Tuesday, 22 Sep 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Zukron: Pembangunan Tidak Selalu Fisik, Tapi Juga SDM dan Upaya Menciptakan Peluang Usaha Mandiri

Selasa, 03 Desember 2019 - 21:15:23 WIB - 601
Zukron: Pembangunan Tidak Selalu Fisik, Tapi Juga SDM dan Upaya Menciptakan Peluang Usaha Mandiri
Anggota DPRD Limapuluh Kota, Zukron B.Ac dan Kabid Tenaga Kerja Disperinaker Limapuluh Kota, Afrizal, ketika membuka pelatihan kerja berbasis kompetensi teknisi HP di Nagari Labuahgunuang.


LIMA PULUH KOTA - Anggota DPRD Limapuluh Kota dari Fraksi PKS, Zukron B.Ac, menyebut sangat mendukung penuh program pelatihan industri oleh pemerintah daerah terhadap para pemuda usia produktif. Hal tersebut sebagai upaya pengentasan angka pengangguran melalui peningkatan SDM yang unggul.

"Program pelatihan kompetensi ini sangat perlu, supaya pemuda kita di usia produktif tidak banyak lagi menganggur serta mampu menciptakan peluang usaha mandiri," kata Zukron, ketika membuka kegiatan pelatihan teknisi handphone di aula MDA Al-Hidayah, Nagari Labuahgunuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Selasa (3/12) siang.

Zukron mengapresiasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) yang telah membuat program pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat terutama bagi kalangan pemuda. Peluang usaha mandiri, katanya, bisa menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat di era industri sekarang ini.

Ia mencontohkan, saat ini masyarakat usia produktif seperti pemuda di Limapuluh Kota lebih cenderung berorientasi mencari pekerjaan sebagai penambal kebutuhan hidup setelah menamatkan pendidikan SMA atau kuliah. Padahal, menciptakan usaha mandiri lebih menjanjikan secara ekonomi.

"Seperti usaha perbengkelan elektronik atau jasa perbaikan HP ini. Karena, tidak banyak yang bisa jadi teknisi HP. Sebab, kita lebih banyak hanya bersifat konsumtif dan memakai saja. Jika ini diseriusi dan dibina secara berkelanjutan oleh pemda, tidak mustahil kelompok kerja industri di nagari-nagari bisa maju," ujar ketua DPD PKS Limapuluh Kota itu.

Zukron juga mengingatkan agar pemerintah daerah tidak hanya berpikiran membuat kerangka kerja atau program pembangunan kepada fisik dan infrastuktur saja. Karena, pembangunan SDM juga jauh lebih penting karena berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Mari sama-sama kita perkuat. Fokus pemerintah dan DPRD bagaimana merealisasikan program-program yang dapat mengangkat SDM unggul guna mendongkrak ekonomi kerakyatan. Mudah-mudahan upaya seperti ini lebih dikembangkan dan berkelanjutan oleh dinas terkait," sebutnya.

Dalam kegiatan pelatihan kerja teknisi HP tersebut, Disperinaker memberi pelatihan terhadap 15 pemuda yang berasal dari 3 kecamatan. Para peserta tercatat berasal dari Kecamatan Lareh Sago Halaban, Luak dan Situjuah Limo Nagari.

Kabid Tenaga Kerja Disperinaker Limapuluh Kota, Afrizal, menyebut pihaknya terus mencari peluang guna mendorng potensi usaha mandiri bagi masyarakat khususnya usia produktif. Selain memberi pelatihan kerja, Disperinaker juga banyak mengirim para lulusan kompetensi untuk bekerja di beberapa perusahaan besar.

Sejak 2017 sudah ratusan pemuda Limapuluh Kota dikirim mengikuti pelatihan kerja berbasis kompetensi. Program tersebut merupakan kerjasama Disperinaker 50 Kota dengan Kementerian Tenaga Kerja RI. "Ada lima balai besar di Indonesia, siap menampung anak-anak kita. Bagi anak-anak yang lulus, diberikan sertifikat kompetensi dan direkomendasikan ke perusahaan," tutur Afrizal.

Dia berharap program tersebut dapat terus berlanjut agar angka pengangguran bisa ditekan. "Yang pasti kita berterima kasih atas dukungan DPRD terhadap program kami. Apalagi, informasinya di tahun 2022 nanti, seleksi CPNS penempatannya akan dilakukan sesuai kompetensi, sebagai wujud program SDM Indonesia maju," imbuh Afrizal. (akg)

Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: legislator,limapuluh-kota

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Bahagianya Anwar, Penyandang Disabilitas di Gunung Talang Dapat Bantuan Kaki Palsu dari Darul Siska

Bahagianya Anwar, Penyandang Disabilitas di Gunung Talang Dapat Bantuan Kaki Palsu dari Darul Siska

KABUPATEN SOLOK -- Anwar alias Mak Anjang (60), seorang penyandang difabel asal dusun Parak Gadang Jorong Aro nagari...

Satu Warga PPA Terkonfirmasi Positif Covid-19

Satu Warga PPA Terkonfirmasi Positif Covid-19

KOTA SOLOK - Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota...

Banjir Bandang Porak-poranda Puluhan Hektar Padi Sawah di Silantai Sumpur Kudus

Banjir Bandang Porak-poranda Puluhan Hektar Padi Sawah di Silantai Sumpur Kudus

SIJUNJUNG -- Puluhan hektar padi sawah yang telah berumur 2- 3 minggu, di nagari Silantai dan di sehiliran batang Sumpu...

Polres Pessel Gelar Pedang Pora, Lepas Sambut Kapolres Pessel

Polres Pessel Gelar Pedang Pora, Lepas Sambut Kapolres Pessel

PESISIR SELATAN -- Jajaran Kepolisian Polres Pesisir Selatan melaksanakan apel bersama dalam rangka lepas sambut...

Perdana, Suhatri Bur-Rahmang Mendaftar di KPU Padang Pariaman

Perdana, Suhatri Bur-Rahmang Mendaftar di KPU Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN -- Bakal Calon (Cabup) Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Padang Pariaman, Suhatri Bur-Rahmang...


KOMENTAR ANDA