Friday, 28 Feb 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pendidikan

Pekan Hari Pahlawan dan Milad 64, UMSB Gelar Lomba Ini

Sabtu, 16 November 2019 - 08:16:31 WIB - 680
Pekan Hari Pahlawan dan Milad 64, UMSB Gelar Lomba Ini
Pekan hari pahlawan


PADANG PANJANG --Memperingati Hari Pahlawan dan Milad ke-64 Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSB menggelar kegiatan Pekan Hari Pahlawan yang berlangsung tanggal 13-14 Nopember 2019 di Padang Panjang.

Kegiatan yang bertema A Hero Figure in Millenial Era tersebut memperebutkan trophy bergilir Dekan UMSB. Kompetisi berbahasa Inggris itu terbagi kepada dua kategori yaitu antar mahasiswa perguruan tinggi se-Sumatera Barat dan tingkat siswa SLTA se-Sumatera Barat. Adapun cabang lomba yang dipertandingkan pada kedua kategori tersebut adalah: kontes pidato (speech contest), baca puisi (reading poetry contest), bercerita (story telling contest), cerdas cermat (quiz contest) dan pertandingan scrabble.

Dekan FKIP UMSB, Dr. Mafardi, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan siswa berbahasa Inggris agar dapat bersaing pada era saat ini. Kompetensi berbahasa ini sangat krusial menghadapi persaingan global dan regional. Hasil penelitian EF (Education First) terbaru EF EPI (EF English Proficiency Index) tahun 2015 tentang tes bahasa Inggris pada 910.000 orang dewasa di 70 negara, menunjukkan bahwa Indonesia berada pada urutan ke-32 di bawah Malaysia. Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan terus memacu semangat bersaing secara sehat dan tampil lebih percaya diri. Bahasa Inggris dan dukungan kemajuan teknologi menjadi penentu karena bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah dimulai sejak tahun 2015.

Untuk kontes pidato tingkat mahasiswa perguruan tinggi dimenangkan oleh Riri Angela dari Fisipol UMSB, Rayhan Abelibo dari Fakultas Pariwisata UMSB dan Samdiah dari STIT Diniyah Puteri. Untuk lomba baca puisi dimenangkan oleh Bulan Sari dari IAIN Bukittinggi, Suci Saskia Ulhusna dari FKIP UMSB dan Rafiqo Mesli dari STES Manna Wa Salwa. Sedangkan, cerdas cermat dimenangkan oleh STIT Diniyah Puteri sebagi juara satu dan STES Manna Wa Salwa pada urutan kedua dan ketiga.

Untuk kontes pidato tingkat SLTA dimenangkan Azzahra Gewang dari MAN 1 Padang Panjang, M. Farhan Akbar dari MA KMM Padang Panjang dan Lailatul Fhadilah Jamil dari MAN 2 Padang Panjang. Kontes story telling dimenangkan oleh Azzahra Ramadhani dari MA KMM Padang Panjang, Salsabila Hani dari MAN 3 Padang Panjang dan Selvia Gusferivika dari MA KMM Padang Panjang. Lomba cerdas cermat dimenangkan oleh group dari MAN 1 Padang Panjang, MA KMM Padang Panjang dan MAN 2 Padang Panjang.

"Dengan demikian, trophy Dekan FKIP UMSB diserahkan kepada MA KMM Padang Panjang sebagai juara umum," ujarnya.

Para peserta lomba kategori perguruan tinggi disertai perwakilan antara lain: IAIN Bukittinggi, STIKES Yarsi Bukittinggi, STES Manna Wa Salwa, STIT Dinniyah Puteri dan seluruh prodi di lingkungan UMSB seperti Fisipol, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan dan Pariwisata dan Fakultas Pertanian dan lain-lain.

Sedangkan lomba kategori SLTA disertai oleh perwakilan antara lain: MAN 1 Padang Panjang, MAN 2 Koto Baru, MAN 3 Padang Panjang, MA KMM Muhammadiyah, SMA Serambi Mekah, SMK Karya Bakti, SMK 1 Batipuh dan lain-lain. (Rel)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pasca Penghinanya Ditangkap, Kini Giliran Risma yang Dilaporkan ke Ombudsman

Pasca Penghinanya Ditangkap, Kini Giliran Risma yang Dilaporkan ke Ombudsman

NASIONAL - Mantan Juru Bicara Presiden era Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie M Massardi melaporkan tiga orang pejabat...

Penilaian PPD Tahap II Tahun 2020, Kota Padang Panjang Optimis Jadi Yang Terbaik

Penilaian PPD Tahap II Tahun 2020, Kota Padang Panjang Optimis Jadi Yang Terbaik

PADANG PANJANG -- dinyatakan masuk sebagai salah satu kabupaten nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah atau PPD tahun...

Wali Kota Pariaman Kaget, Ada "Ajo" Pasaman Barat

Wali Kota Pariaman Kaget, Ada "Ajo" Pasaman Barat

PASAMAN BARAT - Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto kunjungi Sekteriat...

Hadiri HUT Partai Gerindra, Prabowo Bicara Alasan Gabung Pemerintah

Hadiri HUT Partai Gerindra, Prabowo Bicara Alasan Gabung Pemerintah

POLITIK - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Partai Gerindra di Kantor DPP...

Setelah Scorpene, Menhan Prabowo Kini Incar Kapal Selam Siluman Swedia, Ini Spesifikasinya

Setelah Scorpene, Menhan Prabowo Kini Incar Kapal Selam Siluman Swedia, Ini Spesifikasinya

NASIONAL - Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) resmi memiliki kapal selam baru bernama Kapal Republik Indonesia...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media