Thursday, 09 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Saat Hujan Turun, Warga Kota Painan Merasa Cemas

Selasa, 03 Desember 2019 - 18:33:05 WIB - 684
Saat Hujan Turun, Warga Kota Painan Merasa Cemas
Kondisi pemukiman warga di kota painan ketika hujan datang akibat saluran drainase tidak berfungsi lagi


PESISIR SELATAN -- Setiap kali hujan yang turun di Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan membuat beberapa jalan pemukiman terendam air. Pasalnya, Drainase yang di buat untuk menampung air agar disalurkan ke pengeringan besar ternyata tidak cukup untuk menahan jumlah air yang terus mengalir akibat hujan.

Hal ini terlihat di beberapa ruas pemukiman seperti di Jalan Pemuda, Jalan Sulthan Agung, Jalan Kamang, Painan Timur, Tentara Pelajar dan Kawasan Rawang, karena kecilnya drainase di buat dan juga banyaknya pemukiman penduduk yang ada di sepanjang jalan serta gorong-gorong yang tidak sesuai besarannya menampung air, membuat air merendam ke jalan pemukiman.

"Kami merasa kecemasan, karena banjir selalu menghantui. Apalagi saat hujan turun lebih dari dua jam, sebab, drainase di kota painan ini sudah tidak bisa lagi menampung debit air," ucap Ramli pada MinangkabauNews.com, Selasa (3/12/2019).

Menurutnya, persoalan drainase yang ada pada saat ini tidak bekerja secara maksimal. Akibatnya, jika terjadi hujan dapat dipastikan rumah warga tergenang air.

"Kondisi ini, sudah kami rasakan puluhan tahun, namun lebih terasanya lagi sejak empat tahun terakhir. Kalau kerugian materil tak terhitung lagi, karena tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga, karena banjir terjadi di tengah malam dengan cepat, tak jarang disertai dengan pemadaman listrik oleh PLN," ucapnya.

Sebelumnya, kata Ramli, warga sudah berupaya membersihkan drainase di pemukiman secara bergotong royong dari sampah dan lumpur, karena drainase yang dibangun oleh pemerintah terlalu sempit dan rumit.

Icol (39), yang merupakan warga Pagaruyung mengatakan, kawasan tersebut memang menjadi langganan banjir jika terjadi hujan.

"Apabila banjir terjadi pada malam hari dapat mengganggu waktu istirahat. Ini tentunya menjadi perhatian serius dari pemerintah setempat. Masa iya drainase di pusat kota tidak berfungsi," tuturnya.

Sementara itu, Amran (59) warga lainnya, menuturkan, jika Kota Painan terus dilanda banjir tentu hal ini sangat-sangat memprihatinkan. Bahkan kondisi tersebut sudah meresahkan warga sekitar.

"Sudah biasa warga yang tinggal di Kota Painan ini dilanda banjir, karena drainase yang sudah tidak mampu lagi menampung disaat tingginya curah hujan," ujarnya.

Parahnya lagi, tutur dia, drainase yang selama ini menjadi penyebab banjir tidak kunjung dilakukan perbaikan oleh Pemerintah.

"Apabila banjir terjadi, justru para pejabat mendengarkan saja, jikapun datang cuma hanya tinjau-tinjau begitu saja, tak ada progres," pungkasnya. (Rio)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: metro,painan,pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Yuk Intip Khasiat Juara Beras Merah yang Jarang Diketahui

Yuk Intip Khasiat Juara Beras Merah yang Jarang Diketahui

Oleh: Febria Mayang Rahayu Beras adalah bahan makanan pokok yang keberadaannya sangat penting dan sangat dibutuhkan...

Pemko Padang: Wajib Pakai Masker Ketika di Luar Rumah, Jika Tidak Didenda

Pemko Padang: Wajib Pakai Masker Ketika di Luar Rumah, Jika Tidak Didenda

PADANG -- Pemerintah Kota Padang menerbitkan instruksi Wali Kota terkait pemakaian masker. Bagi warga yang keluar rumah...

Pasien Corona di Sumbar Bertambah Satu Orang, Pria 43 Tahun dan Punya Istri di Malaysia

Pasien Corona di Sumbar Bertambah Satu Orang, Pria 43 Tahun dan Punya Istri di Malaysia

PADANG -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatera Barat bertambah satu orang, Senin, (6/4/2020). Pasien nomor...

Sempat Dimakamkan dengan Protokoler Covid-19, Ternyata Warga Payakumbuh ini Negatif Corona

Sempat Dimakamkan dengan Protokoler Covid-19, Ternyata Warga Payakumbuh ini Negatif Corona

PAYAKUMBUH - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan mengklarifikasi kabar salah seorang warga Kelurahan...

Bupati Umumkan Satu Orang Warga Pasaman Positif Terinfeksi Covid-19

Bupati Umumkan Satu Orang Warga Pasaman Positif Terinfeksi Covid-19

PASAMAN - Bupati Pasaman Yusuf Lubis bersama Forkopinda Pasaman mengumumkan secara resmi bahwa seorang warga Pasaman...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu