena, Gerindra adalah partai pemenang Pemilu 2019 di Limapuluh Kota," tekad Irwan Hidayat. (aking)

Loading...
Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: limapuluh-kota,pilkada,politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

100 Pelaku Ikuti Peningkatan dan Pengembangan Sadar Wisata di Kabupaten Solok

100 Pelaku Ikuti Peningkatan dan Pengembangan Sadar Wisata di Kabupaten Solok

SOLOK -- Dinas Pariwisata (Dinpar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengadakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek)...

Cari Titik Temu Hukum Antar Dua Negara Serumpun, Univ. Ekasakti Gelar Seminar On Law dan Human Right

Cari Titik Temu Hukum Antar Dua Negara Serumpun, Univ. Ekasakti Gelar Seminar On Law dan Human Right

PADANG -- Fakultas Hukum (FH) Universitas Ekasakti menggelar Seminar On Law dan Human Right (Sol-HR) di Auditorium...

28 Prajurit TNI AL Terjun Payung di Atas Langit Pariaman! Ada apa?

28 Prajurit TNI AL Terjun Payung di Atas Langit Pariaman! Ada apa?

PARIAMAN - Sebanyak 28 prajurit TNI AL hiasi langit Kota Pariaman dengan atraksi Terjun Payung dalam rangka Peringatan...

Peringati HUT ke 11, Kecamatan Koto Salak Dharmasraya Gelar Jalan Santai

Peringati HUT ke 11, Kecamatan Koto Salak Dharmasraya Gelar Jalan Santai

DHARMASRAYA -- Pasar Ampalu yang sudah ramai itu tampak semakin ramai saat Bupati Dharmasraya bersama para pembesar...

Mewujudkan Lembaga Legislatif yang Maju dan Modern

Mewujudkan Lembaga Legislatif yang Maju dan Modern

LIPUTAN KHUSUS DPRD LIMAPULUH KOTA -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah,...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media