Thursday, 09 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Cegah Politik Uang, Bawaslu Harapkan Peran Serta Masyarakat

Selasa, 03 Desember 2019 - 15:30:08 WIB - 300
Cegah Politik Uang, Bawaslu Harapkan Peran Serta Masyarakat
Tri Ati, S.Pd, Ketua Bawaslu Kota Solok saat memberikan materi pada kegiatan Evaluasi Pengawasan Pemilu dan Pemilihan Melalui Rapat Pembinaan Penyelenggaraan Pengawasan Pemilihan 2020 Di Kota Solok


SOLOK -- Ketua Bawaslu Kota Solok, Tri Ati, S.Pd, mengatakan Evaluasi menandakan kami membutuhkan masukan, tanggapan, dan koreksi terhadap tugas Bawaslu Kota solok selama ini. Tugas bawaslu adalah pengawasan dan pencegahan. Artinya selama bisa dicegah maka akan dicegah secara maksimal sesuai aturan UU Pemilu. Terutama maraknya money politik atau politik uang yang terjadi dilingkaran caleg dan masyarakat, Selasa (3/12/2019).

"Dulu politik uang saya lihat seperti gas yang keluar dari tubuh, tapi setelah OTT pada pileg 2019, baru saya menyadari bahwa politik uang itu fakta," katanya.

Kasus OTT ini, meninggalkan luka yang dalam bagi jajaran Bawaslu. Kenyataanya di PN kasus tersebut bebas tapi politik uang terbukti dilakukan oleh saudara bersangkutan. Ini membuktikan politik uang itu merajalela di Kota Solok.

"Setiap laporan politik uang secara hukum harus memiliki dua alat bukti dan saksi. Jika tidak cukup BB dan saksi kasus tersebut tidak bisa dinaikan. Jikapun dinaikan, akan ditolak penegak hukum," ujarnya. "Terhadap OTT saya menilai ini sebuah keputusan aneh. Tapi itu kewenangan hakim, setiap keputusan PN yang lahir tentu sudah dipertimbangkan dengan baik," jelasnya.

Pengawasan bukan hanya dilakukan terhadap masyarakat, kepada ASN, TNI, Polri, BUMN/D, dan institusi lain dilakukan pengawasan selama tahap-tahapan pemilu hingga pemilu selesai dilaksanakan.

Bawaslu bukan institusi hebat, yang bisa menjangkau seluruh wilayah di Kota Solok. Agar pengawasan berjalan maksimal, perlu peran serta masyarakat, ormas, dan parpol. Karena masyarakat yang paham dan kenal kemungkinan terjadinya politik uang.

"Bawaslu hingga hari ini tetap indenpenden. Jika ada anggota Bawaslu, panwascam, panwas TPS, tidak indenpenden, akan saya berhentikan," tegas Tri Ati.

Disamping itu, partai politik juga harus menyediakan saksi disetiap TPS agar tidak terjadi pelanggaran di TPS, mulai dari proses pemilihan hingga rekapitulasi suara, dapat diawasi dengan baik. Hasil di TPS merupakan sebagai bukti jka ada ketidakpuasan maupun pelanggaran.

Alni, ST, M.Kn, anggota Bawaslu Propinsi Sumbar mengungkapkan pelanggaran pemilu, 80 % (delapan puluh persen) dilakukan oleh peserta pemilu. Baik pelanggaran itu dilakukan oleh calon, keluarga, kolega, maupum tim sukses untuk memenangkan calonnya.

Pada pileg 2019, Bawaslu Sumbar mendapati 101 temuan dan laporan pelanggaran pemilu. Paling banyak pelanggaran pidana pemilu.

Begitu juga dengan ASN, terdapat 27 ASN terbukti melakukan pelanggaran aturan ASN. Ada dosen, pejabat Eselon II, Camat, Kasubag, dan ASN yang berharap jabatan atau ditekan oleh calon. Biasanya ini terjadi antara ASN dan Petahana.

"Menjanjikan uang atau barang, atau jabatan, diajak makan, dan hal tertentu, atau tekanan disebabkan sesuatu, merupakan modus yang sering digunakan untuk melakukan pendekatan dan mempengaruhi masyarakat," kata Alni. (Fikar)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: kota-solok,pilkada,politik,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Galodo Kembali Hantam Malalo, 4 Rumah Warga Rusak Parah dan 2 Orang Belum Ditemukan

Galodo Kembali Hantam Malalo, 4 Rumah Warga Rusak Parah dan 2 Orang Belum Ditemukan

TANAH DATAR -- Akibat curah hujan tinggi, Bencana tanah longsor melanda Jorong Guguak, Nagari atau Desa Guguak Malalo,...

Perangi Covid-19 Satlantas Polres Pasaman Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Perangi Covid-19 Satlantas Polres Pasaman Lakukan Penyemprotan Desinfektan

PASAMAN - Satlantas Polres Pasaman melakukan penyemprotan cairan Desinfektan pada setiap kendaraan, pada Selasa...

 Bikin Merinding, Ratusan Masjid Jerman dan Belanda Serentak Kumandangkan Adzan di Tengah Corona

Bikin Merinding, Ratusan Masjid Jerman dan Belanda Serentak Kumandangkan Adzan di Tengah Corona

VIDEO - Hampir 100 masjid di Jerman dan Belanda mengumandangkan adzan, Jumat pekan lalu. Adzan bergema sebagai tanda...

Pemko Padang: Wajib Pakai Masker Ketika di Luar Rumah, Jika Tidak Didenda

Pemko Padang: Wajib Pakai Masker Ketika di Luar Rumah, Jika Tidak Didenda

PADANG -- Pemerintah Kota Padang menerbitkan instruksi Wali Kota terkait pemakaian masker. Bagi warga yang keluar rumah...

Bikin Heboh Jaringan 5G Dianggap Sebarkan Virus Corona, Begini Kata Ilmuwan

Bikin Heboh Jaringan 5G Dianggap Sebarkan Virus Corona, Begini Kata Ilmuwan

INTERNASIONAL - Teori konspirasi yang menyatakan teknologi jaringan telepon genggam generasi kelima atau 5G membantu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu