Monday, 06 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah, INVOTEK Gelar Pelatihan Bagi Para Reviewer di FT UNP

Selasa, 03 Desember 2019 - 00:09:09 WIB - 568
Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah, INVOTEK Gelar Pelatihan Bagi Para Reviewer di FT UNP
Invotek selanggarakan pelatihan reviewer jurnal ilmiah diruang sidang lantai 2 fakultas teknik UNP


PADANG -- Untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah, INVOTEK menyelenggarakan pelatihan bagi para Reviewer. Upaya ini guna meningkatkan kemampuan dan mutu para reviewer dalam mengoreksi jurnal dan pengelolahan jurnal melalui Open Journal System (OJS), maka INVOTEK menyelengarakan Pelatihan Reviewer Jurnal Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 2 Labor Terintegrasi di Fakultas Teknik UNP. Dihadiri oleh 25 reviewer, Senin (2/12/2019).

Krismadinata, Ph.D selaku Editor-in-Chief menuturkan bahwa INVOTEK adalah jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi yang dimiliki Fakultas Teknik UNP yang di tahun 2019 ini berhasil memperoleh Sinta 3 dari Ristekdikti. Pada kesempatan ini INVOTEK menyelengarakan pelatihan untuk reviewer bertujuan menyamakan persepsi pada reviewer jurnal INVOTEK dan meningkatkan pemahaman reviewer mengenai cara mereview jurnal yang baik sesuai kaidah-kaidah yang standar, mampu melakukan manajemen jurnal berbasis elektronik melalui OJS seperti review form, proses submit penulis, peer review (pengoreksian), pengeditan, publikasi, archives, indeks jurnal dan lainnya sehingga memiliki mutu yang baik.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Bapak Dr. Waskito, MT., yang sekaligus juga menyampaikan sambutanya bahwa perlunya penguatan dalam menulis untuk meningkatkan kualitas-kualitas artikel, para reviewer harus berusaha menyatukan hasil jurnal yang standar antar reviewer lainnya, sehingga jurnal memiliki spesifikasi yang jelas dan memiliki mutu. Harapanya kedepan jurnal di lingkungan fakultas teknik UNP dapat lebih maju dan berkembang dalam mempublikasikan artikel-artikel ilmiah.

Pada pelatihan ini adanya dua sesi, pertama pemaparan materi oleh pembicara yang berkompeten dalam kepenulisan jurnal ilmiah yakni Bapak Ikhwan Arief, M.Sc dari Universitas Andalas yang menyampaikan materi seputar cara mereview jurnal ilmiah seperti membaca artikel lebih detail, subtansi artikel, penyuntingan dan manajemen jurnal.

Pemateri berikutnya oleh Bapak Syukhri, S.T, M.CIO dari Universitas Negeri Padang yang menyampaikan mengenai OJS, review form jurnal berbasis OJS dan lainnya. Untuk di sesi kedua pada kegiatan ini para reviewer dilatih mereview jurnal yang dibedah dan dipraktekan secara langsung melalui OJS INVOTEK.

Tanggapan peserta sebagai reviewer pada pelatihan tersebut sangat positif dan antusias mengikuti kegiatan hingga akhir. Salah satu peserta menangapi bahwa kegiatan ini sangat bagus karena diajarkannya cara mereview, menambah wawasan bagi seorang reviewer, dan harapanya pada kegiatan ini agar dapat diagendakan setiap tahunnya untuk melakukan pembaharuan wawasan pada reviewer misalnya mengenai penggunaan teknologi berbasis elektronik melalui OJS, ujar Eko Indrawan, M.Pd.

Diharapkan setelah terselengaranya pelatihan ini, para reviewer di Fakultas Teknik UNP dapat melakukan proses review dengan lebih profesional sesuai bidang keahlian masing-masing melalui sistem OJS yang saat ini telah menjadi standar pengelolaan jurnal ilmiah. Dan dengan adanya reviewer yang lebih profesional ini maka kualitas artikel INVOTEK akan semakin baik lagi. (Unung Verawardina, M.Pd)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kakansar Mentawai: Ada 7 Hal yang Harus Diperhatikan

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kakansar Mentawai: Ada 7 Hal yang Harus Diperhatikan

MENTAWAI - Basarnas Mentawai turut serta terlibat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan...

Cegah Penularan Covid-19, Tim PB dan Karang Taruna Desa Sipora Jaya Lakukan Penyemprotan

Cegah Penularan Covid-19, Tim PB dan Karang Taruna Desa Sipora Jaya Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah penyebaran Virus Corona, Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara lakukan penyemprotan Disinfektan....

Seriusi Penanganan Covid-19, DPRD dan Pemkab Mentawai Anggarkan Dana Tambahan

Seriusi Penanganan Covid-19, DPRD dan Pemkab Mentawai Anggarkan Dana Tambahan

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai berupaya meseriusi penanganan penyebaran wabah Covid-19 yang semakin...

Jaga Imunitas Tubuh, Jajaran Unsur Forkopimda Mentawai Gelar Senam Corona dan Berjemur

Jaga Imunitas Tubuh, Jajaran Unsur Forkopimda Mentawai Gelar Senam Corona dan Berjemur

MENTAWAI - Jajaran Polres, Kodim 0319, Lanal Mentawai, Basarnas gelar senam Corona dan berjemur di bawah terik matahari...

Didukung TNI/Polri, Pemko Solok Batasi Jam Malam

Didukung TNI/Polri, Pemko Solok Batasi Jam Malam

KOTA SOLOK -- Tingginya ancaman mewabahnya penyebaran covid-19 di Kota Solok, terhitung, Jumat (3/4), Pemerintah Kota...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu